Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Baik Untuk Jantung, Ini 6 Manfaat Jambu Lainnya Bisa Kamu Baca Lengkap Disini

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Sehatkan diri dengan manfaat jambu yang penting.
Jambu biji adalah tanaman asal negara di Amerika Tengah, seperti Meksiko, Brazil, Kolombia, dan Venezuela. Saat ini, jambu biji telah banyak dibudidayakan dan dapat dinikmati oleh banyak negara beriklim tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Kandungan vitamin C, vitamin A, kalium, antioksidan dan nutrisi lain seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat, meski dalam jumlah yang sedikit menjadikan jambu ini memiliki banyak manfaat. Lantas apa saja manfaat jambu biji? Berikut ulasannya:

1. Mencegah Anemia



Kandungan zat besi selain baik untuk perkembangan tulang, bermanfaat juga untuk mencegah anemia. Apalagi, bagi ibu hamil kebutuhan zat besi akan semakin meningkat karena harus juga memproduksi ekstra darah untuk memenuhi kebutuhan bayi yang dikandungnya. Darah yang mengandung hemoglobin merupakan media bagi bayi untuk memperoleh asupan dan oksigen yang disuplai dari ibu. Nah, apabila kadar zat besi yang dimiliki ibu hamil rendah, maka besar kemungkinan bagi ibu mengalami anemia.

2. Menyehatkan Mata



Buah-buahan dengan warna yang cerah seperti jambu biji, mangga, pepaya, dan semangka adalah sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata kamu. Selain itu, vitamin A juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membuat kulit tetap sehat. Adanya kandungan vitamin A di dalamnya bisa membuat kamu mendapatkan banyak manfaat jambu biji untuk kesehatan mata.

3. Menyehatkan Pencernaan

 

Jambu biji merupakan sumber serat makanan larut air yang baik untuk pencernaan. Rutin mengkonsumsi buah ini akan membantu melancarkan pergerakan usus dan mencegah terjadinya sembelit pada pencernaan. Konsumsi satu buah jambu biji dapat memenuhi 12 persen kebutuhan serat harian tubuh.

Selain buah jambu biji, daun jambu biji juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Hasil studi menunjukkan, bahwa konsumsi daun jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi diare. Hal ini karena daun biji bersifat antimikroba sehingga dapat menetralkan mikroba penyebab diare di usus.

4. Membantu Mengurangi Berat Badan



Manfaat jambu biji sangat disarankan bagi kamu yang sedang menjalani diet dan program penurunan berat badan. Ini karena kandungan kalori dalam satu buah jambu biji hanya 37 kkal sehingga dengan makan satu buah jambu sudah memenuhi 12% kebutuhan harian serat. Bagi kamu yang sedang menjalani program diet bisa mengkonsumsi jambu biji sebagai camilan, dengan bonus nutrisi vitamin dan mineral.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh



Manfaat jambu biji mengandung vitamin C dalam jambu biji dua kali lipat lebih banyak dari buah jeruk yang baik untuk tubuh. Vitamin C ini sangat penting untuk menjaga sistem daya tahan tubuh. Orang yang kekurangan vitamin C, akan mudah terkena infeksi maupun penyakit. Mengonsumsi buah kaya vitamin C ini, terbukti dapat mengurangi durasi pilek dan kandungan antimikroba di dalamnya ampuh melawan bakteri dan virus jahat.

6. Mencegah Diabetes



Jambu biji mengandung serat yang kaya dan indeks glikemik yang rendah, sehingga mampu mencegah perkembangan diabetes. Indeks glikemik yang rendah juga akan menghambat lonjakan kadar gula yang tiba-tiba, dan kandungan seratnya untuk memastikan kadar gula diatur dengan baik.

Itulah manfaat jambu biji lainnya selain baik untuk jantung. Mulai sekarang pastikan untuk konsumsi jambu biji setiap hari ya. Semoga bermanfaat.
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.