Belva Devara: Living Healthily and Passionately

09 Feb 2018 @ 19:04:22
Seiring dengan berjalannya waktu, Lemonilo terus mengembangkan sayapnya dalam memberikan wawasan dan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya hidup sehat dan bagaimana masyarakat bisa mewujudkan hidup sehat dalam 
kehidupannya. 

Ekosistem seperti inilah yang Lemonilo ingin wujudkan di masyarakat. Untuk itu, Lemonilo berusaha terus menginspirasi masyarakat dengan memberikan banyak inspirasi dan insight melalui orang-orang sukses yang kami pikir layak membagi cerita unik hidup sehat mereka kepada masyarakat. Orang-orang inilah yang kami beri nama Lemonilo Crush

Di bulan Februari yang penuh cinta ini, kami tidak hanya ingin memberikan sentuhan penuh cinta kepada Anda, melainkan hidup yang penuh semangat dan passionate bersama Belva Devara. Lelaki yang bernama lengkap Adamas Belva Syah Devara ini merupakan CEO dari Ruangguru.com, sebuah e-commerce yang bergerak dalam bidang pendidikan. 

Pria berusia 25 tahun ini menggaku tergerak untuk ikut serta dalam memajukan pendidikan Indonesia melalui jalan teknologi. Yuk, simak kisah Belva Devara dalam memajukan pendidikan di Indonesia dan menjaga tubuhnya tetap sehat! Check it out!

Cerita Sukses Ruang Guru

Bersama temannya, Iman Usman, Belva Devara ikut serta dalam memajukan pendidikan Indonesia lewat jalan teknologi pada tahun 2014. Ia mengaku bahwa pendidikan menjadi inspirasi besar bagi Belva dan Iman untuk turut membangun Ruang Guru. 

“Aku dan Iman bisa seperti saat ini juga berkat pendidikan, tapi sayangnya, banyak anak-anak yang lebih pintar dari aku malah tidak punya kesempatan yang sama. Jadi, kita ingin mencari tahu bagaimana sih caranya untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia dan kita berpikir bahwa teknologi adalah jawabannya,” ujar Belva kepada tim Lemonilo.

Selama 3 tahun, Belva dan Iman berjuang dalam membangun Ruang Guru untuk memfasilitasi banyak anak-anak Indonesia yang ingin mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan. Perjuangan ini membuahkan hasil. Total ada kantor di 10 kota dengan lebih dari 500 orang pegawai yang membantunya dalam mengembangkan Ruang Guru. 

“Kita bekerja sama pagi, siang, dan malam untuk membantu pemerintah, membantu orang tua, dan membantu para siswa untuk mendapatkan nilai akademis yang lebih baik, untuk Indonesia yang lebih baik juga,” ucap Belva memaparkan penjelasannya.

Tak hanya menceritakan soal guru, Belva juga membagikan inspirasi yang selalu membuatnya semangat terus menerus. “Aku pikir aku terinspirasi dari kerja keras. Bakat atau talenta hanya akan membawa kamu cukup jauh, tapi yang membuat Anda sukses adalah kerja keras. Anda mungkin saja tak sepintar orang lain, tapi Anda bisa saja bekerja dimanapun dan dengan siapapun.” 

“Aku juga terinspirasi juga dari sini karena di sini, aku bisa ketemu banyak orang, dari kepala dinas hingga kepala sekolah. Aku terinspirasi karena walaupun mereka sudah tua, tapi mereka tetap semangat untuk belajar lagi, tanya bagaimana menggunakan ruang guru atau bagaimana menggunakan internet. Mereka melakukan itu untuk anak didiknya. Itu yang membuat aku semakin semangat dan terinspirasi tentunya,” tambahnya. 

Hidup Sehat ala Belva Devara

Seperti Lemonilo Crush lainnya, Belva juga turut menceritakan hidup sehat yang ia lakukan setiap hari. Ia mengatakan bahwa hidup sehat baginya adalah hal yang cukup penting untuk dirinya terutama sebagai seorang entrepreneur.
 
