Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Manfaat Olahraga Renang yang Rutin

Rizki Indra
Rizki Indra
20 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Manfaat Olahraga Renang yang Rutin
Manfaat renang tentunya ingin dirasakan bagi yang hobi olahraga air tersebut. Selain olahraga yang murah, berenang juga sangat menyenangkan, karena bisa bermain di air sambil menikmati manfaatnya dikemudian hari. Olahraga ini juga bisa kamu lakukan bersama teman dan keluarga. Nah, daripada penasaran apa saja manfaatnya, yuk simak ulasan berikut.

1. Membakar Kalori



Manfaat renang yang pertama yaitu bisa membakar kalori. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari manfaat ini bisa sama efisiennya dengan Berenang  di treadmill. Jumlah kalori yang terbakar tergantung pada intensitas dan gaya yang sering kamu gunakan. Berenang dapat membakar kalori yang sama bahkan lebih besar daripada berlari.

Misalnya, ketika berenang selama 10 menit membakar 60 kalori dengan gaya dada, 80 kalori dengan gaya punggung, 100 kalori dengan gaya bebas, dan 150 kalori dengan gaya kupu-kupu. Sedangkan jika berjalan 10 menit akan membakar sekitar 100 kalori. Oleh karena itu, berenang dengan gaya kupu-kupu selama 30 menit dapat membakar 150 kalori lebih banyak daripada berjalan 5 km dalam rentang waktu yang sama.

2. Mengurangi Stres



Berenang bisa mengurangi stress dan menenangkan pikiran. Melakukan olahraga renang secara rutin terbukti mampu mengurangi tingkat stress seseorang dan mengurangi depresi hingga mampu memperbaiki kualitas tidur.  Oleh karena itu, jika kamu sedang stres atau banyak beban pikiran, berenanglah dengan ringan dan santai agar stres tersebut dapat hilang.

3. Memperkuat Otot



Salah satu manfaat renang yang paling signifikan yaitu membuat seluruh tubuh kamu saling bergerak. Berenang memiliki berbagai gaya yang bisa digunakan saat berenang dan masing-masing berfokus pada kelompok otot yang berbeda. Ini akan membantu memperkuat otot kamu, membangun kekuatan dan daya tahan tubuh.

Selain itu, hasil dari Penelitian menunjukan, bahwa manfaat renang dapat terlihat pada peningkatan massa otot trisep, yaitu sisi belakang lengan atas sampai 25 persen pada sekelompok pria. Hasil dari penelitian itu didapatkan setelah dilakukan program berenang selama 8 minggu.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur



Bagi kamu yang sedang mengalami kesulitan tidur, sepertinya harus mencoba manfaat renang yang satu ini. Berenang memiliki kekuatan yang sangat besar untuk membantu memperbaiki kualitas tidur lebih nyenyak di malam hari. Selain itu, orang yang menderita insomnia akan mendapatkan tidur yang lebih baik begitu mereka mulai berenang secara rutin. 

5. Menyehatkan Jantung



Berenang bisa menyehatkan jantung dan menjaga kesehatan paru-paru. Para peneliti telah menemukan, bahwa dengan berenang dapat mengurangi risiko kematian dibandingkan orang yang jarang berenang. Maka, dengan berenang secara rutin, tekanan darah dan gula darah akan terkontrol dengan baik.

6. Berenang Baik untuk Asma



Berenang secara rutin ternyata baik bagi kamu penderita asma. Manfaat ini bisa kamu dapatkan karena kelembaban dari air dapat menggantikan kelembaban yang dikeluarkan selama pernapasan yang kuat. Olahraga ini sangat efektif bagi orang yang sedang menderita kondisi penyakit paru-paru kronis seperti asma.

7. Membuat Lebih Cerdas



Manfaat renang yang tidak pernah kamu duga adalah kemampuannya untuk meningkatkan kecerdasan. Renang dapat membantu meningkatkan fungsi memori dan kemampuan berpikir. Aktivitas ini akan bermanfaat dengan membantu mengurangi peradangan dan resistensi insulin di otak, yang akan membangun pertumbuhan sel otak baru. Berenang juga dikenal dapat meningkatkan mood dan kemampuan otak untuk berpikir lebih efisien.

Itulah manfaat renang secara rutin yang bisa kamu rasakan. Dari informasi ini dapat kita tahu jika berenang memang sangat baik untuk kesehatan tubuh ya Lemonizen! Jadi tunggu apalagi, yuk olahraga renang! 
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.