Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Benarkah Bayi Usia 1 Tahun Bisa Terkena Cacingan? #CurhatSehat

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
31 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Curhat sehat
Hai Lemonizen, selamat datang di #CurhatSehat bersama Lemonilo. #CurhatSehat adalah ruang di mana kamu bisa menanyakan semua masalah kesehatan yang kamu alami dan nantinya akan dijawab langsung oleh Tim Dokter Mamanesia (dr. Kanya Tania).

#CurhatSehat edisi kali ini, Lemonilo memilih 3 pertanyaan dari Lemonizen yang ditanyakan melalui akun facebook Lemonilo pada 24-30 Desember lalu. Yuk, simak jawaban lengkap dokter untuk setiap pertanyaan tersebut!


1. Bagaimana cara mengajari toilet training pada anak?

Toilet training merupakan proses ketika anak belajar untuk buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) di toilet. Langkah-langkah awal yang sebaiknya orang tua lakukan antara lain:
  • Komunikasikan ke anak bahwa kita akan melakukan toilet training.
  • Jelaskan kenapa kita perlu BAB dan BAK di toilet pada saat anak sedang BAB/BAK. Jangan lupa selalu apresiasi anak saat ia berhasil melakukan sesuatu. Contohnya bisa dengan kalimat “Dek, ini namanya adek sedang pipis yaa, nanti kalau adek mau pipis lagi bilang sama Mama ya. Coba ulangi ikuti kata mama “pipis.” “Pintar Adeek..” Dengan cara ini pula harapannya anak bisa berkomunikasi dan dapat membedakan yang mana BAK dan BAB.
  • Kenalkan anak pada toilet dan pilih dudukan toilet khusus anak agar anak lebih semangat.
  • Berkomitmen dan lakukan langkah demi selangkah. Bila masih gagal ulangi terus sampai anak berhasil. Jangan langsung putus asa dan pakaikan pampers lagi ya, Lemomoms! banner consideration shipping bg blue

2. Bagaimana meningkatkan imun pada balita agar tidak mudah terserang penyakit?



Berikut adalah tips agar anak tetap sehat dan aktif
  • Lakukan aktivitas fisik minimal 1 jam per hari
  • Berjemur bila ada matahari
  • Makan makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral
  • Selalu jaga nutrisi dan kebersihan makanan anak
  • Pastikan anak cukup tidur

3. Benarkah anak usia 1 tahun bisa kena cacingan dan bagaimana ciri-cirinya?



Benar, anak usia satu tahun dapat terkena kecacingan. Ciri-ciri nya tergantung dari jenis cacing itu sendiri. Beberapa gejala kecacingan secara umum antara lain anak sulit naik berat badan walau makan banyak, terkadang lemas, letih, lesu, gatal-gatal pada kulit, atau gatal di anus saat malam. Jika kecacingan berlangsung lama hingga menutup saluran pencernaan bisa menjadi sakit perut, susah buang air besar, dan perut membesar.
banner consideration promotion bg blue
Nah, gimana Lemonizen? Semoga terbantu ya dengan jawaban yang diberikan oleh Tim Dokter Mamanesia. Tulis di kolom komentar ya kalau kamu punya keluhan ataupun masalah kesehatan yang ingin dicurhatin!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.