Begini Cara Membuat Bandrek, Minuman Penghangat Tubuh

30 Jun 2020 @ 17:44:22
Ada berbagai cara yang dilakukan untuk bisa mengusir hawa dingin, agar badan tetap hangat. Salah satunya dengan minum bandrek, minuman khas Sunda yang memang mampu menghangatkan badan. kamu pun tidak perlu keluar untuk membeli, sebab ada cara membuat bandrek yang mudah sehingga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Penyajian minuman bandrek ini juga beragam, sesuai dengan selera pembuatnya. kamu bebas mengkreasikan sendiri, bagaimana minuman bandrek yang sesuai dengan selera. Bisa ditambah dengan susu, bahan rempah – rempahnya ditambah serai, lada, telur ayam atau tambahan bahan yang lainnya.

Untuk sebutan dari minuman satu penghangat badan ini, memang sudah ada beberapa. Namanya pun tergantung dari daerah mana minuman bandrek itu dibuat serta bahan tambahan yang dipergunakan. Mulai Bandrek Susu Sunda, Bandrek Aceh, Bandrek Jawa Barat, Bandrek Jahe Merah Medan, Bandrek Susu Telur, Bandrek Susu Kacang Kedelai, Bandrek Susu Kelapa Muda serta masih banyak lagi.Setiap varian tersebut, pastinya memiliki keunikan dan cita rasa masing – masing, mulai dari bahan sampai cara penyajiannya.

Cara Membuat Bandrek yang Endesss



Kamu bisa membuat salah satu minuman yang resepnya sudah turun-temurun dari zaman nenek moyang ini dengan cukup mudah. Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengumpulkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Perlu diketahui, ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan dua gelas bandrek. Apabila kamu ingin membuat bandrek lebih banyak, maka bahan-bahannya pun bisa ditambahkan sesuai dengan keinginan.  

Siapkan dahulu bahan-bahan berikut ini: 
  1. 500 ml air
  2. 80 gr jahe (bakar dan memarkan)
  3. 4 butir cengkeh
  4. 2 sdm gula pasir
  5. 75 gram gula merah (iris halus)
  6. 6 cm kayu manis (atau bisa diganti dengan kayu manis bubuk)
  7. 2 lembar daun pkamun (dibuat simpul)
  8. Secukupnya garam
Cara pembuatannya adalah sebagai berikut:
  1. Pertama-tama, rebus air dalam panci dan tambahkan gula. Tunggu hingga air mendidih.
  2. Sambil menunggu air mendidih, kamu bisa membakar jahe di atas api, kemudian kupas kulitnya dan memarkan.
  3. Setelah airnya mendidih, kecilkan apinya kemudian tambahkan jahe yang sudah dibakar dan dimemarkan tadi, cengkeh, kayu manis serta daun pkamun yang sudah disimpul. Tunggu beberapa saat sampai aroma rempah keluar.
  4. Kemudian tambahkan garam secukupnya dan aduk racikan bandrek tersebut beberapa kali saja.
  5. Cobalah sedikit, apabila rasa yang diharapkan sudah sesuai, maka matikan api dan angkat panci dari atas kompor.
  6. Saring dan bandrek sudah siap disajikan.
Tips tambahan agar bandrek makin lezat:
  1. Minuman bandrek ini bisa juga disajikan dengan susu kental manis. kamu bisa menambahkan susu kental manis sebelum penyajian. Tambahkan sesuai selera.
  2. Apabila ingin mendapatkan cita rasa bandrek yang lebih pedas lagi, maka untuk jahe setelah dibakar bisa diiris tipis – tipis atau bisa juga diparut.

Minuman Bandrek Kaya Akan Manfaat



Bandrek menjadi minuman yang memiliki aroma khas karena kandungan beragam rempah -rempah di dalamnya. Aroma khas bandrek memang tidak terbantahkan. Selain mampu untuk menghangatkan badan setelah meminumnya, ternyata minum bandrek memberikan banyak  manfaat yang lain untuk kamu. 

Minuman rempah-rempah khas Sunda ini ini juga berkhasiat membuat pikiran menjadi rileks. Kandungan jahe dan rempah-rempahnya juga dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi masuk angin, perut kembung serta mencegah radang. 
Itulah cara membuat bandrek yang bisa dibuat sendiri di rumah. Kamu bebas mengkreasikan sendiri seperti apa varian minuman bandrek yang ingin kamu rasakan. Semoga resep ini bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba ya! 


Artikel Terkait

4 Cara Mengolah Kacang Almond Jadi Cemilan Sehat dan Enak
Mulai dari kacang almond panggang, dicampur oatmeal, hingga diolah menjadi kue pai..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
6 Pilihan Tepung Bebas Gluten untuk Hasilkan Makanan Sehat dan Nikmat
Masing-masing tepung bebas gluten ini memiliki rasa, tekstur, dan kandungan nutrisi yang berbeda..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Nagita Slavina dan Chef Juna Masak Bareng? Ada Menu Apa Nih?
Pangsit goreng viral pakai mie instan Lemonilo!..
Shella Rafiqah Ully
09 September 2020