Beberapa Cara Menjaga Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

14 Mei 2020 @ 17:28:58
Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peranan penting untuk tubuh. Sistem imun yang baik bisa membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, sistem imun tubuh harus dijaga mengingat sedang maraknya virus Corona seperti sekarang. Lalu, bagaimana cara menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah sakit? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Mengonsumsi Buah dan Sayuran



Salah satu cara menjaga imunitas tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Meskipun terdengar sepele, nyatanya banyak orang yang mengabaikan pola hidup sehat ini. Salah satu cara mudah untuk memulai hidup sehat ini adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, protein, dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengonsumsi buah dan sayuran bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam menghadapi serangan virus maupun bakteri penyebab penyakit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi buah dan sayuran cenderung tidak mudah sakit. Mengingat asupan gizi kompleks yang ada di dalamnya.

2. Cukup Istirahat



Istirahat yang tidak cukup bisa membuat tubuh mudah lelah dan terserang berbagai macam penyakit. Pola tidur yang normal untuk orang dewasa umumnya 7-8 jam, atau 9-10 jam untuk remaja. Tidur yang cukup nyatanya bisa membuat pikiran kembali fresh dan bugar. Tidak mudah stress sehingga menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh. Bila tubuh mendapatkan istirahat yang cukup maka tubuh akan memproduksi antibodi atau zat kekebalan tubuh yang dapat mencegah infeksi virus.

3. Berolahraga



Olahraga sangat disarankan untuk menjaga imunitas tubuh agar bisa melawan bakteri maupun virus. Umumnya, dalam satu hari disarankan untuk berolahraga selama 30 menit. Olahraga ini bisa dimulai dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki, lari-lari kecil, atau hanya sekedar push up.

4. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih



Cara menjaga komunitas tubuh yang sering diabaikan adalah mengonsumsi air putih. Meskipun berwarna putih dan tidak mempunyai tampilan menarik, nyatanya minum air putih mempunyai segudang khasiat untuk tubuh.

Salah satu manfaat air putih untuk tubuh adalah meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit, memberikan oksigen ke seluruh tubuh, melumasi sendi, dan melancarkan sistem pencernaan, dan mencegah masuknya zat-zat negatif yang terdapat di dalam tubuh.

5. Mengonsumsi Suplemen



Cara menjaga imunitas tubuh yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi suplemen. Suplemen atau vitamin tambahan tubuh nyatanya juga berperan penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Mengonsumsi suplemen nyatanya juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk melengkapi pola makanan yang kurang bernutrisi. Beberapa kandungan suplemen yang bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh antara lain:

a. Echinacea. Suplemen yang mengandung echinacea cukup direkomendasikan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, echinacea juga bermanfaat sebagai anti virus, anti radang, dan juga sebagai antioksidan. Manfaat lain dari echinacea ini adalah membantu pertumbuhan sel, dan juga mengontrol tekanan darah maupun kadar gula dalam darah.

b. Morindacitrifolia atau buah mengkudu ternyata mengandung berbagai zat yang dibutuhkan untuk tubuh. Manfaat dari suplemen ini adalah meningkatkan stamina, maupun kekebalan tubuh, dan juga memperbaiki kerusakan sel.

c. Suplemen yang mengandung Vitamin B6, C, dan E. Ketiga vitamin ini memberi manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

Itulah kelima cara menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terserang virus maupun penyakit. Dengan menerapkan berbagai cara ini, semoga bisa meningkatkan kekebalan kita terhadap banyak penyakit, apalagi di tengah pandemi seperti ini. Jangan lupa jaga kesehatan dan tetap semangat ya Lemonizen!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020