Beragam Olahan Sehat dengan Bumbu Rendang

23 Feb 2017 @ 17:51:30
Oleh OT Handoko & S. Nurfauzia
Variasi bumbu dapur yang sehat untuk masak rendang

Siapa sih yang tidak mengenal rendang? Rendang umumnya berbahan dasar daging sapi atau hati sapi yang dimasak dengan aneka bumbu dapur dalam waktu yang cukup lama. Karena melalui proses memasak yang lama, bumbu dapat meresap sempurna dan tekstur daging menjadi empuk.

Bumbu masak rendang yang utama adalah aneka rempah dan santan. Seiring dengan popularitas rendang yang semakin meningkat, kini sudah lahir berbagai inovasi makanan bumbu rendang dengan bahan utama selain daging sapi. Bahkan, karena rasa bumbu rendang yang lezat dan kaya rempah, Anda dapat menikmatinya cukup dengan nasi panas. Rendang sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Makanan ini telah mendunia dan bahkan pernah dinobatkan menjadi salah satu makanan paling enak di dunia oleh sebuah media internasional.

Masakan rendang merupakan menu masakan tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Minang. Bagi masyarakat Minang, rendang merupakan bagian dari tradisi kuliner yang disajikan dalam berbagai upacara, acara dan keseharian. Masakan rendang sendiri dipengaruhi dari beberapa negara dan budaya, misalnya bumbu yang kaya akan rempah merupakan pengaruh budaya India yang diperoleh dari para pedagang Gujarat.

Di Indonesia, rendang dapat ditemukan dengan mudah di seluruh restoran padang yang telah menjamur hampir di semua daerah. Aneka bahan makanan dengan bumbu rendang yang dijual dalam kemasan dan dibekukan pun kini telah dapat Anda nikmati. Namun, rendang yang banyak ditemukan di luaran biasanya mengandung kadar kolesterol yang lemak yang tinggi akibat dimasak dengan santan. Adakah cara untuk mengolah bumbu rendang dengan lebih sehat?

Bumbu Masak Rendang

Pada dasarnya bumbu masak rendang merupakan bumbu masak yang populer di Indonesia. Bumbu rendang merupakan bumbu masak yang memiliki cita rasa pedas. Proses membuatnya pun membutuhkan waktu yang cukup panjang yang dalam suhu ruangan, dapat bertahan hingga beberapa hari. Bumbu rendang merupakan bumbu yang kaya akan rempah. Selain bahan daging dalam resep masakannya, bumbu rendang utamanya terdiri atas santan kelapa dan kombinasi bumbu yang dihaluskan yang terdiri atas cabai, lengkuas, kunyit, jahe, serai, bawang putih, bawang merah, daun jeruk, pala, jintan dan asam kadis.

Proses memasak bumbu rendang membutuhkan waktu yang cukup panjang dan kesabaran. Bumbu rendang dimasak bersamaan dengan bahan daging yang digunakan. Dalam membuatnya, bumbu dan daging dimasak pada api yang tepat agar bumbu terserap dengan sempurna pada daging. Bahkan ketika mendidih, bumbu rendang harus terus diaduk agar santan mengental dan kering.

Dalam cara pembuatannya, pertama tentu adalah mengolah daging yang akan digunakan. Setelah itu, untuk membuat bumbunya, rebus santan pada wajan menggunakan api yang tepat disertai dengan bumbu yang dihaluskan yang terdiri atas cabai, bawang putih dan bawang merah, lengkuas, daun jeruk, kunyit, pala, jintan, asam kadis dan jahe. Setelah itu, Anda perlu mengaduknya secara terus-menerus hingga mengental agar santan tidak pecah. Ketika bumbu sudah berminyak, masukan daging yang Anda gunakan lalu aduk lagi hingga santan mengering dan mengental serta bumbu telah meresap sempurna pada daging.

Aneka Makanan Sehat dengan Bumbu Masak Rendang

Tahukah Anda bahwa ternyata bumbu rendang dapat diolah menjadi makanan sehat? Kuncinya, pilihlah bahan-bahan serta bumbu dapur yang rendah lemak dan kolesterol. Kunci terpenting adalah mengganti santan dengan susu. 

Jika Anda ingin agar kalori rendang Anda lebih terkontrol, gunakan susu rendah lemak. Saat mengolah rendang, ganti daging sapi yang tinggi lemak dengan daging sapi yang tidak ada lemak. Anda juga bisa mengganti daging sapi dengan ikan, ayam kampung, telur, bahkan tahu. 

Bedanya, jika bahan utama dalam memasak rendang bukan daging sapi, maka proses memasaknya tidak memerlukan waktu yang lama karena bahan-bahan tersebut sudah cukup empuk. Namun, jika bahan utama yang dimasak dengan bumbu rendang berupa daging ayam kampung, maka proses memasak tetap harus dilakukan dalam waktu yang cukup lama agar menjadi empuk dan lezat untuk disantap. 

Ingat, memasak daging ayam tidak perlu selama memasak daging sapi. Bahkan, kini dengan adanya panci presto atau panci bertekanan tinggi, maka proses pengempukan bisa dipercepat sehingga memasak aneka makanan dengan bumbu rendang tidak lagi memakan waktu lama. Saat ini, bumbu rendang instan telah banyak dijual di pasaran, mulai dari bumbu rendang tanpa merk yang dijual di pasar-pasar tradisional hingga bumbu rendang bermerek yang dikemas menarik dan dijual di supermarket.

Akan tetapi, Anda harus lebih teliti ketika akan membeli bumbu rendang yang ada di pasaran karena bisa jadi bumbu rendang tersebut sudah dilengkapi dengan bahan pengawet, penyedap rasa dalam jumlah yang banyak, dan bahkan pewarna makanan sehingga sangat tidak sehat untuk dikonsumsi oleh Anda dan keluarga. 

Bumbu Rendang Sehat dan Berkualitas

Jika Anda ingin membeli bumbu rendang yang dibuat dari bahan-bahan alami, berkualitas dan terpercaya, Lemonilo adalah tempat yang tepat. Dengan menawarkan transaksi secara online, Lemonilo menawarkan kemudahan dalam melakukan pembelian makanan sehat dan produk alami. 

Cukup buka website Lemonilo, lalu pilihlah aneka bumbu yang ditawarkan, termasuk bumbu rendang. Bumbu rendang yang dijual di Lemonilo berasal dari produsen terpilih sehingga kualitasnya tentu terjaga. Bumbu masak rendang yang tersedia di Lemonilo dipastikan tidak hanya lezat namun juga bebas dari tambahan bahan pengawet, penyedap rasa, dan bahan pewarna berbahaya.

Artikel Terkait

Oleh OT Handoko
Diet bukanlah momok menakutkan yang mesti Anda hadapi setiap hari. Karena diet yang benar adalah pola hidup sehat yang d..
Oleh OT Handoko
Bulan Ramadan akan segera tiba! Anda tentu  akan menyambutnya dengan penuh suka cita bersama orang-orang terdekat. ..
Oleh OT Handoko
Sebentar lagi lebaran akan segera tiba! Senang sekali rasanya bila tahun ini kembali berkesempatan menjalani ibadah puas..