Apa sih bedanya Oatmeal dan Granola?

21 Nov 2017 @ 10:21:12
Apa sih bedanya Oatmeal dan Granola?
Gaya hidup sehat yang semakin booming membuat masyarakat terdorong mencari produk-produk sehat yang ramah dengan tubuh dan kaya akan nutrisi. Dua jenis makanan yang paling dicari antara lain oatmeal dan granola. Dua jenis makanan yang sama-sama terbuat dari gandum ini memang dikenal dan diyakini manfaat kesehatannya, terutama membantu menyukseskan program diet dan gaya hidup sehat. 

Biar begitu, banyak orang yang justru menganggap dua jenis makanan ini adalah sama. Padahal, faktanya oatmeal dan granola merupakan dua jenis makanan yang justru berbeda. Hal ini membuat banyak orang terjebak pada salah kaprah yang menyebabkan salah beli ataupun salah mencoba. So Lemonizen, yuk kenali perbedaan oatmeal dan granola supaya tak salah kaprah dengan keduanya. 

Bahan & Cara Pembuatan

Pertama, oatmeal dan granola memiliki perbedaan dari bahan dan cara pembuatannya masing-masing. Oatmeal dibuat dari biji gandum yang diproses dengan dipotong (steel-cut), dihancurkan (crushed), dihaluskan (ground), ataupun dibuat menjadi oat bulat (rolled oat). Perbedaan proses pembuatan ini juga berdampak pada hasil dan nama dari oat sendiri, seperti steel-cut oat, crushed oat, ground oat, dan rolled oat.

Berbeda dengan oat, granola dibuat dari biji oat yang dikeringkan dan dipanggang sehingga menghasilkan tekstur yang crunchy ketika Anda menikmatinya. Tekstur crunchy ini juga datang dari biji-bijian atau kacang-kacangan yang sering kali ditambahkan pada produk granola.

Tekstur

Berbicara soal tekstur, sudah jelas kalau tekstur oatmeal dan granola berbeda. Oatmeal memiliki tekstur yang halus dan lembut seperti bubur ketika Anda menyantapnya, sedangkan granola memiliki tekstur yang garing dan crunchy yang membuat mulut Anda kriuk kriuk ketika menikmatinya. 

Rasa

Selain dalam hal bahan, cara pembuatan, dan tekstur, rasa juga menjadi perbedaan yang mencolok diantara oatmeal dan granola. Oatmeal memiliki rasa yang cenderung hambar karena pada prosesnya tidak ditambahkan pemanis atau perasa apapun, hanya buah kering yang memberikan sedikit rasa manis. Sedangkan, granola memiliki rasa yang umumnya manis karena pada proses pembuatannya, sudah ditambahkan pemanis alami seperti madu, maple syrup, ataupun gula kelapa di dalamnya.

Cara Penyajian

Anda juga bisa melihat perbedaan oatmeal dan granola dari cara penyajian ketika Anda akan menyantapnya. Oatmeal tidak bisa disantap langsung. Anda perlu memasaknya atau paling tidak menambahkan air panas atau susu hangat rendah lemak (low fat milk) untuk memberikan tekstur seperti bubur. Lalu, tambahkan madu dan buah kering sebagai pemanis atau penambah rasa. 

Berbeda dengan oatmeal, granola justru bisa Anda santap langsung atau dikonsumsi dengan susu. Selain itu, Anda juga tak perlu menambahkan madu atau pemanis lainnya ketika mengonsumsi granola karena pada dasarnya granola sudah manis. 

"Nah, sekarang Lemonizen sudah paham perbedaan antara oatmeal dan granola, bukan?" 

Walaupun keduanya memiliki banyak perbedaan di banyak aspek, baik oatmeal maupun granola merupakan dua jenis makanan yang menyehatkan dan bermanfaat bagi tubuh Anda. 

Keduanya dikenal sebagai makanan yang menjaga organ kardiovaskular tetap sehat, memperkuat sistem pencernaan, dan menahan nafsu makan berlebih. Untuk itu, mulailah konsumsi granola dan oatmeal sebagai menu diet dan gaya hidup sehat Anda sehari-hari.   

Ditulis oleh:

Artikel Terkait

Cara Tepat Ngemil Cokelat
Cokelat merupakan makanan favorit sebagian besar orang. Rasanya yang legit mampu memanjakan lidah dan memberikan rasa ba..
Nadia Gunawan
14 Desember 2017
Come and Say Hello to Our Lemonilo Crush Trio: Nino, Ilman, and Lale!
Di tengah banyaknya produk dan budaya makan yang tak sehat di masyarakat, Lemonilo, sebagai salah satu start up healthy ..
OT Handoko
30 November 2017
Apa Sih Manfaat Tidur Cukup Untuk Kecantikanmu?
Tidur cukup merupakan satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi perkembangan tubuh Anda. Fungsi tidur yang paling ..
OT Handoko
29 November 2017