Benarkan Cengkeh Bermanfaat untuk Kecantikan Hingga Membunuh Bakteri?

16 Mei 2020 @ 19:24:52
Cengkeh banyak dimanfaatkan sebagai rempah untuk membuat berbagai masakan dan minuman. Ciri khas cengkeh terletak pada wanginya yang harum. Namun, selain pemanfaatan dalam bidang kuliner, ia juga dapat diolah menjadi obat alami. Ternyata, cengkeh dapat dimanfaatkan untuk kecantikan, kesehatan, sampai mampu untuk membunuh bakteri jahat pada tubuh. Nah, benarkah pernyataan tersebut? Yuk, simak ulasan tentang ragam manfaat cengkeh berikut ini! 

1. Menghilangkan Jerawat



Manfaat dari cengkeh pertama adalah dalam hal kecantikan yakni dapat menghilangkan jerawat pada kulit. Kandungan antimikroba tinggi pada minyak cengkeh dapat membantu atasi jerawat kulit. Minyak cengkeh sudah teruji mampu mencegah pertumbuhan bakteri Staphylococcus pemicu jerawat, bisul, ruam, lepuh, dan impetigo. 

Bukan itu saja, minyak cengkeh juga mampu menyingkirkan guratan-guratan pada kulit dan membantu membuat kulit semakin lembut. Cara mengobatinya ialah dengan mengusapkan kapas yang sudah ditetesi minyak cengkeh dan madu ke daerah kulit yang berjerawat. Setelah daerah kulit mengering, barulah basuh dengan air bersih. 

2. Mengobati Berbagai Masalah Kulit 



Manfaat dari cengkeh juga bisa dirasakan ketika kulit terkena masalah. Kandungan antiseptik pada minyak cengkeh bermanfaat untuk mencegah adanya infeksi. Oleh karena itu, minyak cengkeh mampu membantu mengobati ragam masalah kulit seperti luka, kudis, kutu air, memar, biang keringat, dan gigitan serangga. Perlu diperhatikan bagi pemilik kulit sensitif dan luka terbuka wajib berhati-hati dalam memakai minyak cengkeh. 

3. Menjaga Fungsi Hati



Kandungan antioksidan pada cengkeh dapat menjaga fungsi hati lebih ideal dengan cara melindungi organ dari dampak radikal bebas. Untuk efek jangka panjangnya, metabolisme mampu memperkuat produksi radikal bebas dan profil lipid, serta meminimalisir antioksidan di hati. Cengkeh mempunyai sifat hepatoprotektor yang dapat membantu untuk menangkal efek tersebut. 

4. Meredakan Sakit Gigi



Manfaat cengkeh berikutnya ialah dapat meredakan sakit gigi. Hal ini karena ia bersifat anti kuman dan anestesi yang sangat bagus untuk mengobati sakit gusi, sakit gigi, dan sariawan. Manfaat lainnya, minyak cengkeh dan molekulnya juga bisa mencegah erosi gigi. 

Cara menggunakannya adalah dengan menempelkan kapas yang sudah dikasih minyak cengkeh dan minyak zaitun ke gigi yang sakit. Sesudah itu, kumur-kumur pakai air hangat. Campuran ini juga mampu mengusir bau mulut. Perlu diperhatikan untuk tidak meneteskan cengkeh pada sariawan yang parah dan luka terbuka. 

5. Mengatasi Tukak Lambung



Tukak lambung terjadi karena asam lambung atau lendir lambung menipis. Nah, manfaat cengkeh dapat dirasakan dalam mengobati tukak lambung. Cengkeh mengandung minyak esensial yang mampu meningkatkan produksi lendir lambung. Jika produksi lendir lambung meningkat, maka bisa mencegah asam lambung serta adanya luka di dinding lambung karena cairan asam lambung. 

6. Memperkuat Sistem Imun 



Manfaat cengkeh selanjutnya adalah dapat memperkuat sistem imun sebagai bentuk daya tahan tubuh. Kandungan senyawa yang terdapat pada kuncup bunga kering cengkeh dapat membantu perkuat sistem imun tubuh dengan menambah produksi leukosit/sel darah putih. 

Cengkeh sangat berguna bagi kesehatan untuk membersihkan racun mematikan dan mikroba dari dalam tubuh. Bukan hanya itu, kandungan anti-inflamasi pada cengkeh juga dipercaya dapat mengatasi infeksi dan peradangan. 

7. Mampu Membunuh Bakteri



Faktanya, cengkeh juga mampu membunuh bakteri karena ia mempunyai sifat antimikroba. Sifat antimikroba ini bisa mencegah bakteri untuk tumbuh. Minyak cengkeh telah teruji efektif membasmi tiga macam bakteri termasuk bakteri penyebab diare, E-Coli. 

Selain itu, sifat antibakteri ini pun mampu membantu kesehatan mulut tetap terjaga karena senyawa pada cengkeh dapat mencegah pertumbuhan dua bakteri penyebab penyakit gusi. 

Nah, itulah ulasan tentang beragam manfaat cengkeh mulai dari kecantikan sampai dapat membunuh bakteri. Semoga setelah membaca ulasan ini, akan semakin menambah wawasan sekaligus mampu memakai cengkeh untuk membantu tubuh lebih sehat. 

Artikel Terkait

Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah Fakta 6 Manfaat Daun Bidara Yang Harus Diketahui
Inilah berbagai manfaat daun bidara yang harus kamu tahu untuk kecantikan dan kesehatan tubuh..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah 7 Manfaat Daun Binahong, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka
Ada banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menyembuhkan luka..
Rizki Indra
17 September 2020