Banyak Manfaat Wortel, Inilah yang Dirasakan Jika Rutin Mengkonsumsi

30 Jun 2020 @ 17:34:57
Selain warnanya yang mencolok dan rasanya yang cenderung manis, wortel juga kaya akan manfaat. Tentunya berbagai manfaat wortel tersebut hanya akan dirasakan oleh orang-orang yang mengkonsumsinya dengan rutin. Wortel sendiri kaya akan manfaat karena mengandung vitamin K, E, C, B dan A.

Selain itu, wortel juga mengandung potasium, serat, zat besi, kalsium dan juga antioksidan yang membuat tubuh lebih sehat dan aman dari penyakit. Selain itu, berbagai kandungan sayur ini juga bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian orang yang mengkonsumsinya.

Wortel sendiri bisa dikonsumsi baik mentah maupun diolah. Hanya saja, manfaat wortel mentah itu lebih bagus dibandingkan dengan wortel yang dimasak. Pasalnya, berbagai vitamin yang ada di dalamnya masih terjaga. Inilah manfaat dari wortel yang sangat baik untuk kesehatan. 

1. Membuat Kulit Bebas dari Masalah



Seperti yang sudah disebutkan, wortel mempunyai kandungan vitamin C di dalamnya. Kandungan inilah yang berperan dalam membuat kulit menjadi bebas dari masalah. Vitamin C sendiri diketahui mampu mempercepat proses penyembuhan luka maupun trauma.

Selain itu, sebagai sumber antioksidan wortel juga bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh. Dari sini kamu tentu sudah bisa meraba apa manfaat wortel untuk wajah bukan? Bahkan karena kandungannya pula, wortel ini bagus dikonsumsi oleh kamu yang mempunyai sejumlah masalah kulit seperti psoriasis (peradangan) atau kulit kering.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Mata



Bisa dikatakan bahwa ini adalah manfaat yang paling terkenal. Manfaat wortel untuk mata ada karena wortel mempunyai kandungan beta karoten yang merupakan perwujudan dari vitamin A. 

Kandungan ini diketahui mampu melindungi indra penglihatan dari beragam gangguan seperti glaukoma, katarak, degenerasi makula dan xerophthalmia.
Selain itu, wortel akan membantu melindungi lensa mata serta retina. Bahkan wortel juga mampu menghindarkan seseorang dari kebutaan dan penurunan daya penglihatan yang diakibatkan oleh bertambahnya usia.

3. Memperkuat Fungsi Otak



Berkat kandungan beta karoten, bukan hanya mata saja yang terjaga kesehatannya, tetapi fungsi otak juga. Diketahui bahwa dengan mengkonsumsi beta karoten ini fungsi kognitif bisa meningkat dan risiko terjadinya demensia dapat dikurangi.

Hal ini dikarenakan kandungan tersebut sekaligus mengurangi risiko stres oksidatif yang dapat membuat kemampuan saraf mengenali rangsangan melemah. Lebih lanjut lagi, risiko masalah-masalah yang terkait dengan ingatan akibat bertambahnya usia juga dapat dikurangi oleh sayuran satu ini.

4. Membantu Mengontrol Kolesterol dan Tekanan Darah



Wortel juga mempunyai peran penting dalam mengontrol kadar kolesterol. Sementara seperti yang kamu tahu, kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat memicu penyakit yang berbahaya seperti stroke dan juga jantung.

Selain itu, dalam wortel juga terdapat kalium yang akan membuat tekanan darah kamu menjadi lebih terkontrol. Hal ini dikarenakan kalium tersebut mampu menyeimbangkan cairan tubuh dengan natrium atau kadar garam.

5. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh



Karena wortel mengandung vitamin C, tentu tidak heran jika wortel juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karenanya, mengkonsumsi jus wortel ketika kamu tengah flu adalah keputusan yang tepat. Selain itu, wortel ini juga akan membantu mencegah terjadinya peradangan sekaligus kerusakan sel. 

6. Membantu Menurunkan Risiko Kanker



Mengkonsumsi wortel secara rutin juga bisa melindungi tubuh dari risiko kanker seperti kanker prostat dan kanker payudara. Disamping itu, orang yang sudah pernah mengalami kanker jika rutin mengkonsumsi wortel maka potensi kambuhnya penyakit tersebut dapat dicegah.

Jika melihat berbagai manfaat wortel di atas, tidak ada salahnya jika kamu mulai rutin mengkonsumsinya dari sekarang. Namun, walaupun bermanfaat, tetap kamu tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Pastikan juga bahwa kamu mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan lainnya dan jangan lupa untuk memastikan kebersihannya sebelum dikonsumsi ya! 


Artikel Terkait

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Tubuh Manusia
Selain dikenal memiliki rasa yang menyegarkan, inilah manfaat air kelapa muda yang sangat baik untuk tubuh..
Rizki Indra
23 Oktober 2020
5 Manfaat Pepaya, Selain Bagus untuk Pencernaan
Selain untuk pencernaan, ternyata masih banyak sekali manfaat pepaya yang harus kamu ketahui untuk kesehatan..
Rizki Indra
23 Oktober 2020
Ketahui 5 Manfaat Buah Mengkudu dan Cara Pengolahannya
Mengkudu memang dikenal sebagai buah yang mengandung banyak manfaat, inilah manfaat buah mengkudu untuk kesehatan..
Rizki Indra
23 Oktober 2020