Apa Saja Penyebab Sakit Pinggang? Inilah Cara Pencegahannya

27 Jul 2020 @ 17:07:51
Kamu mungkin pernah mengalami sakit pinggang. Bahkan, hampir semua orang juga pernah mengalami sakit pinggang sekali seumur hidupnya sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa sakit pinggang belakang ini berbeda-beda pada setiap orang tergantung dari penyebab sakit pinggang itu sendiri. Untuk lebih jelasnya berikut informasi lengkap perihal penyebab dari sakit pinggang dan cara pencegahannya.

1. Infeksi Saluran Kemih



Saluran kemih dapat terinfeksi karena bakteri yang masuk dari saluran pencernaan atau dari anus kemudian menyebar sampai kandung dan saluran kemih. Infeksi saluran kemih (ISK) adalah penyebab sakit pinggang yang sering terjadi. Rasa sakit ini bisa bermula dari bagian bawah perut, lalu menyebar ke pinggang dan sekitar kemaluan.

2. Radang Panggul (PID)



Penyebab sakit pinggang yang kedua adalah adanya penyakit radang panggul atau PID yang bisa saja menyerang seseorang. Rasa sakit pinggang karena radang panggul ini terjadi ketika infeksi bakteri yang menyerang sistem reproduksi dan saluran kemih menyebabkan peradangan pada organ yang meliputi rahim, ovarium, saluran tuba, dan uretra. Penyakit ini akan membuat sakit saat buang air kecil, dan nyeri di bagian kanan pinggang. Infeksi bakteri ini akan rentan ditularkan lewat hubungan seksual yang tidak aman.

3. Nyeri Sciatica



Nyeri sciatica akan muncul akibat saraf sciatica di punggung bawah mengalami kerusakan hingga terjepit. Nyeri sciatica ini disebabkan oleh piringan sendi yang menonjol ke tulang belakang sehingga menambah tekanan pada saraf. Hal ini membuat nyeri pada punggung bagian bawah akan terasa sampai ke pinggang.

4. Endometriosis



Endometriosis yaitu kondisi abnormal yang ditandai dengan pertumbuhan dan penebalan jaringan dinding rahim di luar rahim. Jaringan dinding rahim yang tumbuh di luar rahim dapat mengendap di sekitar organ reproduksi lain dan memicu peradangan serta nyeri. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit perut bagian bawah, nyeri di bagian panggul, sakit pinggang saat menstruasi, nyeri di kemaluan, sampai sakit punggung kronis.

5. Spinal Osteoarthritis



Osteoarthritis yaitu kondisi ketika persendian yang berada di sekitar pinggang, panggul, pinggul, dan tulang belakang mengalami radang dan bengkak. Hal ini menyebabkan kerusakan pada bantalan tulang rawan di sendi facet. Tanpa adanya bantalan tersebut, tulang kamu bisa bergesekan yang menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit biasanya timbul di bagian punggung, pinggang bagian atas juga bawah, pangkal paha dan bokong.

Cara Pencegahan Sakit Pinggang

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit pinggang berikut ini:

  1. Rajin berolahraga untuk menguatkan otot pinggang, seperti renang dan yoga.
  2. Lutut ditekuk dan usahakan agar tubuh tetap tegak saat akan mengangkat beban berat. 
  3. Hindari mengangkat beban yang terlalu berat, bila terpaksa sebaiknya gunakan alat bantu atau minta bantuan orang lain agar beban yang diangkat tidak terlalu membebani pinggang. 
  4. Saat ingin duduk, duduklah dalam posisi tegak dan hindari duduk terlalu lama. Saat akan duduk dalam waktu lama sesekali berdiri dan berjalanlah untuk meregangkan otot.
  5. Pertahankan berat badan ideal tubuh kamu untuk mencegah tekanan berlebih pada tulang belakang.
  6. Berhenti merokok, kandungan di dalam rokok buruk untuk kondisi kesehatan tulang dan dapat mengurangi suplai darah ke pinggang.
  7. Konsumsi kalsium dan vitamin D untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.
  8. Saat bepergian gunakan alas kaki yang nyaman dan hindari penggunaan sepatu dengan hak tinggi.
Itulah penyebab sakit pinggang dan cara pencegahannya yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan informasi ini kamu bisa lebih paham perihal sakit pada pinggang dan berbagai cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari kondisi ini. 

Artikel Terkait

Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Manfaat Olahraga Renang yang Rutin
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat renang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh loh!..
Rizki Indra
20 Oktober 2020
Wajib Tahu 6 manfaat bekam dan Juga Efek Sampingnya
Apakah kalian suka melakukan bekam? Inilah beberapa manfaat bekam sekaligus efek samping dari bekam..
Rizki Indra
20 Oktober 2020
Tak Melulu Jerawatan, Ini 5 Ciri Perubahan Hormon Saat Menstruasi Akan Datang
Jika kamu mengalami gejala PMS cukup berat, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter..
Shella Rafiqah Ully
20 Oktober 2020