Berbahaya, Ini Gejala Leukemia, Penyebab Dan Pencegahannya

Leukemia  tergolong sebagai penyakit kanker darah karena badan memiliki produksi produksi sel darah putih abnormal. Tentu sel darah putih menjadi bagian untuk sistem kekebalan tubuh diproduksi langsung di sumsum tulang. Sedangkan gejala leukemia terjadi apabila fungsi tulang bermasalah, maka sel darah putih tersebut berubah dan tak berjalan secara efektif.
Leukemia bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa namun sulit mendeteksinya sebab gejalanya mirip dengan penyakit lain. Sehingga perlu penanganan sedini mungkin agar segera ditangani. Memang awalnya leukemia tidak ada tanda-tandanya. Namun gejalanya muncul saat sel kanker semakin banyak dan menyerang sel dalam tubuh.
Untuk gejala yang muncul pun tergantung dari jenis leukemia yang diderita. Tentu gejala leukemia, bervariasi. Sehingga jika disimpulkan untuk gejala penyakit leukemia pada umumnya dari ciri-ciri yang menderita penyakit satu ini adalah sebagai berikut:

1. Gejala Ringan Leukemia

Inilah beberapa gejala ringan yang bisa muncul pada tubuh penderita leukimia. Berikut ini adalah gejala-gejala tersebut: 
  1. Menggigil dan demam
  2. Berat badan menurun secara drastis
  3. Tumbuh gejala penyakit anemia
  4. Tubuh terasa lelah yang tak hilang-hilang
  5. Mimisan
  6. Timbul bintik merah di kulit
  7. Tubuh mudah terserang infeksi
  8. Adanya gejala anemia
  9. Ada benjolan di bagian leher karena pembengkakan kelenjar getah bening
  10. Rentan memar
  11. Perut rasanya tak nyaman karena limpa dan hati membengkak
  12. Kulit kering berlebih terutama saat malam hari

2. Gejala Berat Leukemia

Sementara itu untuk gejala dari leukemia yang berat adalah sebagai berikut: 
banner consideration promotion bg blue
  1. Muntah dan mual
  2. Nyeri pada tulang
  3. Sakit kepala berat
  4. Linglung
  5. Kendali otot hilang
  6. Kejang-kejang
Jika sudah merasakan semua gejala dari leukemia di atas maka segera periksa ke dokter untuk pencegahan secara dini. Sebab gejala penyakit ini menyerupai infeksi penyakit lain. Ketika Anda sudah periksa ke dokter, maka nanti akan menemukan penyebabnya. Apa saja penyebabnya?
Sebenarnya penyebab dari leukimia sendiri tidak bisa dipastikan sebab selalu berubah. Hal ini disebabkan adanya kelainan sel darah putih yang tak terkendali. Namun ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko penyakit leukemia. Berikut ini faktor resikonya.
  1. Memiliki riwayat keturunan dari anggota keluarga yang pernah memiliki penyakit leukemia
  2. Adanya kelainan darah, salah satunya adanya sindrom mielodisplasia
  3. Kebiasaan merokok
  4. Kelainan genetika salah satunya down syndrome
  5. Memiliki pekerjaan di area terpapar bahan kimia
  6. Pernah melakukan pengobatan kanker, seperti radioterapi.
Jika sudah tahu gejala leukemia dan penyebabnya jika tidak segera ditangani maka nanti akan timbul komplikasi. Seperti pendarahan di bagian paru-paru, resiko muncul penyakit kanker darah yang lain dan tubuh rentan infeksi. Bisa juga komplikasi disebabkan sistem pengobatan yang salah.
Perlu Anda ketahui anak-anak yang menderita leukemia memiliki resiko komplikasi. Jenisnya mulai dari katarak, gangguan tumbuh kembang anak dan adanya gangguan pada saraf pusat. Sehingga pastikan Anda perlu mencegahnya dengan cara berikut ini. Memang belum ada yang paling tepat untuk bisa mencegah penyakit leukemia sampai saat ini. Akan tetapi, ada cara-cara yang bisa dilakukan agar bisa menurunkan resiko terserang leukemia.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
  1. Berhenti dari merokok
  2. Berolahraga secara rutin
  3. Memakai alat pelindung diri, khususnya bagi Anda yang pekerjaannya di lingkungan terpapar bahan kimia.
Jika Anda sudah merasakan gejala leukemia dan memiliki riwayat kanker dalam keluarga sebaiknya lakukan sistem pemeriksaan ke dokter dengan segera. Setelah itu jangan lupa berobat secara rutin agar lebih mudah mendeteksinya sejak dini bahkan bisa mencegah penyakit tersebut lebih berkembang lagi. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami