Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Berikut 5 Cara Melatih Fokus Anak yang Baik dan Benar

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara melatih fokus anak yang bisa diterapkan dengan mudah di rumah.

Lemomoms, sedang mencari informasi atau cara melatih fokus anak? Nah, Moms berada di artikel yang tepat, nih. Hal ini cukup penting untuk diketahui, pasalnya daya fokus berkaitan erat dengan kemampuan anak untuk mengembangkan diri. Tak hanya di bangku sekolah saja, tetapi juga dalam berbagai kegiatan yang lain.


Dunia anak itu sangat luas dan mereka perlu mengeksplornya lebih jauh untuk membekali diri di masa depan. Dengan daya fokus, anak akan lebih cepat menangkap dan mencerna informasi yang diperoleh.


Namun, anak sering kali sulit untuk mempelajari sesuatu dalam jangka waktu yang lama. Mereka lebih banyak bergerak, karena mempunyai energi dan rasa keingintahuan yang besar. Oleh karena itu, cobalah untuk melatih anak dengan cara-cara berikut:

1. Meminimalisir Gangguan


Anak-anak cenderung belum mampu untuk menyaring kebisingan maupun meredam keingintahuan. Fokus mereka sangat mudah teralihkan oleh segala sesuatu yang berada di sekitar, baik televisi, mainan, maupun kucing sekalipun.


Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menyingkirkan barang-barang yang berpotensi memecah konsentrasi anak. Terutama saat sedang mempelajari sesuatu atau melakukan aktivitas lain.


Sebaliknya, dekatkan bahan-bahan yang diperlukan dalam jangkauan anak, agar mereka tidak perlu bangun untuk mengambil benda tersebut. Selain itu, orang tua juga harus bisa menciptakan suasana yang nyaman dengan pencahayaan cukup.

2. Bagi Tugas Besar Menjadi Lebih Kecil


Jangan samakan anak-anak dengan orang dewasa, kemampuan mereka masih sangat terbatas. Anak masih belum mampu untuk menyelesaikan tugas dalam satu waktu atau multitasking. Tugas yang besar akan memberikan tekanan dan membebani anak, sehingga mereka merasa enggan untuk menjalaninya. Oleh karena itu, bagilah tugas menjadi bagian yang lebih kecil, agar terlihat ringan di mata anak.

3. Selesaikan dengan Cara Menyenangkan


Berbanding terbalik dengan poin sebelumnya, anak merasa lebih tertarik dengan hal-hal yang terlihat menyenangkan. Di sini, orang tua harus bisa mencari cara agar tugas maupun tanggung jawab yang diberikan tampak seru.


Misalnya, tugas untuk membereskan mainan, setelah selesai bermain. Buatlah semacam perlombaan atau tempatkan mainan di wadah yang lucu. Dengan begitu, anak akan lebih semangat untuk melaksanakannya.

4. Seimbangkan Waktu


Jangan terus-menerus mengajak anak untuk belajar. Berikan anak kesempatan untuk bermain, karena itulah dunia mereka yang sesungguhnya. Biarkan anak bermain dengan teman-temannya di luar rumah atau menonton televisi sebentar.


Amankah untuk memberikan anak gadget? Boleh saja, asal tetap dalam pengawasan orang tua dan mengikuti batas waktu aman sesuai usia anak. Untuk mengantisipasi anak ngambek, orang tua bisa membuat perjanjian dan konsekuensi.


Selain itu, ajaklah anak untuk tidur siang 20 menit, baik setelah pulang sekolah maupun menjelang sore. Konon, hal tersebut juga bisa memberikan efek yang bagus terhadap daya fokus anak.

5. Berikan Permainan Sejenis


Permainan sejenis adalah permainan yang membutuhkan konsentrasi anak untuk menyelesaikannya. Adapun jenis permainan yang bisa dipilih, yakni:

  • Seni melipat kertas warna-warni atau origami.
  • Permainan pesan berantai bersama anggota keluarga.
  • Game jadi patung menggunakan instruksi musik atau aba-aba.
  • Menyusun puzzle.
  • Tebak gambar atau angka.
  • Menyelesaikan teka-teki silang.
  • Dot to dot atau permainan untuk menghubungkan satu titik dengan titik yang lain.
  • Tongue twister atau permainan penyebutan kata-kata yang hampir mirip.
  • Permainan untuk mengumpulkan bola dalam waktu satu menit.

Apapun cara melatih fokus anak yang dipilih, penting untuk mengenali gaya belajar anak terlebih dahulu. Dengan demikian, Lemoparents bisa memberikan fasilitas pendukung yang tepat guna dan tepat sasaran. Lakukan semuanya dengan rasa cinta tanpa paksaan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.