Banyak Khasiat, Inilah 6 Manfaat ginseng dan Cara Mengolahnya

01 Jul 2020 @ 16:01:21
Tanaman ginseng Jawa atau Talinum paniculatum adalah salah satu tanaman herbal yang dapat diperoleh di Indonesia. Ginseng bisa ditemukan di pasar tradisional. Akar tanaman ginseng memiliki banyak manfaat sebagai obat tradisional. Ginseng dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Simak ulasan 6 manfaat ginseng dan cara mengolahnya berikut ini! 

1. Menghambat Proses Penuaan Dini 



Manfaat ginseng yang pertama adalah dapat mencegah proses penuaan dini. Ginseng dipercaya dapat meminimalisir tanda-tanda penuaan. Hal ini disebabkan oleh sifat antioksidan yang ada pada ginseng. Antioksidan di dalamnya mampu mencegah dampak negatif dari radikal bebas pada tubuh yang bisa merusak sel-sel sehat. Selain itu, ia juga bisa menambah sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit jantung. 

2. Mengatur Diabetes



Manfaat dari ginseng juga bisa didapat untuk penderita penyakit diabetes. Ginseng sudah teruji mampu membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Tanaman herbal ginseng mampu membantu mengontrol penyerapan glukosa dalam tubuh. Akhirnya, membuat tubuh terproteksi dari kenaikan gula darah tiba-tiba yang sangat berbahaya. 

Menurut riset yang diterbitkan di American Journal of Chinese Medicine tahun 2005 menyatakan kalau ginseng termasuk akar, buah, dan daun bisa mengatasi diabetes. Tetapi harus selalu diingat jika ingin mengkonsumsi ginseng, akan lebih baik untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelumnya. 

3. Mengobati Rasa Stres



Manfaat dari ginseng yang juga bagus untuk tubuh adalah mampu mempengaruhi sistem saraf tubuh dalam berbagai cara, seperti merangsang metabolisme dan menambah tingkat energi. Kedua hal tersebut bisa membantu kurangi stres dan kecemasan yang ada dalam tubuh. Ginseng mengandung senyawa adaptogen yang bertugas dalam hal ini. Adaptogen ini bisa mengganggu kadar hormon yang diproduksi tubuh ketika stres. Sehingga, ginseng mampu mengurangi kadar hormon stres pada tubuh dan membantu membuat suasana hati yang lebih bagus. 

4. Meningkatkan Kemampuan Berpikir 



Manfaat ginseng selanjutnya ialah menambah kemampuan berpikir atau kognitif. Riset yang diumumkan oleh The Cochrane Library menyatakan jika ginseng memiliki sejumlah manfaat untuk kognitif, perilaku, dan kualitas hidup. 

Konsumsi ginseng pada anak diyakini mampu memperkuat tingkat konsentrasi dan fokus. ginseng mengandung antioksidan yang mampu membantu memerangi radikal bebas yang bisa merusak sel di otak. Sehingga, ginseng pun bisa mencegah demensia, Alzheimer, dan gangguan kognitif lainnya. 

5. Melawan Kanker



Kandungan antioksidan yang ada di dalam ginseng mampu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga bisa mencegah bahaya penyakit kanker ke dalam tubuh. Kandungan ginsenosida yang ada pada ginseng pun memiliki sifat anti tumor yang mampu mencegah berkembangnya sel-sel kanker. Satu jenis kanker yang bisa diatasi penyembuhannya dengan ginseng ialah kanker usus besar. Riset sudah membuktikan kalau konsumsi ginseng mampu mengurangi tingkat penyebaran kanker kolorektal. 

6. Mengobati Ejakulasi Dini 



Manfaat ginseng untuk pria juga bisa mengatasi ejakulasi dini. Guna mengatasi problem ejakulasi dini, salep dari berbagai bahan herbal termasuk ginseng ternyata cukup bermanfaat. Apabila dibandingkan dengan obat kosong, salep ginseng ini lebih unggul sedikit. Namun, untuk pemilik problem ejakulasi dini yang tidak terlalu serius, ginseng teruji mampu membantu menunda ejakulasi ketika bercinta. Namun, penelitian yang lebih lanjut memang masih diperlukan untuk membuktikan keefektifan pengobatan herbal dengan ginseng untuk soal ejakulasi dini pria.

Untuk cara pengolahan ginseng sendiri termasuk mudah dan beragam, yaitu bisa dengan menumbuk daunnya, mencampurkannya ke makanan, ditumis, dibuat minuman campuran teh, dan lain-lainnya. Selain itu ginseng juga telah banyak dijual dalam bentuk kapsul atau suplemen yang sehat dan bisa dikonsumsi dengan mudah. Sehingga manfaat ginseng bisa dikonsumsi dengan lebih luas lagi. 

Artikel Terkait

6 Manfaat Daun Mint yang Kamu Harus Tahu
Tidak hanya digunakan sebagai penambah aroma dan rasa, nyatanya ada banyak manfaat daun mint untuk kesehatan loh!..
Rizki Indra
28 Oktober 2020
6 Manfaat Daun Sukun dan Cara Pengolahannya yang Benar
Tidak hanya buahnya yang bisa dimanfaatkan, nyatanya manfaat daun sukun juga dikenal baik untuk kesehatan loh!..
Rizki Indra
28 Oktober 2020
Jarang Diketahui Manfaat Ciplukan Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Seringkali ditemukan disekitar kita, ternyata manfaat ciplukan sangat banyak untuk kesehatan tubuh loh!..
Rizki Indra
28 Oktober 2020