Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Berikut 5 Manfaat Daun Alpukat Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Rizki Indra
Rizki Indra
16 May 2021
Clock Icon
4 menit
Manfaat Daun Alpukat

Buah alpukat menjadi salah satu buah yang banyak digemari masyarakat.. Tidak hanya buahnya, daun alpukat juga dapat dijadikan obat. Manfaat daun alpukat sendiri memang belum banyak diketahui oleh sebagian orang. Padahal daun alpukat mengandung banyak vitamin, diantara yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin E dan tinggi akan kandungan mineral.


Pada bagian buahnya sendiri baik dikonsumsi oleh penderita penyakit kencing manis dan kolesterol. Serta pada bagian daun dan biji alpukat memiliki daya terapi untuk membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Manfaat daun alpukat dapat dijadikan sebagai diuretik dan penghambat pertumbuhan beberapa bakteri, diantara bakteri Staphylococcus sp, Pseudomonas sp, Proteus sp, Escherichia sp, dan Bacillus sp. Inilah manfaat daun alpukat selengkapnya: banner consideration shipping bg blue 

1. Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

manfaat daun alpukat

Daun alpukat memiliki manfaat sebagai diuretik yang bisa membantu menambah volume urine yang dihasilkan dari proses urinasi untuk membantu mengatasi masalah penyakit batu ginjal. Diuretik dipercaya menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk menangani penyakit batu ginjal.


Daun alpukat akan memberikan hasil yang baik terhadap peningkatan volume urine ketika diminum sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis ekstrak daun alpukat yang tepat untuk dikonsumsi adalah 100 mg/kg berat badan. Untuk cara mengolahnya yaitu siapkan 7 lembar daun alpukat segar lalu diseduh dengan air panas. Diminum dua kali sehari saat pagi dan sore. Konsumsi air seduhan daun alpukat secara konsisten hingga batu ginjal keluar. 

2. Mengatasi Sakit Pinggang

manfaat daun alpukat

Selain dapat membantu mengatasi penyakit batu ginjal, manfaat daun alpukat juga dapat mengatasi masalah sakit pinggang. Cara mengolahnya pun mudah. Siapkan daun alpukat segar 5 helai lalu rebus dengan 2 gelas air, didihkan hingga air rebusan tinggal setengah dari sebelumnya. Selanjutnya angkat dan embunkan air rebusan tersebut selama semalam. Lalu minum di pagi harinya. Konsumsi air rebusan daun alpukat tersebut selama seminggu untuk mendapatkan hasilnya.banner consideration promotion bg blue

3. Mengatasi Sakit Perut

manfaat daun alpukat

Sakit perut merupakan penyakit yang kerap kali dirasakan oleh banyak orang. Biasanya sakit perut terjadi karena salah mengkonsumsi makanan. Kurangnya kebersihan dari makanan tersebut dapat menjadi faktor utamanya. Ketika Anda mengalami sakit perut cobalah ramuan daun alpukat. Caranya siapkan daun alpukat segar, akar temu kelinci, kunyit dan daun pegagan. Selanjutnya cuci bersih semua bahan tersebut dan kupas bagian kulitnya. Lalu direbus hingga mendidih, lalu diminum.

4. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

manfaat daun alpukat

Di dalam daun alpukat terkandung banyak vitamin dan mineral. Kandungan mangan dan seng yang ada di dalamnya dapat meredakan tekanan darah tinggi. Serta kandungan potasium yang ada didalamnya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Cara mengolah daun alpukat untuk mengatasi tekanan darah tinggi juga terbilang mudah. Siapkan 3 lembar daun alpukat segar, kemudian cuci daun alpukat tersebut hingga bersih. Masukkan ke dalam gelas dan seduh dengan air panas. Biarkan air seduhan hingga dingin kemudian dapat diminum hingga habis.

5. Menjaga Fungsi Saraf Tubuh

manfaat daun alpukat

Kandungan mineral yang ada di dalam daun alpukat juga dapat menjaga kinerja fungsi saraf tetap berjalan dengan baik. Selain dapat membantu menurunkan tekanan darah kandungan mangan dan seng yang ada di dalamnya dapat menjaga kesehatan fungsi saraf pada tubuh. 


Selain itu kandungan potasium di dalam daun alpukat juga dapat mengurangi depresi. Cara mengolah hampir sama dengan cara sebelumnya yaitu dengan menyeduh 3 lembar daun alpukat segar yang telah dicuci bersih dengan air panas. Lalu diminum ketika air seduhan sudah dingin.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itulah 5 manfaat daun alpukat untuk kesehatan. Meski masih asing dan belum banyak diketahui, ternyata daun alpukat memang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari untuk sakit pinggang, mengatasi darah tinggi, hingga untuk menjaga fungsi saraf pada tubuh.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.