Belajar Hidup Sehat dari Haykal Kamil, Our Lemonilo Crush Februari

24 Feb 2020 @ 22:50:30
Jarang terlihat di layar televisi, ternyata sekarang Haykal Kamil tengah menikmati peran barunya sebagai ‘ayah dan kepala rumah tangga’ juga sebagai creativepreneur.

Setiap bulannya, Lemonilo menghadirkan Lemonilo Crush sebagai pribadi-pribadi inspiratif yang sukses dibidangnya masing-masing dengan menjalankan pola hidup sehat. Lewat cerita dan penuturan inspiratif dari para Lemonilo Crush, Lemonilo berharap masyarakat Indonesia terdorong untuk beralih ke pola hidup yang lebih sehat setiap harinya.

Bulan Februari yang penuh kasih sayang ini, Lemonilo dengan bangga memperkenalkan Haykal Kamil sebagai Lemonilo Crush Februari. Aktor Indonesia ini berbagi kisah perjalanan sehatnya mulai dari vonis penyakit yang ia terima sebelum menikah dan pola hidup sehat yang ia terapkan bersama keluarga kecilnya setelah menikah. Haykal juga bercerita seputar kesibukannya saat ini.


Jarang kelihatan di televisi, apa kesibukan Haykal saat ini?

Saat ini karena sudah berkeluarga main job saya berubah menjadi seorang ayah dan kepala rumah tangga. Saya juga punya usaha di bidang halal lifestyle khususnya di bidang fashion muslim dan bikin konten di media sosial. Kalau shooting yang output-nya untuk televisi memang sudah nggak sesering dulu lagi karena sekarang sudah ada perbedaan prioritas.

Sebagai creativepreneur, apa definisi sukses menurut Haykal Kamil?

Saya menyebut diri saya sebagai creativepreneur, dengan mendefinisikan kreativitas sebagai modal utama dari bisnis. Orang-orang kerap bilang bahwa bisnis identik dengan modal berbentuk uang, tapi buat saya modal bukan hanya uang. Kreativitas adalah modal terbesar.

Saya encourage anak muda di luar sana untuk jangan takut bermimpi ketika kalian punya ide karena kreativitas yang kalian punya adalah modal kalian. “Bikin aja dulu sesuatu yang bagus, kalau memang ada jalannya biasa ngalir aja kok. Saya bisa bilang gini karena pernah ngalamin sendiri.” ujar Haykal.

Lalu, apa kiat sehat Haykal di tengah jadwal yang padat?

Selama tiga bulan terakhir saya mulai mencoba gaya hidup lebih sehat. Hal yang biasa saya lakukan adalah mulai mengganti nasi dengan shirataki tiap kali makan, mulai mengurangi konsumsi gula, dan minum jus setiap pagi. “Sekarang banyak banget anak muda didiagnosa menderita penyakit aneh jadi yang dikonsumsi harusnya lebih sehat,”

Saya juga selalu menyempatkan waktu untuk olahraga minimal seminggu dua kali. Biasanya jogging di sekitar rumah sekitar 30-40 menitan.

Apa yang membuat Haykal memutuskan mulai menerapkan hidup sehat?

Tahun 2011 saya pernah didiagnosa varikokel—pembesaran pembuluh vena dalam skrotum (kantong zakar) dan divonis nggak bisa punya anak (mandul). Saya sempat bertanya ke dokter apa penyebabnya, dan dari dokter saya dapat jawaban; makanan yang tidak sehat, pakaian yang terlalu ketat, dan gaya hidup yang tidak sehat. Sejak itu saya yakin pada istilah ‘apa yang kamu konsumsi sekarang akan mencerminkan hasilnya di masa akan datang’.

Apalagi, dari kecil saya memang menolak makan sayur dan buah-buahan. Sekarang saya sadar pola hidup ini harus dibenahi karena saya nggak ingin suatu hari nanti semua hasil kerja keras saya sekarang, semua materi yang saya punya, harus dipakai untuk biaya berobat karena sakit. Saya sadar bahwa investasi bukan hanya dalam bentuk materi tapi juga kesehatan fisik.

Apa kebiasaan sehat yang biasa diterapkan di keluarga kecilnya Haykal?

Saya biasanya olahraga bersama anak dan istri dua kali dalam seminggu, jadi sekalian quality time sama keluarga. Biasanya jogging bersama sambil ngobrol, bawa si kecil dorong sepeda, atau jalan sambil menggendong si kecil sebagai ‘beban’ yang dibawa tubuh.

Momen ini juga sekaligus mengajarkan anak lebih dekat sama kita, berinteraksi lebih baik dengan alam karena selama berjalan biasanya menemukan hal-hal yang menyenangkan. Si kecil bisa berinteraksi dengan hewan seperti kucing, mengenali burung dan mengenali tumbuhan seperti bunga-bunga. Jadi sekalian mengajarkan anak mencintai alam.



Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020