Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Berikut 5 Manfaat MPASI untuk Bayi yang Wajib Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
15 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat MPASI untuk bayi yang wajib diketahui.

Anak harus mendapatkan manfaat MPASI atau Makanan Pendamping ASI ketika usianya sudah lebih dari 6 bulan. MPASI tersebut diberikan kepada anak setelah selesai masa ASI eksklusifnya yang berlangsung hingga usia 6 bulan. Sebagai makanan penunjang tumbuh kembang bayi tentu saja MPASI harus memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan oleh anak.

Sejak dilahirkan hingga usianya mencapai 6 bulan bayi hanya mengkonsumsi air susu ibunya saja. Saat umurnya sudah melampaui 6 bulan artinya si kecil harus mendapatkan tambahan makanan pendamping selain ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.
banner consideration shipping bg blue

Ibu bisa memberikan beragam jenis makanan sebagai MPASI mulai dari daging bahkan sayuran dan buah. Haluskan semua bahan makanan sebelum diberikan agar bayi bisa menelannya dan tidak mengganggu pencernaannya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan dan menyesuaikan berapa usia si kecil dalam pemberian jenis makanan pendamping ASI. Pemberian MPASI pada bayi memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Mendukung Tumbuh Kembang Bayi


ASI memang makanan bergizi dan sangat baik bagi bayi tapi sayangnya belum semua kebutuhan nutrisi mereka bisa tercukupi seiring dengan bertambahnya usia. Oleh sebab itu diperlukan pemberian MPASI agar nutrisi yang belum tercukupi dari air susu sang ibu bisa didapatkan. Dengan tercukupinya kebutuhan nutrisi tubuh maka tumbuh kembang anak akan lebih bagus.

2. Mencukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral


Untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya si kecil membutuhkan asupan vitamin dan mineral. Contohnya vitamin B yang membantu proses metabolismenya, zat besi untuk membantu perkembangan otak, omega 3 yang akan menyempurnakan pertumbuhan otak dan sebagainya. Nah, vitamin dan mineral tersebut bisa didapatkan dari telur, daging dan sayuran yang diberikan melalui menu MPASI.

3. Membantu Pertumbuhan Gigi dan Tulang


Salah satu organ yang akan mulai tumbuh ketika anak berusia 8-12 bulan adalah gigi. Dalam pertumbuhannya gigi membutuhkan beberapa nutrisi seperti kalsium, magnesium, fosfor dan vitamin D. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari bahan makanan seperti oatmeal, sayuran hijau, biji-bijian dan kacang-kacangan.
banner consideration promotion bg blue

Di samping itu saat anak mengunyah makanan maka secara tidak langsung akan melatih kekuatan gigi mereka. Bukan hanya diperlukan dalam pertumbuhan gigi saja namun nutrisi di atas juga sangat dibutuhkan untuk membantu menguatkan tulang si kecil.

4. Melatih Kemampuan Menggenggam


Saat anak menjelang usia 1 tahun dia akan cenderung memasukkan apa saja ke dalam mulutnya. Memberikan MPASI membantu anak untuk melatih kemampuan menggenggam makanan dan menjaga agar si kecil tidak memasukkan barang berbahaya ke dalam mulutnya.
 

Berikan makanan yang seukuran jari agar anak lebih mudah menggenggam dan menggigitnya. Latih juga bagaimana cara untuk menggenggam sendok saat si kecil sedang makan.

5. Meningkatkan Imunitas


Daya tahan tubuh atau imunitas si kecil harus selalu dijaga agar tidak mudah sakit. Manfaat pemberian MPASI salah satunya adalah untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas anak. Makanan yang mengandung vitamin A, C dan E serta protein bermanfaat sebagai penambah kekebalan tubuh si kecil. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari sayuran seperti wortel dan bayam, buah-buahan misalnya tomat dan jeruk, ikan, telur dan sebagainya.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa manfaat MPASI yang sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan serta perkembangan si kecil. Berikan makanan yang berkualitas dalam menu MPASI yang dibuat untuk bayi agar nutrisi baik yang diperoleh bisa bermanfaat secara maksimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.