Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Berikut 5 Gejala Anxiety yang Harus Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
31 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Ketahui gejala-gejala anxiety agar bisa dicegah sejak dini.

Pernahkah Lemonizen mendengar anxiety disorder? Pada dasarnya anxiety adalah rasa cemas yang muncul dan dirasakan oleh seseorang saat menghadapi sesuatu. Secara umum, rasa cemas adalah hal wajar terutama saat sedang menghadari sesuatu yang baru. Namun, kecemasan dapat menjadi tidak wajar bila terjadi secara berlebihan, tanpa sebab dan berlansung lama.

Gangguan kecemasan (anxiety disorder) merupakan kondisi saat seseorang mengalami kecemasan yang berlebihan secara menetap, bahkan semakin buruk. Terkadang penderita sendiri tidak dapat mengidentifikasi penyebab rasa cemas tersebut. Pada akhirnya, kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan hingga timbulnya gangguan kesehatan fisik.

Ada tiga tipe gangguan kecemasan, yaitu sosial, menyeluruh, dan serangan panik. Hal ini membuat pengidapnya kesulitan menghadapi kehidupan sehari-hari dengan rasa tenang dan nyaman. Umumnya akan muncul gejala-gejala yang menjadi tanda serangan gangguan kecemasan tersebut. Inilah beberapa gejala anxiety yang harus Anda waspadai:

1. Serangan Rasa Panik yang Tiba-Tiba dan Tanpa Sebab


Gejala anxiety yang pertama adalah rasa panik yang tiba-tiba. Apabila seseorang sering mengalami serangan panik tanpa sebab dan berlangsung lama, maka sebaiknya ia waspada. Hal ini merupakan salah satu gejala gangguan kecemasan yang sering terjadi. Gejala ini bahkan sampai mengakibatkan keluhan fisik, seperti keringat dingin, jantung berdebar, hingga nyeri dada atau perut. banner consideration shipping bg blue


Penderita gangguan kecemasan akan merasa seolah sedang dalam kondisi terdesak, atau ada suatu hal besar yang akan terjadi dan merugikannya, sehingga ia merasa panik. Namun, sayangnya, ia tidak bisa mendefinisikan hal apa yang membuatnya panik tersebut. Rasa tidak nyaman itu mereka rasakan secara tiba-tiba dan dalam waktu yang cukup lama.

2. Muncul Rasa Takut yang Tidak Wajar


Orang dengan gangguan kecemasan, umumnya akan mengalami rasa takut yang tidak wajar akan sesuatu. Misalnya takut saat harus terbang dengan pesawat. Ketakutan ekstrim lain yang sering dialami adalah takut ketinggian, tempat sempit, kegelapan, dan kengerian berlebihan lain yang sering disebut phobia.

3. Mengalami Gangguan dan Kesulitan Tidur


Orang yang sedang mengalami gangguan kesehatan, umumnya menjadi sulit tidur. Begitu juga dengan orang yang mengalami gangguan mental seperti anxiety disorder ini. Hal ini disebabkan kondisi tertekan yang sering dialami oleh mereka akibat dari rasa cemas, was-was, dan ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu.banner consideration promotion bg blue

4. Mengalami Trauma


Gejala lain yang muncul pada penderita gangguan kecemasan adalah timbulnya rasa trauma dengan cukup mengganggu. Trauma tersebut dapat mempengaruhi perilaku penderita, hingga ia selalu berusaha menghindari sumber traumanya. Trauma ini terbentuk akibat dari pengalaman buruk yang pernah dialami sebelumnya.


Seringnya, pengalaman buruk tersebut selalu terbayang dan menghantui, meskipun telah terjadi lama sebelumnya. Bahkan, pada beberapa kasus, pikiran penderita sudah berusaha menutup akses terhadap memori buruk tersebut, sehingga ia lupa pada penyebab rasa traumanya. Meskipun lupa, ia masih tetap merasakan efek dari memori buruk itu.

5. Mengalami Gejala Fisik Tertentu


Penderita anxiety disorder bisa jadi mengalami gejala fisik, di antaranya adalah detak jantung yang berlebihan dan dalam tempo yang cepat. Selain itu, muncul rasa kaku pada tengkuk, gerakan meremas tangan atau membuka dan menutupnya, hingga gemetar pada bagian tubuh tertentu. Kondisi ini merupakan reaksi tubuh penderita dalam mengatasi rasa takut dan cemas berlebihan.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itulah berbagai gejala anxiety yang harus Anda waspadai. Lalu, apakah setiap rasa cemas adalah anxiety? maka jawabannya adalah belum tentu. Untuk mengetahui kondisi kejiwaanmu, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan psikolog atau psikiater. Dengan begitu kamu bisa mendapat diagnosa dan penanganan tepat dari ahlinya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.