“Sebagai entrepreneur, aku tidak boleh sakit. Aku takut sama yang namanya sakit Kalau orang lain bisa sakit hanya 2 minggu, aku bisa sakit 2 bulan. Jadi, aku sebisa mungkin menjaga hidupku supaya tidak gampang sakit. Aku selalu sempatkan untuk ke gym atau workout minimum 2 kali seminggu. Selain itu, juga kebiasaan kecil seperti aku tidak akan makan bagian makanan yang aku sentuh dengan tangan. Aku cukup takut dengan bakteri atau kuman,” ujar Belva memaparkan kiat hidup sehatnya. 

Belva juga menambahkan, ”Aku juga membiasakan untuk hidup bersih dan sesehat mungkin. Ini yang mungkin juga tidak banyak orang tahu bahwa ketika kita ingin sehat, kita harus keluar dari comfort zone. Jadi ketika Anda ingin sehat, Anda harus membuat itu sebagai sebuah kebiasaan. Ini akan menimbulkan state of discomfort. Hal ini sebenarnya baik karena itu menbuktikan adanya perubahan di dalam diri Anda.”

Ia juga menceritakan bahwa hidup sehat cukup membantu dirinya untuk berkembang lebih jauh lagi, terutama dalam mengembangkan Ruang Guru yang dirintisnya. Rutinitas yang ia jalani kadang menyita waktunya dan membuatnya pulang larut malam karena harus mengerjakan pekerjaan di kantor. Untuk itu, ia berpikir bahwa hidup sehat itulah yang menjadi jalan keluar baginya untuk selalu bisa survive dalam segala keadaan.  

“Jadi, aku sebisa mungkin rajin olahraga dan sebersih mungkin. Jadi, di Ruang Guru, kita selalu menyediakan masker. Kalau ada orang yang sakit, kita wajibkan untuk memakai masker, itu juga berlaku untuk aku. Kita ingin membangun sebuah budaya dimana kalau Anda sakit, jangan sampai menularkan orang lain."
 
Selain hidup sehat, motivasi di pagi hari menjadi hal yang penting untuk Belva ketika bangun tidur. Pekerjaan yang dilakukan secara passionate betul-betul menjadi motivasi lain bagi dirinya untuk terus bersemangat ketika bangun pagi. 

“Aku selalu semangat karena aku bekerja di bidang yang aku passionate sekali. Namun, aku bisa sangat bersemangat ketika mendengar testimoni seperti kak, aku yang biasanya dapat 40 jadi dapat 80 atau kak, aku jadi paham bahkan lebih dari guru aku. Testimoni seperti itu yang membuat kita di Ruang Guru semakin semangat hari ke hari, apalagi sekarang aplikasi kita sudah digunakan banyak orang. Tapi, yang terpenting adalah impact yang diberikan. Itulah yang selalu buat aku selalu semangat ketika bangun pagi,” ujarnya menutup wawancara dengan tim Lemonilo.



Artikel Terkait

Kamu Punya Diabetes? Olahraga Berikut Ini Cocok dan Bermanfaat Untukmu!
Mungkin, kamu sudah memahami bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit yang menimbulkan banyak korban jiwa di seluruh..
OT Handoko
14 Desember 2018
Sajikan MPASI Lezat dengan Kaldu Penuh Manfaat
Setelah buah hati mencapai usia enam bulan, Moms harus mulai menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuknya. Maklum,..
OT Handoko
11 Desember 2018
Tahu Nggak Sih? Ini Lho Manfaat di Balik Sedapnya Bumbu Pelengkap Masakan
Ada gula, ada semut. Begitu juga, ada makanan tentu ada bumbu pelengkap masakan yang bikin lezat makanan. Bukan hanya me..
OT Handoko
10 Desember 2018