Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Berapa Banyak Kalori yang Harus Dimakan untuk Turunkan Berat Badan?

Lulu
Lulu
13 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Berapa Banyak Kalori yang Harus Dimakan untuk Turunkan Berat Badan?
Banyaknya kalori yang dikonsumsi setiap hari untuk menurunkan berat badan bisa berbeda-beda bagi setiap orang.
Ini bergantung pada sejumlah faktor, termasuk usia, tinggi badan, berat badan, tingkat aktivitas, dan kesehatan metabolik.
Ketika sedang menurunkan berat badan, aturan umumnya adalah mengurangi asupan kalori hingga sekitar 500 kalori daripada yang dibutuhkan tubuh.
Mengurangi 500 kalori akan membantu menurunkan berat badan hingga 0,45 kg setiap minggu. Dilansir dari healthline, di bawah ini adalah rentang kalori rata-rata yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan:

1. Perempuan


Rata-rata wanita yang aktivitasnya cukup aktif dan berusia antara 26-50 tahun membutuhkan 2.000 kalori per hari.
Untuk menurunkan berat badan hingga 0,45 kg per minggu, yang dibutuhkan hanya 1.500 kalori per hari.
Kemudian, wanita yang aktif dan sering berjalan kaki membutuhkan 2.200 kalori per hari dan setidaknya 1.700 kalori untuk menurunkan berat badan. banner consideration shipping bg blue
Wanita muda di usia awal 20-an membutuhkan 2.200 kalori setiap hari untuk mempertahankan berat badannya.
Sedangkan wanita yang berusia di atas 50 membutuhkan lebih sedikit kalori, yakni rata-rata 1.800 kalori per hari dan 1.300 kalori untuk menurunkan berat badan.
Perkiraan ini tidak berlaku bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui karena mereka memerluka kalori yang jauh lebih tinggi.

2. Laki-laki


Rata-rata, pria yang aktivitasnya cukup aktif dan berusia antara 26-45 tahun membutuhkan 2.600 kalori per hari dan 2.100 kalori untuk menurunkan berat badan.
Pria yang lebih aktif dan sering berjalan kaki membutuhkan hingga 2.800-3.000 kalori per hari dan 2.300-2.500 kalori untuk menurunkan berat badan.
Remaja pria yang berusia 19-25 memiliki kebutuhan energi lebih tinggi sehingga kebutuhan kalori hariannya mencapai 2.800-3.000 kalori. Untuk menurunkan berat badan, turun menjadi 2.300-2.500 kalori.
Kebutuhan energinya akan menurun seiring bertambahnya usia. Pria di usia 46-65 tahun membutuhkan rata-rata 2.400 kalori dan pria di atas 66 tahun membutuhkan 2.200 kalori.banner consideration promotion bg blue

3. Anak-anak


Anak-anak memiliki kebutuhan kalori yang sangat bervariasi, bergantung pada usia, ukuran, dan tingkat aktivitas mereka.
Balita rata-rata membutuhkan 1.200-1.400 kalori per hari hari. Untuk remaja, kebutuhan kalorinya adalah 2.000-2.800 kalori per hari.
Anak-anak yang tumbuh dan berkembang secara normal dan melakukan fisik secara aktif biasanya tidak perlu menghitung kalori.
Ketika mereka diberikan berbagai pilihan makanan sehat, sebagian besar anak yang cukup aktif secara alami mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Cara mengurangi asupan kalori


Konon, mengurangi kalori tanpa mempertimbangkan makanan yang biasa dimakan bukanlah cara yeng efektif untuk menurunkan berat badan.
Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membuat beberapa perubahan permanen untuk membantu mempertahankan defisit kalori dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi asupan kalori:banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

1. Makan banyak protein

Menambahkan protein ke dalam makanan adalah cara sederhana dan efektif untuk menurunkan bera badan.
Studi menunjukkan bahwa protein mampu meningkatkan laju metabolisme dan membantu mengontrol nafsu makan.

2. Hindari minuman manis

Perubahan lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kalori gula adalah menghindari minuman-minuman manis.
Minuman manis ini termasuk soda, jus buah, susu cokelat, dan minuman lain yang menggunakan tambahan gula. Penelitian mengatakan, minuman manis sangat berpotensi memicu obesitas.

3. Minum lebih banyak air

Salah satu trik yang sangat mudah dan sederhana untuk menurunkan asupan kalori adalah minum air mineral dalam jumlah lebih banyak.
Penelitian menunjukkan, minum air dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar. Minum sekitar 8 gelas air per hari dapat membantu membakar sekitar 96 kalori lebih banyak.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.