Belum Banyak diketahui, Inilah 6 Manfaat Kolang Kaling

16 Sep 2020 @ 18:13:31
Kolang-kaling menjadi salah satu makanan populer favorit semua orang. Makanan yang memiliki tekstur kenyal, lembut, dan juga memiliki rasa manis ini sering ditemukan untuk digunakan sebagai bahan campuran minuman es buah. Padahal, kolang kaling ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Apa saja manfaat kolang kaling? Yuk simak ulasan berikut.

1. Melancarkan Pencernaan



Kolang-kaling sering dijadikan sebagai makanan sumber serat. Hal ini karena kolang-kaling mengandung serat sebanyak 14,03%. Asupan serat yang tinggi ini dapat membantu memperlancar pencernaan kamu sehingga bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker usus, membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah kegemukan. 

Selain itu, kolang-kaling muda juga mengandung pati sebanyak 74,58%. Hal ini membuat kolang-kaling muda cocok dimanfaatkan sebagai makanan diet karena pati akan memberikan rasa cepat kenyang dan mengurangi nafsu makan. 

2. Sebagai Sumber Kalsium



Kolang-kaling bisa dimanfaatkan sebagai sumber kalsium untuk orang yang menderita intoleransi terhadap laktosa. Kondisi ini akan membuat tubuh penderita tidak bisa melerai laktosa, yaitu bentuk gula yang terdapat dalam susu dan produk olahannya.

Kandungan kalsium dalam kolang-kaling hampir sama dengan kandungan kalsium dalam susu sapi. Berdasarkan hasil penelitian, setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Angka ini hampir sama dengan kalsium dalam susu sapi yang berkisar 125 mg per 100 gram.

3. Sebagai Sumber Vitamin C



Semakin tinggi tingkat kematangan buah yang mengandung vitamin C, maka akan semakin tinggi pula kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Ini juga sama untuk kolang-kaling.

Pada 100 gram kolang-kaling yang paling matang, kadar vitamin C terkandung di dalamnya mencapai hingga 162 mg.  Lebih dari itu, vitamin C memiliki peran penting sebagai antioksidan dan membantu dalam meningkatkan kemampuan sel-sel sistem imun tubuh. Antioksidan yaitu senyawa yang mampu mengikat radikal bebas agar tidak melekat pada sel dan jaringan tubuh yang akan menyebabkan kerusakan. 

4. Mengurangi Nyeri Rematik



Hasil penelitian yang dilakukan di daerah Kumun, Jambi, telah menguatkan hasil dari dua penelitian sebelumnya, yaitu pemberian kolang-kaling pada lansia penderita osteoartritis berpengaruh pada penurunan skala nyeri rematik yang dirasakan oleh penderita. Rata-rata skala nyeri yang dirasakan oleh penderita osteoartritis sebelum mengkonsumsi kolang-kaling sekitar 5,62, sedangkan setelah mengkonsumsinya skala nyeri turun menjadi 3,31.

Hal ini terjadi karena kandungan senyawa galaktomanan yang ada dalam kolang-kaling mampu memberikan efek analgesik (anti nyeri), anti peradangan, dan mengurangi kaku pada sendi sehingga keluhan nyeri pada penderita osteoartritis dapat berkurang. Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi dalam kolang-kaling sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan sendi. 

5. Baik untuk Kulit



Saat panas matahari menyengat, kolang kaling sangat bermanfaat untuk kulit. Kandungan airnya yang banyak akan membuat badan menjadi dingin sehingga kulit yang kering pun dapat terbantu. Selain itu, sifat anti inflamasi yang terkandung di dalamnya dapat membantu meredakan kemerahan pada kulit yang terbakar matahari, terutama bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif.

6. Mencegah Dehidrasi



Kolang kaling bermanfaat untuk mengobati sensasi panas dalam. Kandungan airnya yang banyak dapat membantu agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Apalagi disaat cuaca sedang panas. Buah ini dapat membantu mengisi kembali mineral dan nutrisi yang hilang dari tubuh.

Setelah membaca 6 manfaat kolang kaling di atas, pastinya kamu sudah lebih aware lagi dengan khasiat dari kolang-kaling ya Lemonizen. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengkonsumsinya ya! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020