Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Berikut 2 Contoh Riset Pemasaran Dalam Menjalankan Usaha

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Contoh riset pemasaran

Bagaimanakah contoh riset pemasaran yang umum dilakukan oleh perusahaan? Sebelum membahas tentang contoh tersebut ketahui dulu apa yang dimaksud dengan riset pemasaran tersebut. Riset pemasaran adalah kegiatan penelitian oleh perusahaan yang sistematis dan terstruktur untuk memperkirakan berapa demand efektif serta demand potensial sebuah produk tertentu.


Riset pemasaran diperlukan untuk mengetahui apakah rencana yang dibuat oleh perusahaan terkait dengan pemasaran produk akan berjalan sesuai harapan atau tidak termasuk menentukan target pasar. Tanpa dilakukannya riset pemasaran bisa saja rencana tersebut gagal total dan malah berdampak pada penurunan omzet. Itulah mengapa diperlukan cara yang terstruktur agar riset pemasaran bisa menjawab apa yang ingin diketahui. banner consideration shipping bg blue

Contoh Riset Pemasaran Produk

Sukses dan tidaknya sebuah produk di pasaran sangat dipengaruhi oleh efektivitas dari riset pemasaran yang dilakukan perusahaan. Supaya lebih jelas berikut ini contoh dari riset pemasaran yang umum dilakukan oleh perusahaan.

1. Riset Pemasaran Mie Instan Sehat


Contoh pertama yaitu riset pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan produsen mie instan. Seperti sudah diketahui bersama bahwa mie instan merupakan jenis makanan favorit siapa saja dari anak-anak sampai orang tua. Memahami bahwa mie instan adalah produk yang tidak pernah ada matinya perusahaan ingin membuat sebuah inovasi baru.

Seiring dengan kegemaran masyarakat mengkonsumsi mie instan dibarengi isu kesehatan bahwa makanan tersebut bisa menyebabkan dampak kurang baik bagi kesehatan. Mengacu pada masalah tersebut maka perusahaan berusaha memberikan solusi dengan membuat mie instan yang tidak berbahaya bagi kesehatan yaitu tanpa pengawet dan pewarna buatan.

Survei atau riset dilakukan untuk mengetahui seberapa besar minat masyarakat jika produk mie instan sehat tersebut ada di pasaran. Metode yang dilakukan adalah melalui wawancara langsung dan memberikan kuesioner. Hasilnya menunjukkan masyarakat ingin bisa tetap menikmati mie instan tanpa rasa kuatir efek buruk pada kesehatannya.

2. Riset Pemasaran Sabun Cuci Baju atau Deterjen


Mencuci baju menjadi kegiatan yang tidak mungkin bisa dihindari sehingga kebutuhan akan sabun deterjen pasti juga tidak ada habisnya. Terlebih lagi di Indonesia yang beriklim tropis saat musim kemarau cukup panas sehingga orang selalu berkeringat dan itu membuat baju mudah kotor serta bau.
banner consideration promotion bg blue

Sebaliknya kalau musim hujan tiba masalah yang datang adalah cucian baju tidak kunjung kering dalam beberapa hari. Perusahaan produsen sabun deterjen melakukan riset produk seperti apakah yang dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat.

Setelah melakukan riset kepada masyarakat sebagai konsumen melalui metode langsung yaitu wawancara dan tidak langsung dengan memberikan kuesioner maka diperoleh sebuah hasil. Masyarakat membutuhkan produk sabun deterjen yang memiliki keharuman tahan lama sekaligus mengandung zat aktif yang membuat baju lebih cepat kering saat dijemur.

Berdasarkan pada hasil riset tersebut maka perusahaan memproduksi sabun deterjen yang sudah dicampur dengan pelembut (softener) serta menambahkan parfum beberapa persen ke dalamnya. Tidak lupa juga pada produk deterjen tersebut produsen menyertakan bahan aktif tertentu yang akan memudahkan baju kering lebih cepat dan anti jamur.

Penelitian atau riset yang dilakukan oleh produsen dalam hal ini adalah perusahaan tentu saja memiliki tujuan agar produknya bisa lebih diterima masyarakat karena dianggap mampu memenuhi kebutuhan mereka. Semua itu tidak mungkin bisa dicapai tanpa adanya proses riset pemasaran yang tepat dan efektif oleh perusahaan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah contoh riset pemasaran yang biasanya dilakukan oleh perusahaan sebelum meluncurkan produk baru ataupun menetapkan harga jual baru dan sebagainya. Dengan melakukan riset, perusahaan akan jauh lebih mudah menentukan strategi apa yang paling sesuai dengan produk yang ditawarkan. Jadi, jangan sampai melewatkan riset pemasaran pada usaha Anda ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.