Apakah Varian Teh Sehat Berikut Ini Favorit Anda?

29 Jan 2018 @ 15:52:30
Teh merupakan jenis minuman yang banyak memiliki peminat dan penggemar hampir di seluruh dunia. Hampir tiap orang punya preferensi teh tersendiri. Biar begitu, tahukah Anda kalau teh memiliki jenis dan karakteristik yang berbeda-beda serta khasiat yang bermacam-macam? Hal inilah yang baru diketahui sedikit orang. 

Pada dasarnya, semua jenis teh berasal dari jenis keluarga tanaman yang sama, yaitu Camellia Sinesis. Perbedaannya, setiap jenis teh ini memiliki warna serta rasa yang khas. Selain itu, cara penyeduhan dan iklim saat setiap teh ini ditanam juga berbeda-beda. Hal inilah yang membuat karakteristik rasa dari setiap teh berbeda-beda.  

Secara umum, Anda bisa mengenali 5 jenis teh yang ada dipasaran, antara lain Black Tea, Green TeaWhite Tea, Oolong Tea, dan Dark Tea. Tak hanya nama, tapi varian dan karakteristik dari beberapa jenis teh diatas berbeda-beda. Tak hanya itu saja, makanan pendamping yang cocok untuk disantap bersama dengan tiap jenis teh pun berbeda-beda. Ada teh yang cocok untuk diminum bersama dengan cemilan manis, dan ada juga teh yang cocok untuk diminum dengan hidangan yang gurih. Daripada bingung memilih teh yang sesuai dengan selera Anda, yuk simak langsung artikel ini dan temukan teh yang cocok untuk Anda!

Black Tea

Black tea atau teh hitam merupakan teh yang mengalami proses oksidasi lebih lama daripada jenis teh lainnya sehingga daunnya memiliki warna hitam kecoklatan. Biasanya teh hitam juga sering disebut sebagai teh merah karena larutan yang dihasilkan dari teh ini akan berwarna merah meskipun warna daunnya hitam.
 
Teh hitam merupakan jenis teh yang paling banyak diproduksi di Indonesia. Banyak orang Indonesia yang menggemari teh hitam karena rasa dari teh ini biasanya lebih kuat dan pekat yang diakibatkan oleh kandungan tannin yang terdapat di dalamnya. 

Dalam penyajiannya, teh hitam merupakan jenis teh yang paling sering dijadikan es teh. Selain itu, teh hitam juga biasanya dapat dicampur dengan susu serta gula.  Berikut adalah beberapa jenis Black Tea yang mungkin sering Anda dengar:
  • Ceylon
Teh Ceylon memiliki rasa yang unik dan berbeda tiap negara. Ada yang memiliki rasa seperti cokelat, ada pula yang memiliki rasa seperti jeruk. Ceylon biasanya sangat beraroma kuat dan biasanya menjadi campuran dalam teh Earl Grey.
  • Earl Grey
Earl Grey, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, merupakan campuran dari teh Ceylon. Perbedaannya, teh ini ditambahkan Bergamot, yaitu semacam jeruk yang membuat teh Earl Grey memiliki aroma yang manis dan segar. 
  • Darjeeling
Darjeelings memiliki rasa yang lembut dan dapat memiliki rasa yang berbeda-beda tiap merek yang didasarkan oleh waktu atau musim saat teh jenis ini ditanam. Rasa yang lembut dan nikmat ketika diminum membuat teh ini cocok untuk dinikmati saat menikmati dessert (makanan pembuka).

Green Tea

Green tea atau teh hijau tidak mengalami proses oksidasi yang diakibatkan adanya enzim-enzim fenolase yang terdapat dalam pucuk daun teh segar dapat mencegah terjadinya oksidasi. Proses ini menyebabkan teh hijau mempunyai rasa yang lebih manis dan lembut daripada teh hitam. Kenali beberapa jenis-jenis green tea sebagai berikut:
  • Sencha
Sencha merupakan salah satu jenis teh yang paling populer di Jepang. Teh ini memiliki aroma yang khas, dan beberapa orang mendeskripsikannya serupa seperti aroma rumput laut. Sencha biasanya cocok diminum bersama dengan hidangan seperti sayur-sayuran.
  • Hojicha
Hojicha mengalami proses pemanggangan sehingga aroma dari teh ini menyerupai kacang-kacangan dan karamel. Rasa dan warna dari larutan teh jenis ini hampir mirip dengan kopi. Teh ini sangat cocok disajikan bersama dengan hidangan ayam atau kentang. 
  • Gunpowder
Teh ini diberi nama Gunpowder karena ciri-cirinya yang dibungkus menyerupai bentuk peluru. Aroma dari teh ini agak sedikit pedas serta menyerupai aroma asap. Rasa teh gunpowder ini cocok diminum bersama dengan masakan Asia dan Timur Tengah. 

