Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Berikut 5 Cara Mengobati Bengkak Akibat Benturan

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara mengobati bengkak akibat benturan yang aman dilakukan.

Pernah mengalami bengkak pada bagian tubuh? Bisa dibilang, pada kehidupan sehari-hari bengkak mungkin sering terjadi. Entah karena benturan dengan benda tumpul atau memang terjadi peradangan dalam kulit. Bagi yang mengalami akibat benturan, jangan khawatir. Karena ada beberapa cara mengobati bengkak akibat benturan yang bisa kamu terapkan.


Pada dasarnya, bengkak secara umum terjadi akibat adanya luka atau penyakit di area sekitar. Sehingga, otak memerintahkan tubuh untuk melepaskan prostaglandin, histamine, dan bradikinin. Setelah itu, pembuluh darah pun akan melebar dan memperbanyak aliran ke daerah tersebut.


Proses ini penting, karena dengan adanya banyak aliran darah maka sel-sel darah putih akan semakin banyak terkumpul dan mempercepat penyembuhan. Selain mengandalkan respon alami tubuh, kamu juga bisa mempercepat penyembuhan dengan beberapa cara berikut ini.

1. Kompres Es


Sudah sejak lama, es dipercaya menjadi cara mengobati bengkak akibat benturan yang efektif. Sifat dinginnya, mampu meredakan inflamasi dan membuat sel-sel tubuh lebih rileks. Sehingga rasa sakit akibat bengkak, bisa berkurang akibat syaraf sakit bisa ditenangkan.


Jangan menempelkan langsung es yang hendak dipakai. Akan tetapi, bungkus dengan kain lembut yang tidak terlalu tebal, bisa juga menggunakan kain kasa. Setelah itu, tempelkan dan jaga agar area yang bengkak tidak terlalu basah.

2. Balur dengan Jahe


Tanaman satu ini memang kaya akan manfaat, baik itu dikonsumsi secara oral maupun sekadar ditempelkan saja. Salah satu komponen penting dalam jahe yang mampu meredakan bengkak adalah minyak atsirinya. Sifat hangat dan aromanya yang kuat membuat otak lebih tenang dalam merespon rasa sakit.


Cara pakainya pun mudah, cuci bersih jahe dan tumbuk halus. Setelah itu, bungkus dengan kain kasa, lalu tempelkan ke area yang bengkak. Akan tetapi, untuk bengkak yang hingga muncul luka, hati-hati. Penggunaan cara ini malah memicu iritasi. Pastikan lukanya tertutup agar baluran jahe ini bekerja dengan baik.

3. Makan Coklat


Terdengar aneh? Tenang saja, ini terbukti berhasil lho. Sebab, cara mengobati bengkak akibat benturan satu ini memang bekerja lewat pelepasan hormon kebahagiaan dan ketenangan. Sehingga, rasa sakit yang timbul bisa diredam dan tubuh lebih rileks saat membiarkan imun alami mengatasi inflamasi yang ada.


Kandungan theobromine, juga rasa manis dan cream dari susu memicu produksi hormon serotonin sehingga rasa tenang muncul. Dalam kondisi demikian, tubuh lebih mudah bekerja dan mampu mempercepat penyembuhan.

4. Pakai Obat dengan Kandungan Heparin Sodium


Sudah sejak lama, jika heparin sodium digunakan untuk mengobati bengkak. Sebab, obat ini mampu melarutkan gumpalan darah di bawah permukaan kulit. Ketika sudah terlarut, maka bekas kehitaman atau biru yang ada bisa menghilang dan tubuh pun lebih mudah menyembuhkannya.


Namun, sebelum mengonsumsi obat ini pastikan konsultasikan dulu dengan dokter. Gunakan dengan dosis yang sudah ditentukan oleh dokter.

5. Perbanyak Konsumsi Protein


Sebagai salah satu unsur nutrisi makro, protein memegang peranan penting dalam pembentukan sel-sel otot dan regenerasinya. Oleh karena itu, konsumsi makanan dengan tinggi protein. Baik itu dari kelompok ikan, kacang-kacangan maupun sayuran seperti brokoli serta jamur.


Kelompok ikan dengan kandungan albumin tinggi, disarankan. Karena jenis protein ini sudah terbukti ampuh dan cepat dalam meregenerasi sel-sel yang mati atau rusak. Jangan lupa, iringi dengan aturan konsumsi yang tepat agar hasilnya optimal.


Demikianlah lima cara mengobati bengkak akibat benturan secara cepat dan efektif. Sebaiknya, konsultasikan pada dokter dahulu untuk mendapatkan perawatan terbaik. Selain itu, perhatikan pola istirahat dan konsumsi air putih, agar cepat membaik. Selamat mencoba cara ini ya, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.