Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Berikut 3 Cara Membuat Surat Izin Usaha, Simak di Sini Ulasannya!

Rizki Indra
Rizki Indra
08 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Cara membuat surat izin usaha penting dilakukan dengan baik dan benar.

Cara membuat surat izin usaha perlu diketahui bagi kamu yang ingin membangun sebuah usaha. Dengan adanya izin ini, maka bisnis yang dijalankan bersifat sah secara hukum. Dengan demikian, usaha tersebut akan memiliki nilai unggul karena bersifat legal. Selain itu, juga dapat memudahkan pengusaha untuk melakukan ekspor atau impor.


Bukan hanya itu, surat izin ini sangat penting untuk meminimalisir adanya masalah nantinya. Terdapat beberapa jenis usaha yang perlu membuat surat izinnya kepada pihak tertentu. Prosedurnya tentu akan ada sedikit perbedaan. Maka dari itu, artikel ini akan menjelaskan sesuai jenis usahanya.

1. Usaha Perdagangan


Jika ingin membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), maka pastikan persyaratannya sudah lengkap. Dengan begitu, prosesnya akan berjalan lebih mudah. Berikut ini penjelasan tata caranya.

a. Melalui Kantor Dinas Perdagangan

Cara pertama ialah dengan melalui Kantor Dinas Perdagangan. Caranya dengan datang ke lokasinya langsung. Setelah memenuhi semua persyaratan, maka selanjutnya akan ada 4 tahapan.

  • Mengisi formulir dengan data yang lengkap dan benar. Selain itu, perlu membubuhkan tanda tangan pemilik usaha disertai dengan materai. Kemudian, fotokopy formulir tersebut menjadi 2 lembar.
  • Setelah itu, lakukan pembayaran SIUP. Tarifnya per wilayah tidak akan sama, karena tidak ada nominal tetap dari pemerintah.
  • Menyerahkan formulir kepada petugas di kantor tersebut. Pengurusannya sekitar 2 minggu.
  • Pengurusan SIUP tidak harus pemilik usaha yang melakukannya. Bisa juga dengan mengutus orang lain. Namun, harus dilengkapi dengan surat kuasa bermaterai.

b. Melalui Situs Online

Cara kedua ialah melalui online. Teknik ini tentu lebih praktis, karena bisa menghemat biaya dan waktu. Caranya dengan mengunjungi situs OSS (Online Single Submission).

  • Kunjungi situs OSS dan lakukan pendaftaran. Kemudian, isi data yang diminta, seperti nomor identitas, tanggal lahir, dan lainnya. Pastikan semuanya benar dan lengkap sesuai dengan KTP atau KK.
  • Kemudian, perlu melakukan verifikasi terlebih dahulu, ikuti instruksi yang tertera.
  • Setelah pendaftaran selesai, masuk ke akun tersebut untuk mengisi data usaha.
  • Jika sudah masuk, maka akan ada opsi Perizinan Usaha. Setelah data terisi, maka bisa langsung menuju menu permohonan Berusaha.
  • Kemudian pilih Akta dan akan muncul notifikasi tentang Validasi KSWP dan NPWP. Pastikan mengisi data dengan benar sebelum melakukan output.
  • Jika tahapannya telah selesai dan datanya valid, maka sistem OSS akan menerbitkan NIB.

2. Usaha UMKM


Meskipun termasuk bisnis kecil, UMKM juga perlu memiliki surat izin usaha. Surat tersebut bernama SPP-IRT (Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga). Prosedurnya adalah sebagai berikut.

  • Sebelum memulai prosedurnya, pastikan semua persyaratan telah lengkap, baik dari berkas dan lainnya.
  • Kemudian, mengajukan permohonan tertulis kepada Kepala Dinas Kesehatan setempat sesuai aturan yang berlaku.
  • Kepala Dinas Kesehatan akan memeriksanya. Biasanya, persetujuan akan diberikan setelah mengikuti sesi Penyuluhan Keamanan Pangan.
  • Kemudian, baru pihak Dinkes akan membertimbangkan surat permohonan tersebut. lalu, disahkan dengan tanda tangan pihak terkait.
  • Pemilik usaha bisa melakukan pembayaran untuk sertifikat PIRT dan mengambil jika sudah disahkan.
  • Prosedur ini berlangsung kurang lebih selama 3 bulan.

3. Usaha Angkutan


Hal ini untuk usaha yang berada di bidang pengiriman barang. Jadi, transportasi yang digunakan harus memiliki surat izin usaha angkutan. Dengan begitu, bisa beroperasi secara nyaman dan lancar.


Cara membuat surat izin usaha ini yaitu dengan mengajukan semua dokumen sesuai persyaratan ke Bupati atau Walikota. Namun, harus menyesuaikan dengan domisili perusahaan. Prosesnya akan berlangsung selama 14 hari setelah itu barulah Surat Izin Usaha bisa kamu miliki.


Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.