Bagus Untuk Diet, Ini 7 Manfaat Beras Hitam yang Jarang Diketahui

16 Mei 2020 @ 19:54:24
Beras banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia menjadi bahan pokok. Beras ada banyak jenisnya, mulai dari beras putih, merah, coklat, sampai beras hitam. Beras hitam mungkin masih jarang dikonsumsi masyarakat. Namun, beras hitam nyatanya mempunyai kelebihan tersendiri bagi kesehatan tubuh. Yuk, simak ulasan beberapa manfaat beras hitam yang jarang diketahui berikut ini! 

1. Menurunkan Berat Badan 



Manfaat beras hitam yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena ia mengandung sumber serat makanan yang kaya. Kandungan ini mampu membantu menciptakan rasa kenyang sekaligus menunda rasa lapar. Sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh pun dapat berkurang yang akan berdampak pada penurunan berat badan. 

Adapun manfaat lainnya ialah mampu membantu mengatur asupan kalori sehingga mampu mencegah obesitas dalam jangka panjang. Jadi, beras hitam sangat cocok untuk mendukung program diet karena ia rendah kalori. 

2. Membantu Memperlancar Pencernaan 



Manfaat dari beras hitam selanjutnya adalah mampu membantu proses pencernaan lebih lancar. Kandungan serat yang tinggi pada beras hitam dapat menambahkan massa ke dalam feses. Akibatnya ia mampu memusnahkan, melawan, dan mengobati berbagai masalah pencernaan. Serat mendukung aktivitas gerak usus lebih meningkat dan membantu mengobati sembelit. Selain itu, serat berdosis tinggi juga mampu melawan penyerapan zat racun dan membilasnya keluar dari tubuh. 

3. Meningkatkan Kesehatan Hati 



Manfaat beras hitam sudah teruji dari beberapa riset bahwa ia memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan hati, khususnya untuk melawan perlemakan hati, termasuk perlemakan hati alkoholik. Hal ini karena ia mengandung antioksidan yang tinggi. Beras hitam ini mempunyai kemampuan untuk membantu hati dalam memusnahkan berbagai zat beracun karena kandungan fitonutrien yang secara signifikan meminimalisir stres oksidatif dalam tubuh, serta membantu memperbaiki dan menambah fungsi setiap jaringan. 

4. Proteksi Organ Jantung



Beras hitam sudah teruji mampu melawan tekanan darah tinggi/hipertensi dan meminimalisir pertumbuhan plak aterosklerotik di pembuluh darah jantung. Aterosklerosis, yang disertai dengan dinding arteri yang mengeras merupakan penyakit kardiovaskuler yang mempengaruhi banyak manusia di seluruh bumi. 

Oleh karena itu, konsumsi nasi hitam dipercaya mampu mengurangi angka kematian yang cukup tinggi dari penyakit tersebut. Beras hitam pun mampu memperkuat kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol LDL dan kolesterol total. 

5. Memperkuat Daya Tahan Tubuh



Manfaat dari beras hitam lainnya yang dapat diperoleh adalah membantu memperkuat daya tahan tubuh seseorang. Berbagai kandungan dan nutrisi yang ada dalam beras hitam diyakini mampu melawan virus yang ingin masuk ke dalam tubuh. Sehingga tubuh akan menjadi lebih kebal dari serangan penyakit. 

Selain itu, kulit luar beras hitam pun mengandung banyak vitamin E yang bisa melawan radikal bebas sebab sistem kekebalan tubuh meningkat. Satu riset telah membuktikan bahwa kandungan vitamin E pada beras hitam mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). 

6. Mengurangi Risiko Sembelit



Seperti penjelasan sebelumnya, manfaat dari beras hitam bisa didapatkan dari kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Kandungan serat tersebut dapat membantu sistem pencernaan penderita diabetes berfungsi lebih maksimal. Akhirnya, hal ini mampu melancarkan BAB serta mengurangi adanya konstipasi atau sembelit. 

Jadi, kandungan serat yang tinggi dalam beras hitam dapat membantu saluran pencernaan pasien diabetes melitus bekerja lebih baik lagi. Kondisi ini pun ikut serta melancarkan proses BAB dan mengurangi risiko gejala sembelit. 

7. Mengobati Anemia



Beras hitam ternyata juga mampu mengobati anemia. Beras hitam telah teruji mempunyai kandungan zat besi yang sangat kaya daripada dengan beras putih maupun beras merah. Kandungan zat besi ini sangat bagus untuk orang yang mempunyai penyakit anemia, karena kemampuan zat besi yakni dapat mengembangkan tekanan darah manusia secara cepat dan efektif. 

Nah, itulah ulasan tentang ragam manfaat beras hitam yang jarang diketahui. Semoga setelah membaca ulasan ini, kamu akan lebih ingin mengkonsumsi jenis beras ini ya Lemonizen!

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020