Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Apa Saja yang Menjadi Tolak Ukur Kesehatan Seorang Anak? Ini Jawaban Dokter

Mondials Anindhita
Mondials Anindhita
08 Oct 2021
Clock Icon
4 menit
Apa Saja yang Menjadi Tolak Ukur Kesehatan Seorang Anak? Ini Jawaban Dokter

Dok, bagaimana cara mengetahui bahwa anak saya sudah tergolong anak yang sehat? Adakah hal-hal yang harus diperhatikan?


Kesehatan anak merupakan topik yang sangat penting untuk diperhatikan dan rupanya sering menjadi bahan obrolan. Sebagai orang tua, Lemoparents harus tahu dan memperhatikan dengan baik. Bisa dibilang cukup banyak pertanyaan yang muncul terkait kesehatan anak, terutama tentang ciri-ciri anak sehat atau apa saja yang bisa dijadikan tolak ukur untuk mengetahui apakah si kecil sudah cukup sehat atau belum. Apakah dilihat dari bentuk fisik seperti berat atau tinggi badan, pola makan, prestasi akademik, atau ada hal lain untuk menyatakan seorang anak sehat. 


Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan


Tak berbeda dengan orang dewasa, penilaian kesehatan anak tentu tidak bisa dilihat hanya dari satu sisi saja. Ada berbagai macam aspek yang perlu dinilai untuk menyatakan anak sehat secara keseluruhan. Terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan, yaitu semenjak dalam kandungan hingga usia 2 tahun merupakan masa krusial yang menentukan kesehatan anak hingga masa dewasanya nanti. Oleh karena itu, perlu diperhatikan secara tepat hal-hal yang dapat menjadi tolak ukur kesehatan anak. 


Kesehatan Fisik 

Salah cara paling mudah menilai pertumbuhan anak adalah dilihat dari kesehatan fisik. Hal ini bisa Moms nilai dari tolak ukur pertumbuhan fisik anak yang sesuai usia dan dilihat dari berbagai macam indikator pertumbuhannya. Kenaikan berat badan (BB), tinggi badan (TB), lingkar kepala bayi, dan lingkar lengan atas pada anak biasa dijadikan parameter penilaian apakah anak ini bertumbuh baik dan dalam keadaan sehat. 


Perkembangan Motorik


Selain perubahan fisik, perkembangan anak juga bisa dinilai dari motorik, kognitif, dan interaksi sosial motorik anak juga bisa menjadi acuan anak sehat selanjutnya. Diantaranya seperti kemampuan berguling, mengangkat, duduk, berdiri, atau gerakan-gerakan motorik lainnya seperti motorik kasar dan halus, juga merupakan hal yang biasa dinilai dan menentukan apakah anak ini sehat atau tidak. Perlu Moms ketahui juga, kemampuan berpikir atau kognitif anak juga merupakan bagian yang tidak kalah penting dalam kesehatan anak. 


Perilaku anak seperti interaksi dengan orang lain seperti dengan orang tua, keluarga atau teman, sikap terhadap lingkungan dan kondisi sekitar juga bisa menjadi tolak ukur untuk kesehatan mental. Hal tersebut  tidak boleh luput untuk kita perhatikan ya, Lemoparents.


Kartu Menuju Sehat

Perkembangan dan pertumbuhan anak ini biasanya diperiksa serta dicatat secara berkala di dalam Kartu Menuju Sehat. Kartu tersebut harus selalu Moms bawa dan bisa didapatkan apabila memeriksakan kesehatan si kecil di posyandu, puskesmas, atau rumah sakit. Tenaga kesehatan akan dengan teliti memperhatikan perubahan yang ada dan menilai pertumbuhan serta perkembangan anak. Apabila ada indikasi yang kurang  baik pada pertumbuhan dan perkembangan si kecil sehingga dapat berakibat buruk bagi kesehatannya di kemudian hari, maka akan segera dicari tahu penyebab dan ditangani dengan tepat.


Selain menjaga dan memperhatikan hal-hal yang menjadi tolak ukur kesehatan anak seperti diatas, pemberian kasih sayang dan pendidikan yang baik oleh orang tua juga merupakan hal yang tidak kalah penting untuk menjaga agar anak selalu dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.


Perlu Moms ketahui, hal-hal di atas saling memengaruhi satu sama lain. Kekurangan di satu aspek saja dapat memunculkan efek domino atau berdampak bagi aspek lainnya. Bahkan bisa mengganggu kesehatan anak hingga dewasa nanti. Untuk itu, Lemoparents harus mengetahui dan memperhatikan beragam aspek yang menjadi tolak ukur kesehatan seorang anak, agar si kecil dapat tumbuh sehat sempurna menjadi generasi penerus yang berkualitas di kemudian hari. Semoga bermanfaat!


Artikel ini ditulis oleh dr. Rizqii Nurdiinii, Tim Dokter Mamanesia untuk menjawab pertanyaan #CurhatSehat di Instagram Lemonilo. Sebagai healthy lifestyle ecosystem, Lemonilo berharap dapat membantu masyarakat Indonesia mendapatkan akses informasi kesehatan dengan lebih mudah salah satunya melalui rubrik #CurhatSehat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.