Apakah Tubuh Manusia Sangat Butuh Probiotik? Temukan Jawabannya Di Sini!

01 Okt 2018 @ 11:25:19
Lemonizen pasti pernah lihat iklan yogurt atau minuman susu fermentasi, bukan? Iklan-iklan produk tersebut sering menonjolkan satu bahan yang menjadi keunggulannya, yaitu probiotik. Beberapa produk menyebutkan secara gamblang sebagai probiotik, namun beberapa produk lain menyebutkan nama bakterinya seperti Lactobacillus Sp.  

Sayangnya, tak banyak dari kalangan masyarakat mengerti apa itu probiotik dan manfaat probiotik untuk tubuh manusia, sehingga konsumsinya juga terlalu sedikit dan cenderung asal. Lalu, apakah probiotik itu memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia? 

Apa Itu Probiotik?

Apa Itu Probiotik?

Sebelum masuk kepada pembahasan selanjutnya, ada baiknya jika kamu mengerti terlebih dahulu apa itu probiotik. Probiotik merupakan kumpulan bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan manusia. Bakteri ini mengatur jalan dan kelancaran dari sistem pencernaan manusia. Itulah sebabnya probiotik menjadi sesuatu yang menyehatkan jika didapat dalam jumlah yang cukup. 

Kekurangan probiotik atau bakteri baik di saluran pencernaan menyebabkan berkembangnya bakteri jahat di saluran pencernaan yang membuat kamu mengalami gangguan pencernaan seperti diare ataupun konstipasi. Asupan makanan berprobiotik membantu bakteri baik berkembang dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan. 

Inilah yang Dibuat Probiotik Untuk Tubuh Sehat Kamu

Seperti yang dikatakan sebelumnya, probiotik memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan kelancaran saluran pencernaan. Selain itu, beberapa manfaat probiotik yang bisa kamu rasakan dari probiotik antara lain: 

1. Probiotik Mengurangi Resiko Intoleransi Laktosa 

Probiotik Mengurangi Resiko Intoleransi Laktosa

Beberapa orang mengalami intoleransi laktosa susu sapi atau susu hewani lainnya. Dalam hal ini, probiotik dapat membantu untuk mengurangi resiko intoleransi laktosa dalam tubuh seseorang. Probiotik dalam produk susu yang difermentasi membantu memecah laktosa sebelum sampai di usus besar. Selain itu, hadirnya probiotik membantu tubuh memecah laktosa dengan lebih baik. 

2. Probiotik Menyeimbangkan Bakteri (Flora) di Saluran Pencernaan

Probiotik Menyeimbangkan Bakteri (Flora) di Saluran Pencernaan

Saluran pencernaan manusia harus mempunyai takaran yang seimbang antara bakteri jahat dan bakteri baik di dalam tubuh, khususnya di usus. Tanpa hadirnya probiotik, jumlah bakteri jahat akan berkembang dengan pesat sehingga menimbulkan penyakit terkait pencernaan di dalam tubuh kamu. Asupan probiotik  yang cukup menekan jumlah bakteri jahat di usus sehingga pencernaan tetap sehat. 

3. Probiotik Mencegah Munculnya Penyakit Pencernaan dan Kanker Usus

Probiotik Mencegah Munculnya Penyakit Pencernaan dan Kanker Usus

Asupan probiotik yang cukup dapat menyeimbangkan kadar bakteri baik di usus sehingga kamu bebas dari penyakit pencernaan seperti konstipasi ataupun diare. Probiotik juga menjaga kelancaran jalannya proses pencernaan dan metabolisme secara optimal. Hebatnya lagi, probiotik juga mencegah terjadi inflamasi di usus yang dapat menimbulkan adanya kanker usus di dalam tubuh kamu. 

4. Probiotik Bermanfaat Untuk Fungsi Imun Tubuh

Probiotik Bermanfaat Untuk Fungsi Imun Tubuh

Sistem imun tubuh berawal dari sistem pencernaan yang baik. Dengan sistem pencernaan yang baik, tubuh dapat menyerap sari-sari makanan berupa vitamin, mineral, karbohidrat, dan lemak secara optimal. Tentunya, hal ini meningkatkan metabolisme tubuh yang secara tidak langsung akan berdampak pada penguatan sistem imun tubuh terhadap penyakit. 

5. Hadirnya Probiotik Dapat Membantu Mengontrol Kolesterol dan Tekanan Darah

Hadirnya Probiotik Dapat Membantu Mengontrol Kolesterol dan Tekanan Darah

Probiotik ternyata membantu mengontrol kolesterol dan tekanan darah, lho! Studi menyebutkan bahwa probiotik membantu meningkatkan kinerja dan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, probiotik juga bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh kamu tetap dalam kondisi yang sehat dan stabil. 

Dimana Bisa Mendapatkan Probiotik Untuk Tubuh Kamu?

Dimana Bisa Mendapatkan Probiotik Untuk Tubuh Kamu?

Secara umum, probiotik bisa ditemukan di produk susu yang difermentasi seperti keju dan yogurt. Tentunya, tiap makanan punya kandungan probiotik yang berbeda. Selain itu, probiotik juga bisa kamu temukan dalam beragam makanan minuman lainnya seperti kombucha, kefir, dan kimchi. 

Jadi, sudah siap sehatkan pencernaan dengan probiotik, Lemonizen?


Artikel Terkait

Kamu Punya Diabetes? Olahraga Berikut Ini Cocok dan Bermanfaat Untukmu!
Mungkin, kamu sudah memahami bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit yang menimbulkan banyak korban jiwa di seluruh..
OT Handoko
14 Desember 2018
Sajikan MPASI Lezat dengan Kaldu Penuh Manfaat
Setelah buah hati mencapai usia enam bulan, Moms harus mulai menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuknya. Maklum,..
OT Handoko
11 Desember 2018
Tahu Nggak Sih? Ini Lho Manfaat di Balik Sedapnya Bumbu Pelengkap Masakan
Ada gula, ada semut. Begitu juga, ada makanan tentu ada bumbu pelengkap masakan yang bikin lezat makanan. Bukan hanya me..
OT Handoko
10 Desember 2018