Apa Saja Manfaat dan Bahaya dari Bubuk Cabe?

14 Mei 2020 @ 19:07:20
Beberapa tahun ini mengkonsumsi bubuk cabai menjadi salah satu trend dikalangan masyarakat. Terutama bagi kalangan pecinta masakan pedas. Bubuk cabe atau cabai bubuk merupakan salah satu jenis cabe yang sudah diproses dalam bentuk bubuk sehingga jika ingin mengkonsumsinya akan sangat lebih mudah dibandingkan harus mengolahnya dalam bentuk lain. 

Namun apakah bubuk cabai ini aman jika dikonsumsi bagi tubuh, atau justru sebaliknya, cabe bubuk merupakan sesuatu yang berbahaya untuk tubuh? Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari cabai bubuk untuk tubuh saat dikonsumsi: 

1. Bisa Memelihara Kesehatan Jantung Menjadi Lebih Baik 

Cabai memiliki zat capsaicin yang sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol atau LDL jahat dan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Konsumsi cabai bubuk juga bisa memberikan manfaat ini untuk tubuh. Selain itu, adanya kandungan vitamin C dan vitamin A pada cabai bisa membuat dinding otot pada jantung lebih kuat. 

2. Mampu Meringankan Adanya Gejala Sinusitis 

Konsumsi cabai bubuk akan disarankan ketika kamu sedang mengalami flu atau pilek. Karena, capsaicin yang ada pada cabai bisa mendorong adanya rangsangan pada membran mukus pada hidung sehingga kamu bisa bernapas lebih baik ketika sedang flu atau pilek. Selain itu, capsaicin juga memiliki kandungan vitamin A yang bisa mencegah bakteri jahat masuk ke tubuh.

Bahaya Konsumsi Bubuk Cabai untuk Tubuh 



Selain memiliki manfaat, cabe yang diolah menjadi bubuk juga memiliki sisi negatifnya loh, Berikut ini bahaya dari mengkonsumsi cabai bubuk:

1. Memicu Adanya Gejala Difteri

Proses pembuatan cabe bubuk dengan kualitas yang baik harus dibuat dengan teliti dan butuh waktu yang tidak sebentar. Selain itu proses pembuatannya harus benar-benar diperhatikan, Jika bubuk cabai yang dikonsumsi diolah dengan menggunakan cabe yang tidak kering 100%, maka hal ini ternyata dapat memicu terjadinya penyakit difteri. 

2. Buruk Bagi Penderita Maag dan Membuat Rapuh Permukaan Lambung

Konsumsi bubuk cabai akan sangat tidak disarankan jika kamu merasa ada masalah pada pencernaan mu seperti maag. Pasalnya, ini bisa memicu maag dan bisa membuat rapuhnya permukaan lambungmu. Oleh karena itu, konsumsi bubuk cabai harus benar-benar diperhatikan. 

Rekomendasi Bubuk Cabe yang Sehat dan Alami untuk Tubuh 



Lemonilo menyediakan bubuk cabai yang aman dikonsumsi karena terbuat dari cabe pilihan dan dengan kualitas yang terbaik. Cabai bubuk dari Lemonilo merupakan cabe bubuk yang terbuat dari cabe asli dan tanpa pengawet, pewarna ataupun tambahan MSG apapun. 

Lemonilo menyediakan 2 varian cabe bubuk yang dapat dicoba yaitu Lemonilo Chilita (chili tabur alami) 40 derajat dan juga yaitu lemonilo Chilita (chili tabur alami) 60 derajat. Ada juga bumbu tabur cabai bawang (toasted onion & chili seasoning) yang terbuat dari bawang bombay dan cabai pilihan. 

Lemonilo chilita 40 derajat memiliki rasa pedas selevel cabe yang dijemur di bawah matahari 40 derajat. Sedangkan lemonilo chikita 60 derajat selevel pedas yang dijemur di matahari 60 derajat. Dengan konsumsi cabai bubuk dari Lemonilo ini, maka kamu tetap bisa merasakan sensasi pedas yang lezat namun tetap aman untuk tubuh. 

Itulah informasi perihal manfaat dan bahaya dari bubuk cabe, sekaligus rekomendasi bubuk cabai yang bisa kamu konsumsi dengan aman dan sehat. Untuk konsumsi bubuk cabai yang aman, kamu bisa menggunakan produk dari Lemonilo. Selamat mencoba! 

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020