Baik Untuk Kesehatan, Inilah 6 Manfaat Buah Aprikot

Buah aprikot merupakan salah satu buah yang pernah dibicarakan oleh para beauty influencer karena manfaatnya yang baik untuk kecantikan dan juga kesehatan tubuh. Buah ini belum banyak dikenal di negara Indonesia karena tumbuh dengan liar di daerah Armenia, Yunani, India dan juga Roma.
Nama ilmiahnya adalah Prunus Armeniaca dan cita rasanya manis asam menyegarkan. Bentuk buahnya mirip plum dan peach. Umumnya buah yang satu ini tersedia di supermarket. Adapun kandungan nutrisi yang terdapat pada aprikot adalah banyaknya vitamin dan juga mineral yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh.
Data yang diambil dari Doktersehat.com, menyebutkan dua buah aprikot yang segar diperkirakan 70 gram biasanya mengandung nutrisi antara lain, 34 kalori, 1 gram protein, 0,27 gram lemak, 8 gram karbohidrat, 4 persen kalium, 1,5 gram serat, 8 persen vitamin C, 8 persen vitamin A, 8 persen vitamin E.
Selain itu, aprikot juga dikenal sebagai sumber beta karoten, zeaxanthin dan lutein yang merupakan antioksidan cukup kuat dan dapat membantu dalam melawan radikal bebas. Berikut ini beberapa manfaat buah aprikot untuk kecantikan dan kesehatan:

1. Mengatasi Sembelit

Berdasarkan penelitian World Journal of Gastroenterology, kandungan buah ini kaya akan serat alami yang baik bagi pergerakan usus halus. Manfaat serat di dalamnya bisa untuk merangsang cairan di lambung serta pencernaan sehingga menyerap nutrisi dan memecah semua makanan yang masuk sehingga menjadi mudah diproses. 
Serat dapat mengaktifkan gerakan peristaltik dan juga gerakan otot polos. Hal tersebut dapat menjaga pergerakan usus menjadi lebih teratur. Maka dari itu aprikot disarankan untuk dikonsumsi para penderita sembelit.

2. Dapat Meningkatkan Metabolisme

Jumlah cairan yang ada pada tubuh tergantung pada mineral, natrium dan juga kalium. Kandungan kalium yang cukup tinggi pada buah yang satu ini dapat menjaga agar cairan tetap seimbang di dalam tubuh dan juga energi bisa tersalurkan dengan baik ke otot serta organ lainnya. Dengan keseimbangan elektrolit yang dapat dipertahankan, maka tubuh memiliki banyak energi, menjaga darah sehingga tubuh dapat melakukan aktivitas dengan energi tersebut.

3. Untuk Kesehatan Jantung

Selanjutnya bermanfaat untuk melindungi jantung dari penyakit berbahaya termasuk serangan jantung, stroke dan juga aterosklerosis. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya, serat makanan dan juga Potassium dapat membantu membuat jantung lebih baik dan juga sehat. 
Selain itu kandungan potasium dapat bermanfaat menurunkan tekanan darah dengan cara melemaskan pembuluh darah jika terjadi ketegangan dan juga arteri. Serat dapat mengurangi kelebihan kolesterol dari arteri dan lapisan pembuluh secara keseluruhan. 

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah aprikot kaya akan xantofil dan karotenoid yang merupakan nutrisi untuk mencegah penyakit penglihatan karena pertambahan usia. Hal ini menurut beberapa peneliti. Selain itu juga terdapat vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.banner consideration promotion bg blue

5. Untuk Kulit yang Lebih Cerah 

Buah ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk lulur tubuh yang nantinya dapat membantu proses pengelupasan sel-sel kulit yang sudah rusak. Kulit akan lebih cerah dan juga terlihat lebih cerah. Minyak aprikot jika dicampurkan dengan gula bisa dijadikan sebagai scrub yang bagus untuk proses pengelupasan sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih lembut dan juga halus.

6. Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium merupakan zat yang penting untuk tulang. Pada buah ini terdapat sumber kalium yang juga berfungsi sebagai distribusi kalsium dan penyerapan. Pengeroposan tulang dapat dikurangi dan juga metabolisme tulang dapat diubah pasca menopause pada wanita.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah berbagai manfaat buah aprikot yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika ingin mengonsumsi buah ini secara rutin untuk pengobatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar terhindar dari alergi dan kondisi lainnya.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami