Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ini Manfaat Mengonsumsi Tempe yang Harus Kamu Tahu, Bisa Tingkatkan Imun Tubuh!

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
23 Aug 2021
Clock Icon
5 menit
Manfaat tempe

Sebagai orang Indonesia, siapa sih yang tidak pernah mengonsumsi tempe? Tempe bisa dibilang menjadi salah satu makanan lokal Indonesia yang paling banyak digemari masyarakat. Selain karena rasanya yang memang enak, harganya pun sangat murah.


Namun, di balik harganya yang sangat murah, ternyata tempe justru menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi. Qonita Rachmah, S.Gz., M.S, seorang ahli gizi sekaligus dosen Departemen Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pun memaparkan dengan gamblang manfaat mengonsumsi tempe dalam episode #TanyaAhlinya kali ini.


Tempe bisa meningkatkan imun tubuh

Di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, menjaga imun tubuh tentu sangat perlu dilakukan. Untuk meningkatkan imun, orang-orang pun berlomba-lomba untuk mengonsumsi sejumlah multivitamin yang tak murah harganya. Namun ternyata, mengonsumsi tempe juga bisa membantu tubuh untuk meningkatkan sistem imun.


Dijelaskan oleh Qonita, kandungan gizi tempe yang bisa meningkatkan imun ada banyak sekali. Seperti kita tahu, tempe adalah sumber protein, khususnya protein nabati. Dimana protein ini berperan sangat penting untuk pembentukan antibodi, yang berperan penting untuk melawan bakteri dan virus yang masuk.


“Dalam 50 gram tempe, terdapat 6 gram protein. Jadi memang jumlahnya cukup banyak ya,” jelas Qonita.


Tak hanya kandungan protein nabatinya yang cukup banyak, menurut Qonita, tempe juga mengandung vitamin dan mineral lain untuk membantu sistem imun. Salah satunya ada vitamin B12, yang biasanya juga terkandung dalam protein hewani, namun juga terkandung dalam tempe.


Tak berhenti di situ, dalam tempe juga terkandung tiamin, fosfor, kalsium yang juga berperan untuk meningkatkan imun tubuh. Tak hanya itu, tempe juga mengandung antioksidan seperti isoflavon, flavonoid, tokoferol.


Menjaga kesehatan pencernaan

Kebaikan tempe tak berhenti di situ saja. Menurut Qonita, tempe juga mengandung bakteri baik yang dinamakan probiotik. Probiotik sendiri adalah bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya untuk menjaga kesehatan pencernaan.


Qonita menjelaskan, meski probiotik lebih bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, namun ternyata masih berhubungan dengan imun tubuh. Menurutnya jika sistem pencernaan sehat, maka hal tersebut juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh lebih baik dan sehat.


Manfaat tempe untuk anak-anak dan ibu hamil

Qonita menjelaskan bahwa anak-anak dan ibu hamil masuk dalam kelompok yang boleh dan aman mengonsumsi tempe. Bahkan tempe bisa diberikan untuk bayi yang baru memulai MPASI. Tempe bisa menjadi alternatif sumber protein nabati.


Kandungan tempe juga bisa untuk menjaga kesehatan pencernaan anak-anak dan balita dengan kandungan probiotik, seperti yang dijelaskan di atas. Tak hanya itu, antioksidan serta beberapa vitamin dan mineral dalam tempe juga baik untuk tumbuh kembang anak.


“Kandungan vitamin B12 baik untuk mencegah anemia pada anak. Serta menambah asupan kalsium untuk kesehatan tulang,” jelas Qonita.


Sementara pada ibu hamil, tempe baik dikonsumsi karena salah satu kandungannya adalah serat. Kebanyakan ibu hamil mungkin sering mengalami konstipasi karena perubahan metabolisme dan konsumsi suplemen selama hamil. Dan ternyata mengonsumsi tempe bisa mengurangi risiko tersebut.


Cara menyimpan tempe yang benar

Tempe memiliki daya simpan yang terbatas. Hal ini dikarenakan tempe bisa cepat membusuk, karena ada proses fermentasi. Qonita pun menjelaskan soal bagaimana menyimpan tempe yang benar agak tidak mudah membusuk. Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2018, jelas Qonita, mencoba membuktikan penyimpanan dengan suhu berapa yang membuat umur tempe lebih tahan lama.


Hasil dari penelitian tersebut membuktikan bahwa penyimpanan paling baik ada di suhu 5 derajat celcius. Sementara durasi waktu penyimpanan di suhu 5 derajat celcius adalah 13 hari, di suhu 15 derajat celcius adalah 5 hari, dan penyimpanan di suhu ruangan hanya bisa bertahan 2 hari.


“Di suhu 5 derajat celcius artinya disimpan di kulkas bagian bawah. Dan jangan dicampur dengan makanan beraroma tajam,” jelas Qonita.


Itu dia sejumlah manfaat tempe yang ternyata luar biasa, di balik harganya yang sangat terjangkau. Namun, meski tempe memiliki manfaat yang baik, tetap harus dibarengi dengan konsumsi gizi seimbang. Dan sejumlah hasil penelitian terkait dengan tempe yang meningkatkan imunitas sudah banyak dan terbukti. Itulah mengapa kita harus bangga dan sering mengonsumsi bahan pangan lokal seperti tempe.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.