Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Apa itu Waralaba, Inilah Pengertian dan Tujuan Waralaba

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Feb 2021
Clock Icon
4 menit
Pengertian dan Tujuan Waralaba
Bisnis dengan sistem franchise saat ini sedang menjadi tren karena dianggap lebih mudah dalam hal pemasarannya. Menjual produk franchise atau waralaba yang sudah dikenal oleh masyarakat tentunya lebih mudah laku sehingga tidak membutuhkan promosi yang terlalu banyak. Alasan itu jugalah yang membuat bisnis franchise cocok bagi kamu yang masih pemula.

Apakah Itu Franchise?



Secara umum pengertian franchise atau waralaba yaitu hak untuk menjual produk baik berupa jasa maupun barang. Penjualan dilakukan berdasarkan kontrak perjanjian antara pemilik merek atau franchisor dengan penerima hak jual atau franchisee.  Perjanjian kontrak bisnis franchise berlaku dalam jangka waktu tertentu dan kedua belah pihak memiliki tugas masing-masing. 
banner consideration shipping bg blue

Penerima hak jual (franchisee) memiliki kewajiban untuk menjual produk sedangkan pemilik merek (franchisor) berkewajiban pengembangan bisnis tersebut agar bisa mendatangkan lebih banyak keuntungan. Dalam prakteknya ada beberapa jenis waralaba yang bisa dipilih. Diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Menurut Kriterianya

Jenis franchise menurut kriterianya ada 3 macam, yaitu :
  1. Franchise produk misalnya waralaba makanan atau restoran cepat saji seperti Mc. Donald, Kebab Turki dan KFC.
  2. Franchise jasa, yaitu jenis waralaba dalam layanan berupa jasa seperti pendidikan, agen travel dan sebagainya.
  3. Franchise gabungan yaitu waralaba berupa produk dan pelayanan jasa.

2. Menurut Asalnya

Sedangkan franchise menurut asalnya ada 2 jenis, yaitu : 
  1. Franchise dalam negeri, yang sangat cocok untuk kamu yang masih pemula dalam bidang usaha.
  2. Franchise luar negeri, biasanya adalah merek yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat karena skalanya internasional sehingga lebih bergengsi.

Tujuan dan Manfaat Sistem Franchise dalam Bisnis



Bisnis dengan sistem franchise atau waralaba lebih disukai dan dipilih masyarakat tentunya bukan tanpa alasan. Menjalankan usaha franchise dirasa lebih mudah dan menguntungkan terutama bagi yang masih pemula. Tujuan dari adanya sistem franchise memang salah satunya untuk memberikan kesempatan kepada orang yang masih awam dengan bisnis agar sukses menjadi pengusaha.
banner consideration promotion bg blue

Selain itu banyak manfaat yang bisa didapatkan franchisee dari sistem waralaba yang dijalankannya. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut ini.

1. Menurunkan Risiko Kegagalan

Faktor yang paling sering menghambat seseorang untuk menjadi pengusaha mandiri adalah rasa takut untuk gagal. Apalagi mengingat persaingan di dunia usaha sekarang ini semakin sengit saja. Kegagalan artinya kehilangan modal yang tidak sedikit. Meskipun tidak 100% menjamin kesuksesan namun bisnis dengan sistem franchise jauh lebih kecil resiko kegagalannya. 

Kamu menjual produk atau jasa yang sudah dikenal namanya oleh masyarakat sehingga lebih mudah dalam hal pemasaran. Selain itu biasanya pemilik merek atau franchisor juga akan memberikan tips dan pengetahuan tentang bisnis yang akan kamu jalankan tersebut.

2. Mempermudah Operasional Usaha

Memilih bisnis franchise artinya kamu akan lebih mudah saat menjalankan operasional karena semua kebutuhan sudah disiapkan oleh franchisor. Misalnya gerobak, bumbu, bahan-bahan, spanduk dan perlengkapan operasional lainnya. Kamu tidak perlu pusing memikirkan hal tersebut hanya tinggal menggunakan dan menjalankannya saja. Tugas kamu hanyalah menjual produk kepada konsumen. 

3. Lebih Efisien

Kalau kamu merintis usaha dengan nama sendiri sejak nol maka harus siap dengan segala macam kebutuhan. kamu butuh biaya, waktu dan tenaga untuk promosi memperkenalkan produk. Semua proses tersebut tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

4. Lebih Mudah Menarik Konsumen

Menjual sesuatu yang namanya sudah sangat dikenal oleh masyarakat tentunya jauh lebih mudah. Apalagi kalau franchise tersebut juga dikenal memiliki kualitas dan pelayanan yang memuaskan. kamu tinggal buka lapaknya saja dan konsumen sudah akan datang dengan sendirinya.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan bisnis sistem franchise atau waralaba? Model bisnis ini memang cocok bagi kamu yang baru ingin memulai di dunia usaha atau wirausaha. Untuk prakteknya kamu bisa memilih jenis franchise seperti apa yang sesuai untuk kamu jalankan. 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.