Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Bagaimana Cara Tepat Mengatur Bahan Makanan untuk Pemula?

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
29 Apr 2021
Clock Icon
7 menit
Meal plan
Pemilihan bahan makanan untuk meal plan harus disesuaikan dengan prinsip gizi seimbang yakni bervariasi, mengandung sumber karbohidrat, protein hewani, nabati, sayur dan buah.

Pada dasarnya setiap bahan makanan memiliki sifat yang berbeda. Ada yang mudah rusak dan ada yang tahan lama. Sehingga penyimpanannya harus memperhatikan sifat tersebut. 

banner consideration shipping bg blue

Berdasarkan sifatnya, bahan makanan dibagi menjadi tiga jenis yaitu bahan makanan basah, semi basah dan kering. Bahan makanan basah dan semi basah memiliki sifat yang lebih mudah rusak dibandingkan bahan makanan kering karena kandungan air yang lebih tinggi.

Cara Menyimpan Bahan Makanan yang Tepat

Untuk bahan makanan kering seperti beras, tepung, mie kering, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lainnya, Lemonizen bisa membeli dan menyimpannya dalam waktu cukup panjang. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan informasi tanggal kedaluwarsanya. 

Bahan makanan kering dapat disimpan pada suhu ruang dan pada tempat yang tidak lembab. Sebaiknya, untuk bahan makanan kering, gunakan prinsip FEFO (First Expired First Out) atau gunakan terlebih dahulu bahan yang lebih mendekati masa kedaluwarsanya. 

Untuk bahan makanan kering, simpanlah  pada suhu 250C. Dengan begitu, makanan dapat  bertahan lebih dari satu minggu dan frekuensi pembeliannya tidak perlu terlalu sering. 

Sementara, untuk bahan makanan basah dan semi basah yang lebih mudah rusak seperti daging, ikan, ayam, produk susu dan olahannya, sayur, buah, dll harus disimpan dalam pendingin. Tujuannya adalah untuk memperlambat pertumbuhan bakteri yang membuat bahan makanan cepat rusak. 

Penyimpanan bahan makanan basah dapat dibedakan berdasarkan berapa lama bahan makanan tersebut dapat bertahan, sebagai berikut:

  • Daging, ikan, ayam, dan olahannya harus disimpan di dalam freezer. Dalam suhu -50C sampai 00C daging bisa bertahan ±3 hari, sementara dalam suhu -100C sampai -50C daging bisa bertahan ±1 minggu. Kemudian dalam suhu > -100C daging bisa bertahan 1 minggu atau lebih.

  • Telur, susu atau olahannya harus disimpan di dalam chiller. Dalam suhu 50C sampai 70C telur dan susu bisa bertahan ±3 hari, sementara dalam suhu -100C sampai -50C > telur dan susu akan bertahan ±1 minggu. Kemudian dalam suhu > -50C telur dan susu bisa bertahan 1 minggu atau lebih.

  • Sayur, buah, dan minuman harus disimpan di dalam chiller. Dalam suhu 100C bahan makanan dalam kelompok ini dapat bertahan antara 3 hari - 1 minggu. 

banner consideration promotion bg blue

Tips Menyimpan Bahan Makanan Basah dan Semi Basah 

Berikut ada tips yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan bahan makanan basah maupun semi basah:

  • Beri jarak antar bahan agar udara dapat bersirkulasi dan suhu kulkas berfungsi optimal

  • Sebelum disimpan, bahan makanan harus sudah dipotong-potong dan dibungkus sesuai porsi masak. Hal ini penting untuk menghindari proses simpan ulang yang dapat meningkatkan risiko kontaminasi bakteri pada bahan makanan

  • Jika memungkinkan, simpan bahan makanan dalam wadah kedap udara/vakum

  • Letakkan tisu di wadah penyimpanan untuk menyerap air. Terutama untuk sayuran agar tidak cepat busuk

  • Keluarkan bahan makanan yang lebih dahulu dibeli. Istilah ini disebut dengan FIFO (First In First Out)

  • Jangan cuci bahan makanan sebelum disimpan. Proses pencucian dapat meningkatkan kadar air dan meningkatkan risiko kontaminasi. Cuci bahan makanan hanya saat sebelum dimasak.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan tempat penyimpanan bahan makanan. Pilihlah tempat yang dapat melindungi makanan dari kontaminasi baik bakteri, tikus, serangga, dan hewan berbahaya lainnya.

Jangan lupa juga untuk membuat jangka waktu mingguan atau bulanan untuk meal plan-mu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menentukan waktu penyimpanan dan waktu belanja nanti. Selamat mencoba, Lemonizen!

Artikel ini ditulis oleh Ahli Gizi, Qonita Rachmah S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) untuk menjawab pertanyaan #CurhatSehat di Instagram Lemonilo. 

Sebagai healthy lifestyle ecosystem, Lemonilo berharap dapat membantu masyarakat Indonesia mendapatkan akses informasi kesehatan dengan lebih mudah salah satunya melalui rubrik #CurhatSehat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.