Ashanty dan William Wongso Masak Bareng, Bikin Mie Kari Lemonilo Kepiting Kalio

30 Sep 2020 @ 11:16:28
Dunia kuliner Indonesia tentu tidak asing dengan nama William Wirjaatmadja Wongso. William Wongso merupakan pakar kuliner yang menguasai seni masakan Eropa dan Asia. 

Keahlian di bidang masak-memasak yang dimiliki pria kelahiran Malang, Jawa Timur, ini tidak diperoleh dari pendidikan formal. Ia belajar langsung dari para pemilik tempat makan di pinggir jalan hingga restoran berbintang.

Meski demikian, kiprah William Wongso di dunia kuliner tidak perlu diragukan. Ia pernah menerima Sertifikat Profesi bertaraf Nasional dari BNSP Competency Award Tahun 2008 dan menjadi satu-satunya chef asal Indonesia yang bergabung dengan Elite De La Boulangerie International.

Beberapa waktu yang lalu, William Wongso menjadi perbincangan hangat karena berkolaborasi dengan chef internasional, Gordon Ramsay, dalam program bertajuk Gordon Ramsay: Uncharted.

Menariknya, William Wongso dan Gordan Ramsay melakukan proses syuting di Sumatera Barat dan memasak salah satu masakan Padang yang paling terkenal, yakni rendang. 

Kali ini, William Wongso berkolaborasi dengan penyanyi sekaligus istri Anang Hermansyah, Ashanty. Bukan membuat rendang, William Wongso dan Ashanty akan mengolah makanan laut berupa kepiting.

Momen Ashanty masak bersama William Wongso ini diunggah ke kanal YouTube The Hermansyah A6 dalam video bertajuk “ASHANTY SPEECHLESS, KEPITING TERENAK YANG PERNAH DICOBA”.

“Kita mau bikin kepiting apa, Om?” tanya Ashanty.

“Kan masih bertema rendang, (kepitingnya) dikalio,” ujar William Wongso.
Sebelum mulai memasak, Ashanty memberikan tantangan kepada William Wongso untuk memasak mie kari ayam Lemonilo bersama kepiting kalio.

Siapkan Bahan-Bahan Ini untuk Membuat Mie Kari Lemonilo Kepiting Kalio Ala William Wongso!

Ashanty menjelaskan, mie kari ayam Lemonilo ini diproses dengan pemanggangan sehingga tidak berminyak dan lebih sehat. Air rebusan yang bening dari mie kari ayam Lemonilo pun semakin meyakinkan bahwa mie instan ini memang lebih aman dikonsumsi.

“Cocok dengan kepiting,” seru William Wongso.

Untuk membuat mie kari kepiting kalio ini, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:
- Mie Kuah Rasa Kari Ayam Lemonilo
- Kepiting
- Jahe
- Lengkuas
- Bawang merah
- Bawang putih

Selama proses memasak, William Wongso banyak memberikan tips dan saran untuk Ashanty dalam mengolah makanan. Salah satunya, William Wongso menyarankan agar Ashanty atau siapa pun yang hobi memasak untuk membuat berbagai macam bumbu masakan yang bisa disimpan di dapur.

Menurutnya, membuat bumbu masakan ini menjadikan proses memasak lebih cepat dan lebih praktis sehingga tidak perlu berulang kali membuka resep masakan.
Untuk membuat mie kari kepiting kalio, William Wongso menggunakan bumbu rendang yang sebelumnya ia gunakan untuk memasak rendang nangka. 

William Wongso ingin memperlihatkan bahwa satu jenis bumbu masakan bisa dikreasikan menjadi berbagai macam hidangan yang lezat, seperti rendang nangka dan kepiting kalio.

Tips lainnya, bagi yang ingin memasak menggunakan daun kari, William Wongso menyarankan untuk memilih daun kari yang berukuran kecil. Pasalnya, daun kari yang berukuran kecil memiliki aroma yang lebih wangi dan kuat dibandingkan daun kari berukuran besar.