Ayo, Mulai Lakukan Makan Sehat Sebagai Gaya Hidup!

10 Jan 2017 @ 12:40:19
Oleh A Meida & RA Maharani
Ayo, Mulai Lakukan Makan Sehat Sebagai Gaya Hidup!

Jika mendengar kata makan sehat, banyak dari kita mungkin akan langsung terbayang suatu program penurunan berat badan atau cara melangsingkan badan. Akan tetapi, makan sehat tidak hanya sekadar untuk menurunkan berat badan tetapi juga untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Cara  makan sehat yaitu dengan mengatur pola makan dalam jangka waktu tertentu. Artinya, selama makan sehat, kita mengatur porsi makan dan membatasi jenis makanan yang boleh kita konsumsi. 



Mengartikan makan sehat dengan program diet memang tidak salah. Menilik asal kata diet, berasal dari bahasa Perancis yaitu diete yang berarti “daily food allowance” atau batas makan harian. Diet juga merupakan turunan dari kata diatea dalam bahasa Perancis dan diaita dalam bahasa Yunani yang berarti “a way of life, a regimen”. Dalam bahasa Indonesia, kurang lebih kedua kata itu bermakna cara hidup atau gaya hidup. Berdasarkan pengertiannya, diet kemudian dapat diartikan sebagai pengaturan pola makan dan minum untuk memperoleh berat badan tertentu atau mengikuti gaya hidup tertentu. Karenanya, tak heran jika makan sehat identik dengan diet. 


Setiap harinya, tubuh perlu mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang memenuhi kebutuhan tubuh untuk menjalankan metabolisme, dan membatasi atau menghindari asupan yang membahayakan bagi tubuh.

  

Pernah dengar pepatah “you are what you eat”? Pola makan sehat berarti mengatur proporsi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda agar kesehatan tubuh terjaga dan terbebas dari penyakit. Tidak hanya penyakit fisik saja, makan sehat juga bisa mengontrol kondisi psikis dan kejiwaan seseorang. Ketika kita mengonsumsi makanan dan minuman sehat untuk tubuh, maka perasaan dan kejiwaan juga terbantu kesehatannya. Salah satu kondisi yang fatal ketika seseorang tidak mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya yaitu obesitas. Selain itu, konsumsi makanan sehat seimbang dapat mencegah stress, depresi, penyakit jantung, ADHD, Al-Zhaimer, obesitas serta kecemasan.

 

Lalu, apa saja yang diperlukan dalam menjalankan pola makan sehat?

 

  • Memasak makanan sehat sendiri di rumah. Dengan memasak makanan sendiri, kita bisa menakar porsi asupan makanan yang baik untuk tubuh kita setiap harinya. Memasak makanan sendiri di rumah juga menghindari Anda dari konsumsi kelebihan gula, garam maupun MSG. Apabila Anda tipe seseorang yang sibuk dan tidak sempat memasak makanan sendiri, bisa juga mencari makanan sehat dengan memesan catering sehat.

 

  • Mengubah pola makan. Anda yang biasanya senang mengonsumsi cemilan atau makanan ringan tidak sehat, tidak terlalu memperhatikan jam makan atau senang makan makanan mengandung MSG atau junk food, mulai saat ini cobalah untuk berusaha membuang jauh-jauh keinginan untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut kalau ingin menjaga kesehatan. Mulai mengatur makan sesuai dengan jadwal dan mengganti makanan ringan mengandung MSG dengan camilan sehat seperti sereal atau granola, kacang-kacangan maupun keripik sayur.

 

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Konsumsi buah-buahan serta sayuran segar membantu meningkatkan imunitas dan metabolisme tubuh serta memberikan serat alami untuk melancarkan pencernaan. Saat ini mengonsumsi buah-buahan serta sayuran segar tidak hanya dimakan begitu saja, tetapi disediakan dalam bentuk jus segar cold pressed. Jus segar cold pressed yaitu jus buah, sayuran atau campuran antara sayur dan buah yang diproses dengan menggunakan mesin cold press, mesin hidraulik yang menjaga kesegaran serta nutrisi sayur dan buah tersebut. Berbeda dengan jus biasa yang menggunakan blender, jus segar cold pressed memberikan sari dari buah dan sayur, tanpa ampas.

 

  • Perbanyak minum air putih. Air putih atau air mineral membantu meluruhkan racun serta kandungan-kandungan negative yang ada di dalam tubuh dan pastinya mengurangi dehidrasi yang dapat menyebabkan kelelahan, kurang energi dan sakit kepala. Air putih atau air mineral juga dapat membantu sistem ginjal dalam melarutkan racun.

 

Mengatur pola makan sehat dengan baik akan memberikan Anda keuntungan yang sangat banyak. Tidak hanya dapat mengendalikan berat badan Anda agar ideal, tetapi menjaga kesehatan organ dalam tubuh, kecantikan kulit serta kejiwaan Anda. Dengan kata lain, makan sehat seharusnya tidak hanya dilakukan ketika kita merasa bermasalah dengan berat badan tetapi mulai menjadi gaya hidup sehari-hari.

 

Untuk itu, segera atur pola makan Anda dan jangan khawatir, Anda dapat menemukan segala macam makanan serta minuman sehat untuk kebutuhan harian Anda di Lemonilo.com!


Baca juga: Tips diet sehat

Cek juga kategori kami: Jual Oatmeal Untuk Diet di Lemonilo

Artikel Terkait

Oleh V. Istarinda
Diet Ketogenic atau yang terkenal dengan “diet keto” merupakan salah satu jenis diet yang sedang naik daun di Indon..
Oleh S. Nurfauzia
Kamu sedang ingin menurunkan berat badan?Lakukan 3 kunci rahasia mudah dalam menurunkan berat badan berikut ini. Dengan ..
Oleh OT Handoko & S. Nurfauzia
Kebiasaan menikmati cemilan dianggap sebagai salah satu penyebab peningkatan berat badan. Padahal, anggapan tersebut tid..