Bantu Turunkan Berat Badan, Inilah Manfaat Selai Kacang

Selai kacang banyak dimanfaatkan untuk membuat roti tawar agar lebih terasa lezat. Oleh karena itu, ia sangat sering dikonsumsi di kala pagi atau menjadi selai pendamping menu makanan lain. Selai kacang selain mempunyai rasa yang enak, ia juga banyak mengandung manfaat terutama untuk program diet. Yuk, simak ulasan manfaat selai kacang berikut ini! 

1. Mampu Membantu Berat Badan Lebih Ideal 

Manfaat selai kacang pertama ialah mampu membantu berat badan lebih ideal dengan mengurangi berat badan berlebihan. Kacang-kacangan telah terbukti mampu membuat berat badan berkurang. Hal ini karena, kacang tanah mempunyai protein lebih besar daripada kacang lainnya. 
Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung banyak lemak sehat yang berserat tinggi. Kandungan protein dalam kacang mampu mencegah asupan kalori berlebih dari asupan diet yang seharusnya. Kacang juga mampu membantu sistem kerja metabolisme tubuh. 

2. Memberi Rasa Kenyang Lebih Lama

Kandungan gizi lemak tak jenuh dan protein yang dilengkapi nutrisi dalam selai kacang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama pada lambung. Oleh karena itu, lengkapi menu sarapan dengan roti dan selai kacang agar dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan menunda rasa lapar. Oleskan selai kacang sebanyak 2 sdm setiap pagi. 

3. Melawan Batu Empedu dalam Tubuh

Mencegah adanya batu empedu adalah manfaat dari selai kacang yang bisa diperoleh setelah mengkonsumsinya. Penyebab dari penyakit ini biasanya adalah kelebihan berat badan, diet ketat, dan obat-obatan jenis tertentu. Pada umumnya, batu empedu juga muncul karena kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam cairan empedu, makanya berubah menjadi batu dalam empedu. Riset telah membuktikan bahwa konsumsi selai kacang secara rutin akan mencegah dan menurunkan risiko terjangkit penyakit batu empedu. 

4. Membantu Kadar Gula Darah Tetap Normal 

Manfaat dari selai kacang selanjutnya adalah mampu menormalkan kadar gula dalam darah. Kacang tanpa tambahan gula mempunyai kandungan karbohidrat yang kecil dan sangat sesuai untuk dikonsumsi oleh pasien yang menderita diabetes. Jadi, selai kacang ini mampu menurunkan risiko seseorang terserang penyakit diabetes tipe 2 dengan cara mengontrol kadar gula dalam darah dan kandungan magnesium di dalam tubuh.banner consideration promotion bg blue 

5. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Manfaat selai kacang juga dapat dirasakan untuk kesehatan kaum wanita. Selai kacang mampu menurunkan risiko kanker pada payudara. Kanker payudara adalah sebuah penyakit yang sangat berbahaya untuk kaum wanita. Namun, risiko terserang penyakit ini akan berkurang bila rajin konsumsi selai kacang. Selain itu, konsumsi kacang kedelai dan minyak sayur pun dipercaya dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker payudara. 

6. Meminimalisir Rasa Stres 

Manfaat dari selai kacang juga bisa dirasakan ketika mengalami stres. Ia dipercaya mampu melawan efek stres manusia. Sebuah riset telah membuktikan bahwa, kandungan beta  sitosterol pada kacang dapat membantu kadar kortisol yang tinggi menjadi normal dan membawa zat tersebut seimbang dengan hormon lainnya selama tubuh mengalami stres. Manfaat kandungan beta sitosterol lainnya juga mampu membuat sistem daya tahan tubuh meningkat. 

7. Melawan Alergi Terhadap Kacang-kacangan 

Konsumsi selai kacang-kacangan saat hamil bisa membantu mengurangi risiko anak terjangkit alergi kacang. Suatu riset baru di Universitas Wisconsin membuktikan kalau, ibu hamil yang jarang makan kacang-kacangan kurang dari seminggu sekali lebih berisiko mempunyai bayi yang menderita alergi pada kacang-kacangan. 

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Selai kacang mempunyai beragam nutrisi yang mampu menjaga kesehatan jantung, seperti lemak tidak tersaturasi, magnesium, dan vitamin E. Selai kacang mampu menurunkan resiko terserang penyakit jantung dan menambah komposisi lemak dalam darah. Jadi sebaiknya, oleskan selai kacang pada sarapan di setiap pagi secara rutin. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Nah, itulah ulasan tentang beragam manfaat selai kacang yang membantu turunkan berat badan dan manfaat lainnya. Setelah mengetahui manfaat ini, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi selai kacang ya Lemonizen! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami