Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Bagaimana Mencegah Perut Begah Saat Bangun Tidur Setelah Sahur?

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
15 Apr 2021
Clock Icon
5 menit
perut begah saat bangun

Hai Lemonizen, selamat datang di #CurhatSehat bersama Lemonilo. #CurhatSehat adalah ruang di mana kamu bisa menanyakan semua masalah kesehatan yang kamu alami dan nantinya akan dijawab langsung oleh Tim Dokter Mamanesia untuk Lemonilo.

banner consideration shipping bg blue


#CurhatSehat edisi kali ini, Lemonilo menjawab pertanyaan Lemonizen yang ditanyakan melalui akun instagram Lemonilo pada 8-14 April lalu. Yuk, simak jawaban dr. Rizqii Nurdini berikut!




Makan sahur jadi rutinitas yang harus kita lakukan selama Ramadan. Bagi yang belum terbiasa, akan sulit melawan rasa kantuk usai sahur sehingga kita sering kali terlelap kembali sebelum akhirnya memulai aktivitas sehari-hari. Nah, saat bangun dari tidur usai sahur ini biasanya muncul perasaan begah atau rasa penuh yang membuat perut tidak nyaman.


Apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana cara mencegah perut begah tiap bangun tidur usai sahur?

Perlu diketahui, makanan yang baru masuk ke perut awalnya akan dipecah lebih dulu di lambung. Biasanya, lambung membutuhkan waktu 2-4 jam untuk melakukan metabolisme makanan secara sempurna sebelum kemudian berlanjut ke usus untuk diserap nutrisinya. 

Proses metabolisme ini akan memproduksi enzim dan asam lambung untuk membantu mengolah dan memecah makanan hingga menjadi bentuk nutrisi sederhana yang nantinya akan diserap oleh usus.

Proses lambung bekerja dan menghasilkan banyak asam lambung ini dapat kita analogikan seperti air yang ada di dalam botol yang memiliki leher. Saat kita tidur, posisi kita seperti botol yang dimiringkan atau ditidurkan sehingga isinya (asam lambung) akan bergerak mengalir ke leher botol (kerongkongan). 

banner consideration promotion bg blue

Bila ini dibiarkan terus menerus akan menyebabkan refluks (naiknya asam lambung ke tenggorokan). Jika ini terjadi, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar (heartburn) dan mulut pun jadi terasa pahit sehingga membuat tubuh menjadi tidak nyaman. 

Hindari Langsung Tidur Lagi Setelah Makan Sahur

Langsung tidur setelah makan sahur dan salat subuh akan secara otomatis membuat metabolisme tubuh melambat. Ini karena hampir seluruh fungsi tubuh diistirahatkan sementara (kecuali kerja jantung, otak, dan paru-paru).


Tidur setelah makan tidak akan memberikan cukup waktu untuk sistem pencernaan bekerja memecah makanan. Kondisi ini membuat makanan tertimbun sia-sia dalam perut. Timbunan makanan yang berada di dalam perut ini bisa saja menyebabkan gangguan pencernaan, seperti perut terasa begah atau sembelit. 


Tips Hindari Rasa Tidak Nyaman Pada Perut Setelah Sahur


Untuk menghindari rasa tidak nyaman pada perut setelah sahur, Lemonizen bisa menerapkan beberapa hal berikut: 


  1. Beri jeda antara makan sahur dan tidur kembali minimal 2 jam 

Seperti yang telah dijelaskan, lambung membutuhkan waktu untuk memecah makanan sehingga kita perlu memberi waktu untuk lambung agar dapat mencerna makanan dengan baik. Jika kesulitan menahan kantuk, Lemonizen bisa mengisi waktu dengan mengaji, membaca buku, atau menonton kajian yang sekaligus dapat menambah pahala selama Ramadhan.

  1. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gas

Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membentuk produk gas di perut misalnya kacangan-kacangan, umbi-umbian, hidangan laut, susu, serta kopi.

  1. Konsumsi cukup air putih

Penyebab perut kembung saat puasa dapat terjadi karena kurangnya asupan air yang masuk ke dalam tubuh. Cara mengatasi perut kembung selanjutnya adalah mencukupi asupan air putih dalam tubuh, karena ini akan membantu menjaga keseimbangan garam/natrium dalam tubuh.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Apakah Lemonizen juga pernah punya pengalaman perut bagah saat bangun tidur usai sahur? Bagikan pengalaman kamu di kolom komentar, ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.