Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Banyak Macam Olahan Kedelai, Inilah 5 Manfaat Kedelai untuk Tubuh Manusia

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Manfaat Kedelai
Salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki nama latin Glycine max, atau yang lebih familiar dikenal dengan kacang kedelai merupakan salah satu bahan yang dapat diolah menjadi berbagai macam panganan. Mulai dari tahu, tempe, bahkan kecap menggunakan kedelai sebagai bahan utamanya. Tapi, tahukah kamu apa saja manfaat kedelai bagi tubuh?

1. Pengganti Susu Sapi


Manfaat pertama dari kedelai adalah bisa berfungsi sebagai pengganti susu sapi. Bagi anak yang alergi dengan kandungan laktosa susu sapi, kandungan nutrisi dalam kedelai bisa menggantikan asupan nutrisi harian yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. 
Keamanan susu kedelai ini telah diuji dan dibuktikan dengan adanya produk susu formula dari susu kedelai yang dapat digunakan untuk menggantikan susu sapi. Susu kedelai ini juga sangat bagus dikonsumsi pagi pecinta vegetarian. Karena kandungan di dalamnya yang tidak kalah tinggi dengan kandungan yang terdapat di dalam susu sapi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung



Selain bermanfaat bagi anak maupun orang yang alergi dengan kandungan laktosa, faktanya kedelai juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kedelai merupakan salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan juga mengontrol tekanan darah, sehingga dalam hal ini kedelai berpotensi untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, manfaat kedelai juga bisa melancarkan  tekanan darah, sehingga dalam hal ini erat kaitannya dengan fungsinya menjaga jantung bekerja tetap baik. Dengan mengonsumsi kedelai ini, kadar kolesterol dan tekanan darah normal, maka risiko penyakit kardiovaskular juga akan berkurang.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi



Kandungan kalsium tinggi yang terdapat di dalam kedelai bermanfaat bagi kesehatan tulang dan sendi. Selain kalsium, kedelai juga mengandung magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang.
banner consideration promotion bg blue
Dengan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi kedelai secara rutin dapat menjaga kesehatan tulang dan menurunkan risiko pengeroposan tulang. Tidak hanya itu, kandungan isoflavon yang terdapat di dalam kedelai juga dapat memelihara sendiri dan mengatasi gejala radang sendi.

4. Mengontrol Berat Badan



Manfaat kedelai berikutnya adalah khasiatnya untuk mengontrol berat badan. Hal ini karena kedelai merupakan salah satu makanan yang memiliki kadar glikemik indeks rendah dan sangat baik untuk dikonsumsi untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Dalam hal ini, tidak heran jika banyak orang yang menjadikan kedelai sebagai camilan sehat penurunan berat badan.

Meskipun demikian, kedelai juga dipercaya dapat membantu meningkatkan berat badan jika dikonsumsi dalam kadar tertentu. Hal ini terjadi karena adanya kandungan protein dan serat yang tinggi dalam kedelai. Jadi apa yang kamu inginkan, entah itu untuk menggemukkan atau menguruskan badan, bisa diatur sesuai kadarnya ketika mengonsumsi kedelai ini.

5. Meningkatkan Sistem Imun



Manfaat kedelai selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh menghadapi virus yang masuk. Hal ini sangat bermanfaat melihat di era pandemi covid-19 ini yang membuat tubuh rentan terkena penyakit. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi kedelai secara rutin.

Dalam hal ini karena kedelai mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat melawan radikal bebas yang membahayakan tubuh. Jika imunitas seseorang terjaga, maka tubuh akan dapat terlindungi dari berbagai macam patogen yang dapat menginfeksi tubuh.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah lima manfaat kedelai bagi kesehatan. Banyak sekali jenis olahan kedelai yang bisa kamu manfaatkan. Mulai dari tahu, tempe, kecap, susu kedelai, yoghurt, dan lain sebagainya. Yuk, tingkatkan konsumsi kedelai kamu! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.