White Tea

White Tea atau teh putih tidak mengalami proses oksidasi maupun pemanggangan. Teh putih mengalami proses pengeringan dan penguapan secara singkat. Alhasil, teh putih merupakan jenis teh yang memiliki rasa paling manis dan lembut di antara jenis teh lainnya. Teh putih menghasilkan cairan dengan warna hijau sangat muda dan kuning. 

Teh ini diberi nama teh putih karena diambil dari kuncup daun terbaik dari setiap pohonnya dan ketika dipetik kuncup daunnya masih ditutupi seperti rambut putih yang halus. Karena melewati proses yang cukup rumit, jenis teh ini biasanya lebih dijual dengan harga lebih mahal dibandingkan dengan teh lainnya. 

Banyak khasiat untuk kulit dari teh putih seperti menghilangkan kantong mata serta mengembalikan kelembaban kulit yang kering. Teh putih bisa dikonsumsi hampir dengan semua jenis makanan. 

Oolong Tea

Oolong Tea atau Teh Oolong merupakan teh yang mengalami proses pemanasan yang dilakukan setelah proses penggulungan daun terjadi. Proses tersebut bertujuan untuk menghentikan proses fermentasi dan itulah sebabnya mengapa teh Oolong biasanya sering disebut sebagai teh semi fermentasi. 

Teh Oolong memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan membantu menurunkan berat badan. Untuk itu, Teh Oolong sering disebut juga sebagai teh diet. Selain itu, teh jenis ini sering dipasangkan dengan hidangan laut seperti lobster, kepiting, dan kerang karena manfaatnya tersebut.

Dark Tea

Berbeda dari jenis teh yang mengalami proses pembakaran, daun Dark Tea mengalami proses fermentasi yang menciptakan rasa yang lebih manis. Proses ini juga membuat rasa dari dark tea bisa berubah dalam jangka waktu yang panjang.  Sebagai contoh, teh Pu-erh pertama-tama memiliki aroma seperti bunga, namun aromanya akan berubah menyerupai aroma kayu dan mint ketika dibiarkan dalam waktu yang lama. 

Dark Tea sendiri memiliki banyak khasiat, seperti menangkal radikal bebas dan menunda proses penuaan. Selain itu, dark tea juga diminum bersama dengan dengan makanan yang berkalori tinggi karena manfaatnya yang dapat membantu proses pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh.

Teh memang salah satu jenis minuman yang amat disukai oleh banyak orang hampir di seluruh dunia. Tak hanya soal rasanya yang nikmat dan aromanya yang menenangkan, teh juga dikenal kaya akan manfaat untuk tubuh Anda. Biar begitu, Anda perlu sesuaikan konsumsi teh terhadap kebiasaan makan Anda supaya manfaatnya lebih terasa. 

Lemonilo sebagai e-commerce pelopor gaya hidup sehat memiliki banyak varian teh yang bisa Anda coba dan rasakan di rumah, kantor, dan dimanapun. Anda bisa merasakan variannya mulai dari Earl Grey hingga Jasmine Green Tea. Mari rasakan manfaat lebih maksimal dari teh bersama Lemonilo!  


Artikel Terkait

Sering Stuck dan Telat Mikir? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya!
Stuck dan telat mikir seringkali mengganggu aktivitas ya, guys? Ketika pekerjaan lagi banyak-banyaknya, otak kamu m..
OT Handoko
17 Oktober 2018
Lebih Dekat Dengan Abigail Cantika & Kebiasaan Sehatnya
Sebagai tech-based healthy lifestyle brand, tidak ada kata bosan untuk Lemonilo dalam memberikan edukasi dan membentuk h..
OT Handoko
17 Oktober 2018
Gak Akan Nyesel, Inilah Manfaat Utama Virgin Olive Oil Untuk Tubuhmu!
Minyak merupakan sesuatu yang penting untuk kehidupan kamu dan keluarga. Buat masak, bikin kue, ataupun kecantikan adala..
OT Handoko
16 Oktober 2018