Apa Saja Penyebab Pengapuran Tulang ? Begini Cara Mencegahnya

30 Jun 2020 @ 21:05:16
Pengapuran tulang adalah terbentuknya jaringan tulang pada tepi atau bagian tertentu di tulang akibat dari deposit kalsium. Selama ini, banyak yang beranggapan jika pengapuran tulang identik dengan pengeroposan tulang. Padahal dua hal ini adalah hal yang berbeda. Pengeroposan tulang yang terjadi karena berkurangnya kepadatan tulang dan hilangnya kandungan kalsium di dalam tulang. Sementara itu, penyebab pengapuran tulang diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Faktor Usia



Salah satu penyebab utama terjadinya pengapuran tulang yaitu faktor usia. Pertambahan usia menjadi pemicu timbulnya pengapuran tulang pada tubuh seseorang. Di dalam banyak kasus, kebanyakan orang yang mengidap pengapuran tulang adalah perempuan. 

2. Cedera Sendi yang Terjadi 



Pengapuran tulang juga bisa dipicu oleh adanya cedera pada sendi. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh pekerjaan yang memerlukan gerakan berulang-ulang dan terus menerus pada sendi tertentu. Selain itu, cedera sendi yang disebabkan karena olahraga yang berlebihan atau kecelakaan lalu-lintas juga bisa berperan penting dalam memunculkan pengapuran tulang.

3. Obesitas



Obesitas juga bisa menjadi penyebab pengapuran tulang. Seseorang dengan kelebihan berat badan atau obesitas membuat sendi-sendi penahan berat tubuh menopang beban berlebihan. Dengan adanya beban berlebih ini, tulang bisa mengalami pengapuran. Hal lain yang bisa menyebabkan pengapuran tulang adalah penyakit rematik ataupun diabetes. 

4. Tekanan Berlebih Pada Sendi



Penyebab pengapuran tulang selanjutnya adalah akibat adanya tekanan yang berlebihan pada sendi. Walaupun belum berusia tua, namun jika pekerjaan kamu mengharuskan gerakan yang menyebabkan adanya tekanan berlebihan di sendi tertentu secara terus menerus, maka risiko pengapuran tulang juga akan meningkat.

5. Faktor Genetik atau Kelainan Pada Tulang 



Meski tidak diketahui secara pasti bagaimana mekanismenya, beberapa orang ada yang memang cenderung lebih mudah mengalami pengapuran tulang, walaupun tanpa faktor risiko apapun. Selain itu pengapuran pada tulang juga bisa disebabkan akibat adanya kelainan pada tulang. Kelainan yang dimaksud adalah adanya kelainan bentuk sendi maupun gangguan yang muncul pada tulang rawan, juga bisa menyebabkan terjadinya pengapuran tulang.

Meskipun banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya pengapuran tulang, bukan berarti tidak ada solusinya ya. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah terjadinya pengapuran tulang yang bisa kamu coba di rumah. 

1. Menurunkan Berat Badan

Cara yang pertama adalah dengan menurunkan berat badan. Sendi yang mengalami tekanan berlebihan akan memperburuk pengapuran tulang yang diderita. Sehingga solusi mudahnya adalah dengan menurunkan berat badan.

2. Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur sangat penting dilakukan untuk menguatkan otot-otot disekitar sendi kamu yang mengalami pengapuran. Hal ini akan membuat sendi menjadi lebih stabil sehingga dapat mengurangi tingkat keparahan pengapuran tulang. Pastikan olahraga yang dilakukan tidak terlalu berlebihan karena justru akan memperburuk masalah yang diderita.

3. Kompres Hangat maupun Dingin

Ketika kondisi pengapuran tulang menimbulkan rasa sakit, cobalah gunakan kompres hangat atau air dingin untuk meringankannya. Pemakaian kompres hangat ini juga berperan untuk melemaskan otot, sedangkan kompres dingin dapat meredakan kram otot dan nyeri.

4. Menggunakan Obat Pereda Rasa Sakit

Penggunaan obat pereda rasa sakit berupa krim atau gel yang dijual bebas di apotik juga bisa dilakukan. Krim atau gel pereda rasa sakit ini cocok dipakai pada sendi yang dekat dengan permukaan kulit, seperti persendian pada lutut dan jari-jari kamu.

5. Menggunakan Alat Bantu

Penggunaan alat bantu, seperti tongkat, sangat dibutuhkan untuk memudahkan penderita pengapuran tulang dalam beraktivitas. Penggunaan alat bantu ini terutama pada kasus pengapuran tulang akibat kerusakan tulang dan sendi yang sudah berlanjut sangat dibutuhkan. Untuk menentukan jenis alat bantu yang tepat, kamu bisa konsultasikan kepada dokter kamu.

Nah, itu dia berbagai penyebab pengapuran tulang dan cara mencegahnya. Perempuan lebih memiliki risiko yang besar terhadap pengapuran tulang dibandingkan laki-laki. Begitu juga dengan yang memiliki berat badan berlebihan. Sehingga butuh beberapa cara diatas untuk mencegah terjadinya pengapuran tulang. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020