Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Bercabang? Berikut Tipsnya

Rizki Indra
Rizki Indra
01 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Ketahui penyebab rambut bercabang dan solusinya.
Tahukah kamu jika ada banyak penyebab rambut bercabang? Mulai dari pengaruh cuaca, cara merawat rambut, hingga penggunaan produk perawatan rambut yang kurang cocok. Rambut bercabang sendiri adalah kondisi saat ujung rambut terbelah karena paparan kimia pada batang rambut. Jika diperhatikan, ujung rambut akan terasa kering, rapuh hingga terlihat terurai menjadi dua bagian. Agar segera diatasi, kenali apa yang menyebabkan kondisi ini.
banner consideration shipping bg blue

1. Sering Memakai Hair Dryer dan Catokan



Suhu panas dari alat penata rambut ini akan menghilangkan kandungan alami pada rambut kamu. Semakin sering kamu menggunakan hair dryer, catokan, dan pengeriting rambut, nutrisi alami penyusun rambut pun akan hilang. Akibatnya, rambut menjadi kering dan bercabang.  Apalagi jika kamu melakukan cara yang salah saat menggunakan alat penata rambut. Misalnya memakai catokan di tempat yang sama berulang kali. Ini dapat menyebabkan kerusakan rambut karena terpapar suhu yang panas.

2. Pengaruh Dari Cuaca



Perubahan iklim dapat menjadi penyebab rambut bercabang, mulai dari tingkat kelembaban, musim, hingga faktor lainnya. Kamu mungkin sudah tahu bahwa rambut yang terpapar sinar matahari tentu akan kering dan mudah patah.  Begitu  juga pada cuaca berangin, rambut akan lebih mudah kusut dan bergelombang  karena angin dapat meningkatkan laju penguapan kelembaban rambut sehingga rambut akan lebih rapuh dan kering.  Jika rambut kamu sering terkena angin kencang, bukan tidak mungkin ujung rambut akan terbelah  hingga mudah rontok.

3. Efek Pewarna Rambut



Kandungan produk pewarna rambut dapat menjadi penyebab rambut bercabang. Bahkan, jika terlalu sering dapat menyebabkan ujung rambut menjadi bercabang. Perubahan kimia dalam rambut akibat produk pewarna rambut dapat menghilangkan melanin dari batang rambut. Akhirnya, rambut tidak akan sekuat dulu dan menyebabkan ujungnya terbelah menjadi dua.
banner consideration promotion bg blue

4. Mengikat Rambut Terlalu Kencang



Ikatan rambut yang kencang memang akan memudahkan pemilik rambut panjang untuk melakukan aktivitas. Namun, terlalu kencang dan mengikat rambut di tempat yang sama dapat menjadi penyebab rambut kamu bercabang.  Hal ini karena tekanan dari ikat rambut membuat batang rambut tidak bisa bernapas dan rambut tidak dapat bergerak bebas sehingga rambut mengalami kerusakan.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

1. Memotong Ujung Rambut

Potong ujung rambut secara rutin setiap 6-8 minggu. Jika tidak dipotong, cabang akan bertambah dan menimbulkan kerusakan yang lebih buruk.

2. Hindari Bahan Kimia

Penyebab terbesar kerusakan rambut adalah penggunaan bahan kimia yang tidak sesuai untuk perawatan rambut kamu. Hindari menggunakan sampo yang mengandung minyak mineral dan petrolatum karena dapat mencegah kelembaban menyerap ke lapisan rambut.

3. Kurangi Menyisir Rambut

Menyisir rambut secara berlebihan dapat merusak rambut kamu karena gesekan yang ditimbulkannya. Untuk itu menyisir rambut seperlunya saja.

4. Hindari Menggunakan Alat Panas Rambut

Alat pemanas seperti hair drying, alat catok, atau alat pengeriting rambut. Sesekali menata rambut dengan peralatan ini tidak masalah, namun disarankan jangan terlalu sering.

5. Gunakan Serum atau Spray

Gunakan serum dan spray untuk melindungi rambut dari panas. Gunakanlah sebelum menggunakan alat pengering rambut atau ketika ingin menata rambut.

6. Keringkan Rambut Dengan Handuk Secara Lembut

Selesai keramas, keringkan rambut menggunakan handuk secara pelan-pelan atau  bungkus saja rambut kamu menggunakan handuk hingga kering.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah penyebab rambut bercabang dan cara mengatasinya. Dengan mengetahui informasi ini, semoga kamu bisa mengatasi kondisi rambut bercabang dengan lebih baik ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.