Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Apa Pendapat Para Ahli tentang Fenomena Mengidam pada Ibu Hamil?

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
25 Feb 2021
Clock Icon
4 menit
Mengidam semasa kehamilan

Masa kehamilan kerap diwarnai dengan pengalaman-pengalaman mengidam yang unik dan lucu. Bahkan, tak jarang perempuan hamil mengidam makanan yang sebelumnya tidak pernah disukai.

banner consideration shipping bg blue

Mengenai fenomena mengidam pada perempuan hamil, ada mitos yang mengatakan bahwa jika keinginan sang ibu tak dituruti, sang bayi yang akan kena “batunya”.

Lalu, apakah benar setiap keinginan perempuan hamil saat mengidam harus dituruti? Bagaimana ilmu kedokteran menjelaskan fenomena mengidam?

Mengapa perempuan hamil mengidam?

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Frontiers in Psychology, sekitar 50 hingga 90 persen perempuan Amerika memiliki beberapa jenis keinginan makanan tertentu selama kehamilan.

Namun, dokter tidak mengetahui secara persis mengapa perempuan hamil mengidam rasa, tekstur, atau kombinasi rasa tertentu.

Hormon yang berubah dengan cepat bisa menjadi penyebabnya. Selain itu, mengidam juga bisa terjadi karena kerja ekstra yang dilakukan tubuh untuk menghasilkan lebih banyak darah.

Sementara itu, Andrei Rebarber, Direktur Asosiasi dari Divisi Kedokteran Ibu-Janin di NYU Medical Center di New York, mengatakan bahwa alasan mengidam tidak jelas penyebabnya. 

“Meskipun ada yang menyatakan bahwa hal itu mewakili beberapa nutrisi yang mungkin kurang bagi ibu dan keinginan adalah cara tubuh untuk menanyakan apa yang dibutuhkannya,” ujar Rebarber, dikutip dari WebMD.

Misalnya, ketika perempuan hamil tiba-tiba mengidam ingin makan keju, bisa jadi tubuhnya sedang membutuhkan banyak natrium.

Sementara saat mengidam kentang goreng mungkin menandakan bahwa tubuh membutuhkan banyak protein, natrium, dan kalium.

Dilansir dari Parenthood, kebanyakan perempuan hamil mulai mengidam pada trimester pertama, memuncak pada trimester kedua, dan menurun pada trimester ketiga. Dokter mengatakan, beberapa perempuan masih terus mengidam bahkan setelah proses persalinan. 

Apa yang diinginkan saat mengidam?

Kebanyakan kasus menunjukkan bahwa mengidam saat hamil ini bersifat pribadi, tidak berbahaya, dan bahkan bisa lucu.

Beberapa makanan yang sering jadi incaran perempuan hamil saat mengidam adalah buah-buahan, sayuran, makanan cepat saji, produk susu, dan permen.

banner consideration promotion bg blue

Sebuah survei baru-baru ini yang dilakukan oleh Pregnacare menemukan bahwa cokelat, buah, dan es batu adalah makanan yang paling banyak diinginkan perempuan hamil di Inggris.

Adakah manfaat mengidam?

Mengidam bisa jadi memberikan manfaat untuk kesehatan perempuan hamil jika yang diinginkan adalah makanan-makanan bernutrisi.

Sebaliknya, jika yang diinginkan adalah makanan tinggi garam, gula, dan lemak, tentu harus diperhatikan jumlah yang dikonsumsi.

Perlu diingat bahwa konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, tinggi gula, lemak, atau mengandung bahan kimia tertentu akan berpengaruh pada kesehatan.

Penambahan berat badan yang berlebihan, tekanan darah tinggi, dan diabetes kehamilan bisa menjadi masalah yang mengancam kesehatan ibu dan sang bayi.

Tips menjaga kesehatan saat mengidam

Meski tidak bahaya, mengidam saat masa kehamilan bisa memberikan efek bagi kesehatan jika Lemomoms terlalu sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Ahli gizi klinis, Samantha Heller, mengatakan bahwa memuaskan keinginan saat hamil tapi bisa tetap sehat sebenarnya sangat mudah. 

“Ini semua tentang memahami apa keinginan tubuh sebenarnya. Kemudian menemukan versi yang lebih sehat dari makanan yang sama dan membuat makanan pengganti yang sederhana,” kata Heller.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Ahli gizi, Liz Lipski pun sepakat dengan pernyataan Heller dan mengatakan bahwa tidak ada salahnya menuruti keinginan mengidam jika yang diinginkan adalah makanan yang sehat.

Kuncinya, menurut Heller dan Lipski, adalah untuk tidak langsung menuruti semua yang diinginkan saat mengidam. 

Kalau Lemomoms pernah mengidam apa nih semasa hamil?

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.