Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Awal Memulai MPASI Yang Harus Bunda Tahu Agar Baik Bagi Bayi

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Awal memulai MPASI pada bayi penting diketahui.
Pemberian ASI eksklusif memang sangat bagus, biasanya  Ibu memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan setelah itu akan memasuki awal memulai MPASI bagi bayi. Pemberian MPASI ini sangatlah penting bagi si kecil untuk menunjang nutrisi dalam tubuhnya sebagai nutrisi tambahan dalam tumbuh kembang si kecil Anda yang sudah mulai aktif.
banner consideration shipping bg blue

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemberian MPASI, yaitu kandungan dalam MPASI setidaknya harus memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati Anda seperti protein yang tepat, energi serta mikronutrien untuk bayi. Sesuai rekomendasi IDAI dan WHO bahwa MPASI sebaiknya diberikan pada bayi berusia 6 bulan, namun apabila tidak memungkinkan MPASI bisa diberikan sesuai dengan kesiapan bayi Anda dalam mencerna nutrisi, tentunya atas saran dari dokter.

Selalu ingat ada beberapa panduan bagi Anda seorang ibu muda ataupun seorang pengasuh bayi ketika bayi dalam tahap MPASI, berikut ini panduan yang harus Anda perhatikan pada saat  awal memulai MPASI bagi bayi Anda:

1. Pastikan Bahwa Bayi Siap Menerima MPASI



Hal yang harus Anda lakukan pada saat memberikan MPASI pertama kali adalah pastikan si kecil sudah siap menerima makanan pendamping seperti makanan yang berbentuk semi padat dan bukan padat, karena bayi umur 6 bulan masih baru belajar. Ada beberapa kriteria bayi yang siap menerima MPASI diantaranya:

  • Bayi sudah bisa mengangkat kepala dengan tegak, bukan  baru belajar mengangkat kepala.
  • Bayi sudah bisa duduk meskipun diperlukan bantuan seperti duduk di kursi bayi atau di pangku.
  • Bayi sudah mulai  menunjukkan gelagat seperti mengunyah sesuatu.
  • Berat badan bayi sudah mencapai dua kali lebih berat dari waktu dia lahir.
  • Koordinasi motorik sudah cukup baik.

Pastikan bayi Anda sudah benar-benar siap menerima MPASI, dan jangan memaksa jika bayi belum benar-benar siap menerima MPASI karena nantinya akan berakibat buruk, seperti bayi muntah atau tersedak karena belum siap menerima makanan selain ASI yang diberikan oleh sang ibu.

2. Menu MPASI Pertama



Tidak ada aturan bahwa makanan apa yang perlu diberikan kepada si kecil pada saat pertama kali diberikan MPASI, hanya saja bayi Anda kurus sebaiknya diberikan sereal dan bukan buah sebagai penambah berat badan bayi, dan apabila bayi Anda memiliki berat badan normal maka diberikan buah tidak apa-apa. Pemberian buah pada bayi juga jangan yang mengandung fruktosa tinggi, sebab nantinya menyebabkan bayi menolak makanan yang tidak terlalu manis.
banner consideration promotion bg blue

3. Banyak Memberi Latihan Kepada Bayi



Bayi berusia 6 bulan atau bayi yang baru pertama kali diperkenalkan MPASI biasanya belum begitu mahir mengunyah, maka dari itu perlu adanya latihan agar bayi Anda terbiasa untuk mengunyah makanan nantinya. Namun jangan terlalu memaksa bayi dan juga jangan menggunakan porsi yang terlalu banyak, Anda bisa memulai dengan 120 ml MPASI dan selanjutnya jika bayi sudah terbiasa bisa ditingkatkan sesuai porsi atau kemauan bayi.

4. Asupan Nutrisi yang Dibutuhkan Bayi



Dalam pemberian MPASI pastikan Anda memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil. Nutrisi yang dibutuhkan antara lain karbohidrat, vitamin, protein, mineral, dan zat besi. Pemberian daging dan hati juga bisa untuk si kecil yang mengalami masalah berat badan karena dapat meningkatkan berat badan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah itulah tadi artikel mengenai apa saja yang harus Anda ketahui dalam awal memulai MPASI bagi si kecil yang sudah berumur 6 bulan. Semoga ulasan kali ini dapat membantu Anda para ibu muda ataupun orang tua muda. Pastikan Anda benar-benar memahami ulasan diatas, dan yang perlu diingat adalah Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau bidan anak terkait MPASI untuk si kecil.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.