Bebas Kimia, 5 Pilihan Anti Serangga Alami yang Ampuh Bikin Serangga Kabur!

30 Mei 2018 @ 18:56:15
Serangga terkadang jadi salah satu yang mengganggu ketika bersantai ataupun melakukan aktivitas. Beberapa jenis serangga yang banyak muncu antara lain nyamuk, semut, kecoa, ataupun lalat. Tak ayal, kamu akhirnya menggunakan semprotan anti serangga untuk mengusir serangga dan membuat waktu santai atau bekerjamu kembali nyaman. 

Sayangnya, tidak semua semprotan ataupun body lotion anti serangga bagus untuk kesehatanmu. Semprotan bisa mengganggu pernafasan dan membuat sesak nafas, sementara body lotion bisa menyebabkan iritasi dan kemungkinan termakan oleh anak-anak. Untuk itu, kamu bisa coba beberapa varian alami yang juga tak kalah ampuh untuk mengusir serangga.

Minyak Kelapa



Minyak kelapa sudah lama dikenal punya manfaat alami untuk tubuh, utamanya untuk melembabkan kulit dan merawat rambut. Namun, minyak kelapa juga bisa jado lotion anti nyamuk yang ampuh sehingga waktu santai dan bekerjamu bisa bebas tanpa gangguan nyamuk. Di waktu yang bersamaan, kulitmu juga akan sehat dan lembab. 

Lavender



Lavender juga dikenal sebagai salah satu jenis bunga yang punya manfaat untuk tubuh manusia, salah satunya sebagai lotion atau semprotan anti nyamuk. Kamu bisa menggunakannya jika lavender sudah dikemas dalam bentuk essential oil. 

Caranya, kamu bisa masukkan beberapa tetes essential oil ke dalam botol dan tambahkan sedikit air. Sesudah itu, kamu bisa semprotkan ke bagian kamarmu atau tempat lain yang diinginkan. 

Sereh (Lemongrass)


Sebagai tanaman yang mempunyai bau yang cukup khas, sereh (lemongrass) diketahui tidak disukai oleh serangga, terutama nyamuk dan kecoa. Untuk itu, tanaman alami ini bisa kamu jadikan anti serangga alami yang bebas kimia, namun ampuh. 

Caranya, kamu bisa potong batang sereh jadi beberapa potong dan letakkan di dalam wadah. Kemudian, letakkan di sudut ruangan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan sesuatu yang praktis dalam bentuk Lemongrass Essential Oil. Kamu perlu mencampurkan beberapa tetes essential oil dan air dalam sebuah botol, lalu semprotkan ke dalam ruangan. 

Lemon / Orange 



Dua jenis buah-buahan sitrus ini memang dikenal punya manfaat untuk menghalau keberadaan serangga di sekitar kamu ketika bersantai dan bekerja. Bau yang ditimbulkan keduanya membuat nyamuk atau serangga lain kabur dan tidak mendekat. 

Untuk membuat anti serangga alami ini, jangan buang kulit jeruk atau lemon yang kamu konsumsi. Taruh pada sebuah wadah dan letakkan di sudut ruangan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan versi praktisnya yaitu lemon dan orange essential oil. Campurkan air dan essential oil, lalu semprotkan ke ruangan atau tempat yang dituju.

Eucalyptus (Minyak Kayu Putih)


Anti serangga alami yang terakhir adalah Eucalyptus oil (minyak kayu putih). Minyak ini dibuat dari daun tanaman kayu putih yang diperas dan didapatkan sarinya. Minyak kayu putih ini mempunyai manfaat untuk mencegah kembung, masuk angin, dan panas demam. 

Untuk mengubahnya menjadi anti serangga alami, kamu bisa membalurkan ke tubuhmu dan serangga akan bergerak menjauh. Selain itu, kamu juga bisa menghindarkan diri kamu dari serangan masuk angin, perut kembung, mual, dan sakit kepala. 

Artikel Terkait

Bermanfaat, Inilah 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Lambung Walaupun Berpuasa
Ketika bulan Ramadhan tiba, berpuasa menjadi salah satu ibadah yang wajib untuk dilakukan. Perlu trik dan tips yang akur..
OT Handoko
05 Juni 2018
Membiasakan Si Kecil Puasa Sehat, Begini Cara Kamu Memulainya!
Ramadan telah tiba, ini saatnya kamu dan keluarga mulai berpuasa. Biasanya, kamu dan keluarga butuh waktu adaptasi untuk..
OT Handoko
24 Mei 2018
Supaya Puasamu Lancar dan Berfaedah, Jauhkan 5 Hoaks Tentang Puasa Ini Ya, Guys!
Wah, sudah nggak terasa kita sudah masuk bulan Ramadhan nih, Guys. Sudah persiapan apa nih supaya pu..
OT Handoko
17 Mei 2018