Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Berikut 3 Makanan yang Baik untuk Penderita Darah Tinggi

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak makanan untuk darah tinggi yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Berbagai makanan untuk darah tinggi sangat disarankan untuk dikonsumsi. Mengingat kandungan yang ada di dalamnya sangat baik dalam membantu menurunkan gejala hipertensi atau darah tinggi. Lalu, apa saja sih jenis makanan tersebut?


Di bawah ini merupakan beberapa jenis makanan yang cocok dikonsumsi penderita darah tinggi untuk menurunkan gejalanya. Go check these out!

1. Sayur Mayur


Makanan untuk darah tinggi yang pertama adalah sayur. Secara umum, sayuran hijau sangat membantu mengobati tekanan darah tinggi seseorang. Nah, berikut merupakan beberapa jenis sayuran hijau yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi atau menghentikan gejala hipertensi agar tidak semakin parah.

a. Bayam

Daun bayam adalah salah satu sayuran hijau yang menjadi sumber serat. Disamping itu, daun bayam juga memiliki kandungan kalium atau zat yang bisa mengurangi efek dari tekanan darah tinggi.

b. Buncis

Buncis dikenal memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh serta mampu menurunkan tingginya tekanan darah seseorang.

c. Seledri

Seledri kaya akan kandungan kalium dan kalsium yang bisa membantu menyembuhkan hipertensi yang diderita. Dengan menambahkan seledri pada menu makanan harian, tekanan darah yang sedang tinggi pun bisa teratasi dengan baik.

d. Bawang Putih

Menurut salah satu studi populer, bawang putih ternyata sangat baik dalam menyembuhkan hipertensi. Salah satu bahan dasar dapur ini terbukti mampu mencegah terjadinya proses pembekuan darah sekaligus menahan efek yang ditimbulkan oleh darah tinggi. Tak hanya itu, bawang putih termasuk ke dalam kategori makanan rendah kolesterol yang bisa membantu mengurangi sumbatan pada organ jantung.

e. Tomat

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada tomat sangat baik bagi tubuh. Terlebih tomat juga memiliki kandungan kalium, kalsium, dan vitamin C yang efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Buah-Buahan


Beberapa jenis buah-buahan yang dianjurkan untuk penderita hipertensi adalah:

a. Pisang

Buah kuning nan lezat satu ini memiliki kandungan kalium dan potasium yang cukup tinggi. Hal tersebut membuatnya menjadi opsi yang sangat tepat bagi mereka yang berniat menyembuhkan hipertensi.

b. Alpukat

Alpukat mempunyai banyak sekali nilai gizi, mulai dari vitamin C, E, serat, dan kalsium. Dimana semua bahan dan senyawa yang ada pada buah ini bisa membantu tubuh meminimalisir dampak dari tekanan darah tinggi.

c. Jeruk

Kandungan kalium dan vitamin yang tinggi pada buah jeruk bisa menjadi obat hipertensi alami. Selain dikonsumsi dalam bentuk buah utuh, Anda dapat mengkonsumsinya sebagai jus jeruk tanpa tambahan gula.

d. Kiwi

Kiwi memiliki serat dan kalsium serta vitamin yang mampu membantu penyembuhan hipertensi.

e. Blewah

Blewah adalah alternatif buah-buahan dengan level potasium tinggi yang dapat menurunkan gejala tekanan darah tinggi.

3. Jenis Makanan Lain


Selain sayur dan buah, Anda bisa mengkonsumsi makanan pendukung lain untuk mengurangi gejala hipertensi. Misalnya saja:

a. Coklat

Coklat memiliki antioksidan yang cukup tinggi. Yang mana antioksidan tinggi sendiri diyakini mampu menurunkan tingginya tekanan darah. Namun perlu dicatat, coklat yang dimaksud pada poin ini bukanlah coklat manis yang biasa ditemui dipasaran luas, melainkan coklat pahit yang tidak diberi pemanis buatan.

b. Yogurt

Dengan kadar lemak yang rendah, tinggi magnesium, kalium, dan juga kalsium, yogurt menjadi salah satu makanan yang tepat jika Anda ingin menyembuhkan hipertensi secara alami.

c. Ikan Salmon

Ikan salmon dengan vitamin dan mineralnya diklaim mampu membantu menyembuhkan tekanan darah tinggi yang enak.


Itulah beberapa makanan untuk darah tinggi yang bisa Anda coba. Selain menjaga pola makan, penting bagi penderita hipertensi untuk menjaga gaya hidupnya dengan olahraga rutin dan dibarengi olahraga yang cukup.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.