Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Berbagai Macam Vitamin untuk Otak Anak yang Sangat Dibutuhkan

Rizki Indra
Rizki Indra
31 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Berbagai Macam Vitamin untuk Otak Anak yang Sangat Dibutuhkan
Bagi anak yang sedang mengalami pertumbuhan maupun perkembangan, mengonsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin sangatlah penting untuk menunjang proses tumbuh kembangnya. Berbagai vitamin dibutuhkan untuk perkembangan otak dan mendukung daya cerdas anak. Apa saja vitamin otak anak yang sangat dibutuhkan?

1. Vitamin B1



Vitamin untuk perkembangan otak anak yang pertama adalah vitamin B1. Vitamin ini berperan penting dalam penghantaran impuls sel saraf. Anak yang kekurangan vitamin B1 ini sendiri akan mempengaruhi kondisi mentalnya, kemampuan tubuh dalam menghadapi tekanan,  kemampuan belajar, energi, dan daya ingat pada penderita penyakit Alzheimer. Banyak sekali makanan yang bisa Bunda temukan untuk melengkapi vitamin B1 pada anak. Di antaranya adalah pada kacang-kacangan, daging, ragi, dan juga terdapat pada biji sereal. 

2. Vitamin B6



Vitamin selanjutnya yang sangat dibutuhkan untuk membantu proses perkembangan otak anak adalah vitamin B6. Vitamin B6 ini sendiri sangat berperan penting dalam memproduksi serotonin dan dopamin yang menjaga suasana hati dan kewaspadaan.

Bagi anak yang mendapatkan vitamin ini dengan jumlah yang cukup, maka akan meningkatkan segi kreativitasnya. Selain itu, anak juga akan aktif terhadap pengenalan lingkungan barunya. Bunda bisa mendapatkan vitamin B6 ini pada kangkung, kembang kol, lobak, sawi, tuna, dan bawang putih.

3. Vitamin B12



Vitamin yang mendukung perkembangan otak anak selanjutnya terdapat pada kandungan vitamin B12 yang berperan dalam pembentukan mielin, yaitu lapisan pelindung serat saraf otak. Vitamin ini akan melindungi otak dari kehilangan ingatan, kerusakan saraf, menurunnya suasana hati, dan penurunan kesehatan mental

Seorang anak yang kekurangan vitamin ini, maka akan mudah melupakan pelajaran yang baru saja didapatkannya. Untuk itu, Bunda harus memastikan jika anak mendapatkan vitamin ini sesuai jumlah yang dibutuhkan. Vitamin B12 ini sendiri mudah dijumpai pada daging sapi, ikan, dan juga unggas.

4. Asam Folat



Vitamin otak anak selanjutnya adalah asam folat. Folat atau yang lebih dikenal dengan sebutan asam folat sebenarnya adalah nama lain dari vitamin B9. Meskipun masih diteliti lebih jauh lagi oleh beberapa peneliti, bahwasannya asam folat ini mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan daya ingat, sekaligus menurunkan risiko gangguan pada otak.

Kekurangan vitamin jenis asam folat ini, dipercaya mampu menurunkan kemampuan daya ingat dan fokus pada anak. Asam folat ini juga berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar asam amino homosistein pada darah yang menyebabkan kerusakan pada sel otak. Makanan yang mengandung asam folat di antaranya sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, dan juga sereal gandum.

5. Asam Lemak Omega-3



Jika berbicara mengenai vitamin otak anak, maka hal ini tidak bisa dipisahkan dengan omega-3. Omega-3 sendiri sudah terkenal sebagai nutrisi penting yang berperan dalam perkembangan otak.

Disleksia, ADD (attention deficit disorder), depresi, gangguan bipolar, dan skizofrenia bisa saja terjadi bagi anak yang kekurangan omega-3 ini, karena adanya penurunan fungsi kognitif otak dan meningkatnya risiko gangguan mental. Untuk itu, pastikan Bunda mengontrol asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh anak. Kandungan asam lemak omega-3 mudah sekali dijumpai pada ikan salmon, buah kiwi, biji rami, dan kenari.

Itulah lima vitamin otak anak yang berperan penting dalam perkembangan kognitif dan kecerdasannya. Agar tumbuh kembang dan kecerdasan anak bisa berkembang lebih baik dan optimal, maka jangan sampai kekurangan asupan dari berbagai vitamin diatas ya! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.