Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Beberapa Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Atasi susah tidur dengan cara mengatasi susah tidur yang benar.
Mengalami susah tidur akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena tubuh akan akan terasa lesu dan kurang bersemangat di pagi harinya. Untuk itu kamu perlu melakukan cara mengatasi susah tidur agar waktu istirahat tercukupi. Susah tidur umumnya disebabkan oleh rasa stres dan kebiasaan tidur yang tidak teratur. Selain itu makan terlalu banyak menjelang tidur juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman ketika berbaring yang membuat susah tidur.
banner consideration shipping bg blue

Jika masalah ini tidak segera diatasi dapat memicu terserang berbagai penyakit berbahaya. Pada sebagian orang menangani susah tidur dengan mengkonsumsi obat, namun hal tersebut tidak baik dilakukan dalam jangka panjang yang akan membuat ketergantungan. Inilah beberapa cara mengatasi susah tidur yang bisa kamu lakukan tanpa obat:

1. Tata Ulang Ruang Tidur Senyaman Mungkin



Salah satu hal yang harus diperhatikan agar kamu mudah tidur yaitu dengan menata ruang tidur kamu menjadi lebih nyaman. Anda akan lebih nyaman dan rileks dengan menggunakan lampu kamar yang redup. Selain itu atur suhu ruangan kamu agar tidak terlalu panas atau dingin. Gunakan tempat tidur yang nyaman, jangan gunakan tempat tidur yang terlalu keras karena dapat membuat badan terasa tidak nyaman.

2. Membuat Jadwal Tidur



Disiplinkan diri kamu sendiri dengan membuat jadwal tidur yang teratur. Tentukan jam berapa kamu akan pergi tidur dan juga bangun di pagi harinya. Misalnya jam 10 malam adalah waktu yang kamu tentukan untuk tidur dan jam 6 pagi untuk bangun. Lakukan jadwal tidur tersebut secara rutin agar kamu memiliki waktu istirahat yang berkualitas.

3. Rajin Berolahraga



Melakukan olahraga secara teratur sangat baik untuk kesehatan. Tidak hanya dapat mencegah terserang berbagai penyakit, rajin berolahraga juga dapat mengatasi susah tidur. Namun tetap lakukan olahraga yang sesuai dengan kemampuan kamu, jangan terlalu memaksakan diri. Berjalan atau sekedar jogging ringan bisa kamu lakukan untuk mengatasi susah tidur.

4. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein



Hindari mengkonsumsi kopi dan teh terutama saat menjelang malam hari. Itu karena kafein dapat mengganggu proses tidur kamu, kafein juga dapat bertahan selama 24 jam dalam tubuh. Sehingga sebaiknya dihindari dan minumlah susu sebagai gantinya. Susu juga sangat baik dikonsumsi menjelang tidur karena dapat membantu kamu tidur lebih cepat.
banner consideration promotion bg blue

5. Hindari Makanan dan Minuman Beralkohol



Tidak hanya kafein, makanan dan minuman yang mengandung alkohol juga dapat mengganggu proses istirahat kamu. Untuk itu, disarankan menghindari mengkonsumsi minuman beralkohol terutama saat malam hari.

6. Berhenti Merokok



Selain sangat merugikan untuk kesehatan tubuh, merokok juga dapat membuat kamu susah tidur. Seorang perokok akan lebih sulit terlelap dan sering terbangun di sela-sela waktu tidurnya. Oleh sebab itu berhentilah merokok agar kualitas tidur kamu lebih baik. Jika sulit berhenti merokok secara total, kamu dapat melakukannya dengan bertahap. Dengan mengurangi jumlah rokok tiap harinya.

7. Batasi Penggunaan Gadget di Malam Hari



Membatasi diri menggunakan perangkat gadget saat menjelang tidur sangat perlu dilakukan. Ketika hendak tidur dan berbaring di atas tempat tidur jauhkan smartphone, tablet dan perangkat lainnya dari jangkauan kamu. Agar kamu dapat tidur dengan lebih tenang.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Semoga beberapa tips dan cara mengatasi susah tidur tersebut dapat membantu kamu untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas ya. Selain rajin berolahraga kamu juga perlu mengkonsumsi makanan sehat agar tubuh lebih bugar dan kualitas tidur terjaga dengan baik. Jadi, terapkan pola hidup yang sehat dan teratur agar kualitas tidur bisa selalu terjaga ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.