Apa Manfaat Mengganti Nasi Putih dengan Nasi Merah?

24 Feb 2020 @ 23:42:39
Bagi orang Indonesia, nasi putih selalu dianggap sebagai makanan utama dan menjadi sumber energi yang paling dicari. Masih banyak orang yang mengamini istilah, kalau belum makan nasi artinya ‘belum makan’ padahal nasi putih dalam kadar berlebih tidak baik bagi kesehatan. Ini karena nasi putih adalah sumber makanan berkarbohidrat dengan nilai indeks glikemik tinggi yang bisa cepat menaikkan gula darah dalam tubuh karena mengandung sedikit serat.

Sebab itu, sudah waktunya kamu mencari pilihan lain untuk membuat kebiasaan makan nasimu menjadi lebih aman dan sehat bagi tubuh. Mulai sekarang kamu bisa beralih mengonsumsi nasi dari beras merah yang lebih ‘aman’ dan ‘bersahabat’ karena kadar gulanya yang rendah meski dengan jumlah energi yang sama.

Dengan secangkir beras merah yang ditanak menjadi nasi, kamu sudah bisa mendapatkan kalori sejumlah 405 kkal. Belum lagi, ada nutrisi, vitamin, dan mineral lain yang terkandung di dalam beras merah seperti zat besi, seng, karbohidrat, protein, lemak, serat, dan potassium. Nah, berikut Moni jelasin manfaat lain dari beras merah dan alasan kenapa kamu harus beralih ke beras merah!

1. Nasi dari Beras Merah Mengandung Vitamin B

Tepatnya, mengandung vitamin B6. Dengan mengonsumsi nasi merah, secara otomatis kamu udah ngelengkapin 23% jumlah vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh. Apa sih fungsinya vitamin ini? Dalam tubuh, vitamin B6 mempunyai tugas buat menyeimbangkan perkembangan yang namanya serotonin, sel darah merah, serta membantu menunjang produksi atau pembentukan sel DNA (deoksiribonukleat acid).

2. Mengandung Antioksidan Sehingga Menjaga Tubuh dari Serangan Radikal Bebas 

Kandungan antioksidan yang ada dalam nasi merah berasal dari mineral zat besi atau mangan. Mineral mangan inilah yang akan memproduksi antioksidan dan akan melindungi tubuh dari radikal bebas, sehingga radikal bebas tidak dapat merusak jaringan dan sel yang ada dalam tubuhmu. Selain itu, ada pula kandungan mineral seng yang dapat membantu tubuh mempercepat pemulihan luka dan membentuk mekanisme kekebalan dan pertahanan tubuh.

3. Menurunkan Kadar Glukosa Dalam Darah

Nah, buat para penderita diabetes, hal yang paling dihindari atau setidaknya menjadi pantangan adalah adanya kadar gula atau glukosa dalam makanan. Kadar gula yang nggak kekontrol dalam darah nantinya, akan merusak organ-organ tubuh, seperti ginjal, jantung, dan mata. Nasi putih adalah salah satu sumber energi yang mengandung gula yang cukup tinggi. Kehadiran nasi merah menjadi alternatif solusi yang dapat memberikan energi bagi para penderita diabetes sebab mengandung kadar gula yang rendah. Dengan demikian, kadar glukosa dalam darah menjadi turun.

4. Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol 

Nggak nyangka lho, ternyata konsumsi nasi merah juga bisa menurunkan kolesterol, tepatnya kolesterol LDL. Sebuah penelitian mengatakan bahwa konsumsi nasi merah akan menghilangkan oksigen reaktif seperti lipid peroksida dan superoksida anion radikal. Tingkat kolesterol dapat turun sebab adanya beberapa senyawa seperti antosianin, polyphenolic, flavonoids, phytic acid, dan lainnya. Merekalah yang bekerja menurunkan potensi tertimbunnya plak-plak dalam arteri darahmu, dan demikian juga mengurangi potensi terkena penyakit serangan jantung.

5. Dijamin Kaya Akan Serat

Seperti dijelaska  sebelumnya, salah satu kandungan gizi yang jadi nilai plus nasi merah adalah kaya akan serat atau fiber. Dengan mengonsumsi nasi merah, maka kebutuhan serat untuk tubuh sudah pasti terjamin. Seperempat cangkir beras merah, setidaknya mengandung 2 gram serat. Ini artinya sekitar 8% kebutuhan serat bagi tubuhmu telah terpenuhi. Dengan mencukupi kebutuhan serat, serat dapat membantu mencegah terjadinya konstipasi dan meningkatkan atau memperlancar proses pencernaan. Kalau nasi putih keunggulannya ada pada tingkat karbohidrat, maka nasi merah keunggulannya terletak pada tingkat seratnya.

Bagaimana, Lemonizen ada yang sudah pernah mencoba mengonsumsi nasi dari beras merah? Atau sudah akan mulai beralih ke nasi dari beras merah mulai hari ini? Silakan dicoba ya, karena dijamin banyak manfaatnya!

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020