Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Arti Ghosting Dampaknya Bagi Kesehatan Mental Menurut Ahli

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
17 Mar 2021
Clock Icon
4 menit
Ghosting dan kesehatan mental

Belakangan fenomena ghosting sedang hangat-hangatnya diperbincangkan. Di zaman serba digital seperti sekarang, ghosting sering terjadi dengan cara tidak menanggapi panggilan telepon, pesan teks, atau bahkan memblokir lewat media sosial. 

banner consideration shipping bg blue


Perilaku ghosting ini ternyata dapat menimbulkan efek samping lho pada kesehatan mental korbannya. Namun, Lemonizen tau nggak sih apa itu ghosting? Atau jangan-jangan pernah menjadi korban ghosting?




Pengertian ghosting 


Menurut American Psychology of Association, ghosting adalah momen yang terjadi ketika seorang teman atau seseorang yang pernah dekat denganmu menghilang dari kontak tanpa penjelasan. 


Sementara menurut Cambridge Dictionary, ghosting merupakan cara untuk mengakhiri hubungan dengan seseorang secara tiba-tiba dengan menghentikan semua komunikasi. 


Dalam kehidupan sehari-hari ghosting kebanyakan terjadi pada momen kencan. Namun tidak menutup kemungkinan, ghosting juga bisa terjadi di lingkungan pertemanan ataupun pekerjaan.


Alasan orang melakukan ghosting


Perilaku ghosting bisa terjadi karena banyak penyebab. Mulai dari rasa takut akan menghadapi sesuatu, menghindari konflik dengan orang lain, hingga kurangnya rasa tanggung jawab. Ia mungkin memiliki anggapan bahwa menghilang dari kehidupan orang lain tidak akan memiliki dampak yang besar. 


Dampak ghosting pada kesehatan mental  


Menurut Jennice Vilhauer, seorang psikolog di The Well Mind Institute di Beverly Hills, California 

sekaligus Asisten Profesor Klinis di University of California, Los Angeles, ghosting dapat berdampak serius pada kesehatan mental seseorang. Sehingga dampak ghosting tidak boleh dianggap sepele. 

Dampak ghosting pada kesehatan mental meliputi:

banner consideration promotion bg blue


1. Kebingungan


Kebingungan bisa terjadi pada korban ghosting karena mereka sulit memahami kondisi yang sedang terjadi. Ghosting dianggap mirip dengan ‘silent treatment’ yang membuat korbannya tidak bisa memahami situasi hingga kebingungan. Dilansir dari Psychology Today, ghosting juga bisa dianggap sebagai kekejaman emosional karena korbannya tidak mendapatkan penjelasan apapun soal situasi yang ia hadapi. 

2. Merasa rendah diri 


Kehancuran harga diri juga bisa jadi salah satu dampak dari menerima perilaku ghosting. Terutama bila hubungan yang berakhir adalah hubungan asmara. Hal ini dapat membuat korban merasa kesulitan mentolerir rasa sakit akibat ditinggalkan yang kemudian meningkatkan rasa ketidakpercayaan diri. 


3. Menyalahkan diri sendiri


Korban ghosting juga bisa memiliki perilaku yang cenderung menyalahkan diri sendiri. Hal ini bisa terjadi karena mereka tidak mengetahui jelas kesalahan apa yang membuat mereka ‘dijauhi’. Ketika berkelanjutan, menyalahkan diri sendiri secara terus menerus juga bisa berdampak buruk untuk rasa kepercayaan diri. 


4. Merasakan rasa sakit yang sama seperti sakit fisik


Faktanya, rasa sakit fisik dan rasa sakit emosional sebenarnya berada di jalur saraf yang sama. Dilansir dari data American Psychology of Association, penelitian yang menunjukkan bahwa perilaku ghosting atau penolakan sosial  menyebabkan tingkat rasa sakit yang sama dengan yang disebabkan oleh cedera pada tubuh. 


Hal ini disebabkan otak yang mengaktifkan sinyal sakit sehingga rasanya terasa sama dengan rasa sakit fisik. Tidak heran, beberapa orang yang menjadi korban ghosting merasakan sakit yang mengganggu.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itu tadi penjelasan mengenai efek samping ghosting pada kesehatan mental. Sedikit banyak, dampak tersebut tentu akan berpengaruh pada kehidupan sosialmu. 


Bila kamu baru saja menjadi korban ghosting dan tidak bisa mengatasinya sendirian, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog ya. Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga dengan baik lho Lemonizen! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.