Benarkah Minuman Bersoda Juga Ada Manfaatnya untuk Tubuh?

31 Aug 2020 @ 12:06:57
Minuman bersoda disebut juga dengan minuman berkarbonasi, karena proses pembuatannya yang melewati karbonisasi. Karbonasi sendiri merupakan sebuah proses dimana karbon dioksida dimasukkan ke dalam sebuah cairan dengan tekanan yang cukup tinggi, sehingga akan terikat dengan cairan meskipun tidak permanen. 

Tidak heran lagi, mengapa minuman bersoda akan langsung mengeluarkan gelembung ketika dibuka. Ada satu fakta yang jarang diketahui tentang minuman bersoda, yaitu adalah manfaat minum soda yang ternyata bisa memberikan dampak baik untuk kesehatan. 

1. Menghancurkan Lemak pada Hati



Meskipun minuman bersoda terkenal dengan efek buruknya bagi kesehatan, namun siapa sangka jika mengonsumsi minuman ini ternyata mampu menghancurkan lemak di hati dan mengurangi sakit kepala. Hal ini didapatkan karena dalam minuman bersoda mengandung kafein yang memiliki sifat merangsang sistem saraf pusat. 

Selain itu, kafein juga memiliki manfaat untuk membantu menghancurkan lemak di hati, meningkatkan mood, dan mengurangi rasa sakit kepala. Meskipun dapat mengurangi rasa sakit kepala kamu harus tetap memperhatikan berapa banyaknya minuman bersoda yang masuk ke dalam tubuh. pasalnya, mengonsumsi minuman bersoda dalam jumlah banyak juga tidak dianjurkan.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan



Manfaat minum soda selanjutnya adalah mampu mengatasi gangguan pencernaan. Itulah mengapa tidak heran jika biasanya minuman bersoda mudah ditemui di pinggir jalan pada saat Ramadhan tiba. Hal ini karena air berkarbonasi yang terdapat di dalam minuman bersoda dipercaya mampu meredakan perut begah akibat puasa satu hari penuh.

Tidak hanya meredakan perut begah akibat berpuasa, nyatanya minuman bersoda ini juga bisa meredakan sakit perut, mengatasi mual berlebih, sampai bermanfaat untuk mengurangi konstipasi. Meskipun demikian, kamu tidak boleh mengonsumsi minuman bersoda ini dengan kondisi perut kosong. 

3. Mencegah Kram Otot



Manfaat ketiga minuman bersoda yang bagus untuk kesehatan adalah mampu mencegah kram otot. Mungkin terdengar aneh memang. Namun siapa sangka, jika minuman yang khas dengan cita rasa semriwing ini bisa mencegah kram pada otot.
Kandungan natrium yang terdapat dalam minuman bersoda mampu membantu mencegah terjadinya kram pada otot, efek penuaan pada kulit, penurunan tekanan darah, hingga menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

4. Menyegarkan Tenggorokan



Selain ketiga manfaat di atas, nyatanya minuman bersoda juga bisa menyegarkan tenggorokan. Apalagi jika diminum di tengah cuaca panas atau setelah lelah berolahraga. Pastinya akan terasa nikmat ketika mengalir di tenggorokan. Minuman bersoda juga banyak variannya saat ini. Sehingga bisa menambah cita rasa nikmat dan juga menambah semangat untuk beraktivitas di siang hari.

5. Mengatasi Konstipasi



Konstipasi atau sembelit adalah keadaan dimana orang akan mengalami kesulitan ketika membuang air besar. Hal ini tentunya sangat mengganggu bahkan bisa berbahaya bagi tubuh ketika racun itu tidak segera dikeluarkan. Kabar baiknya adalah, minuman bersoda ini bisa membantu mengatasi konstipasi atau sembelit tidak lancar.
Hal ini karena kandungan asam yang terdapat dalam air berkarbonasi. Kandungan asam ini bisa membantu terapi konstipasi serta meningkatkan pengosongan saluran empedu, sehingga mempermudah dalam pembuangan sisa makanan.

Itulah kelima manfaat minum soda bagi kesehatan. Meskipun memiliki manfaat seperti yang dijabarkan di atas, berlebihan dalam mengkonsumsi soda juga bukanlah hal yang baik untuk tubuh. Jadi pastikan jumlah soda yang kamu konsumsi tidak berlebihan dan tetap imbangi dengan makanan dan pola hidup yang sehat ya Lemonizen!

Artikel Terkait

Banyak Dijadikan Obat Herbal, Simak 4 Manfaat Daun Kelor Menurut Sains
Mulai dari kaya akan nutrisi dan mineral baik hingga mampu mengurangi peradangan..
Shella Rafiqah Ully
13 Oktober 2020
7 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Buah naga merupakan buah yang rendah kalori namun mengandung mineral dan vitamin penting..
Shella Rafiqah Ully
13 Oktober 2020
Ibu Hamil Sering Mudah Lapar? Ini 7 Rekomendasi Cemilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi
Tak hanya makanan utama, cemilan para ibu hamil pun harus sehat dan mengandung nutrisi baik untuk janin..
Shella Rafiqah Ully
05 Oktober 2020