Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Banyak Dijadikan Obat Herbal, Simak 4 Manfaat Daun Kelor Menurut Sains

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
13 Oct 2020
Clock Icon
2 menit
Banyak Dijadikan Obat Herbal, Simak 4 Manfaat Daun Kelor Menurut Sains
Daun kelor atau moringa oleifera merupakan tanaman yang selama ribuan tahun diyakini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini sangat kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman bioaktif.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 manfaat daun kelor menurut sains.

1. Daun kelor sumber vitamin dan mineral baik

Daun kelor merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Sebanyak 21 gram daun kelor segar mengandung banyak sekali nutrisi. Diantaranya adalah protein, vitamin B6, vitamin C, besi, ribloflavin, vitamin A dari beta-karoten, dan magnesium.

Di beberapa negara, daun kelor dijual dalam bentuk suplemen makanan, baik dalam bentuk bubuk maupun kapsul. Sayangnya, mengonsumsi daun kelor dalam bentuk kapsul tidak memasok cukup banyak nutrisi.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi daun kelor segar sebagai sumber nutrisi yang penting. Di banyak wilayah di Indonesia, daun kelor tumbuh subur dan sangat  mudah ditemukan.

2. Daun kelor kaya akan antioksidan

Radikal bebas yang tinggi mampu menyebabkan stres oksidatif yang berhubungan dengan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Oleh sebab itu, tubuh sangat membutuhkan asupan antioksidan yang tinggi. Senyawa antioksidan ini salah satunya dapat ditemukan pada daun kelor.

Selain itu, daun kelor juga kaya akan quercetin, antioksidan kuat yang mampu menurunkan tekanan darah, dan Asam Klorogenat yang mampu menurunkan gula darah.

Sebuah studi menemukan, mengonsumsi 1,5 sendok teh atau 7 gram bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan mampu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah.


3. Mampu Mengurangi Peradangan

Peradangan merupakan respon alami tubuh terhadap infeksi. Ini adalah mekanisme perlindungan yang penting namun bisa menjadi masalah kesehatan jika dibiarkan berlanjut untuk waktu lama.

Sebagian besar buah, sayur, bumbu, dan rempah utuh memiliki sifat anti-inflamasi. Sejauh mana bahan-bahan tersebut mampu mengobati peradangan bergantung pada jumlah senyawa anti-inflamasi yang terkandung.

Para ilmuwan percaya bahwa senyawa utama anti-inflamasi, yakni isothiocyanates terdapat pada daun kelor. Namun, penelitian lebih lanjut terhadap manusia terkait dengan sifat anti-inflamasi pada daun kelor masih dibutuhkan.

4. Mampu menurunkan kolesterol

Kolesterol yang tinggi kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, ada banyak bahan alami yang secara efektif mampu mengurangi kolesterol, salah satunya adalah daun kelor.

Sebuah studi yang dilakukan pada hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor mampu menurunkan kolesterol. Dengan demikian, daun kelor mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.