Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Berikut 5 Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Usaha Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Nov 2021
Clock Icon
4 menit
Usaha semakin berkembang dengan strategi meningkatkan penjualan yang benar.

Dalam berbisnis ada berbagai strategi meningkatkan penjualan yang harus diketahui para pengusaha. Strategi tersebut tentunya berkaitan erat dengan kegiatan pemasaran. Sebab, tujuan utama dari kegiatan pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan. Jadi ketika kamu mencari cara bagaimana untuk meningkatkan penjualan, maka sama saja sedang membicarakan strategi pemasaran yang akan diambil.


Strategi meningkatkan penjualan sangat penting dikuasai oleh bagian pemasaran karena persaingan pasar sangat ketat. Berikut ini adalah beberapa strategi yang perlu dilakukan untuk bisa meningkatkan penjualan.

1. Kenali Pelanggan


Pertama adalah memperlakukan pelanggan bagaikan raja. Jika pelanggan mendapatkan pelayanan yang baik maka mereka akan merasa puas. Misalnya, pelanggan belum sampai mengutarakan keinginannya akan sesuatu tapi kebutuhan tersebut sudah disediakan, maka itu akan memuaskan bagi pelanggan.


Agar bisa memberikan pelayanan terbaik tersebut, sebagai penjual harus pintar dalam mengenali pelanggan. Bisa dilihat dari profil pelanggan lalu memberikan pelayanan yang sesuai dengan profil mereka.

2. Memilih Lokasi Strategis


Selain belajar untuk mengamati pelanggan agar bisa memberikan pelayanan terbaik, lokasi strategis juga sangat penting. Strategi peningkatan penjualan tidak berjalan jika tidak didukung dengan tempat bisnis yang baik.


Hal ini karena tempat bisnis sangat berpengaruh letaknya dalam menarik pelanggan. Jika tempat berbisnis berada di ujung jalan yang menjadi tempat orang lalu lalang, peluang untuk menarik pelanggan masuk ke tempat tersebut lebih besar.


Itu adalah strategi yang tidak bisa ditinggalkan. Bahkan toko yang sudah terkenal jika letaknya kurang strategis akan mengalami penurunan penjualan karena orang lebih memilih toko serupa yang letaknya lebih strategis.

3. Gunakan Internet Marketing


Sekarang ini adalah era digital. Pemasaran tidak hanya dilakukan secara offline namun sangat perlu juga melakukan pemasaran online. Sudah seharusnya pelaku usaha mengikuti perkembangan zaman. Kemajuan teknologi sangat berpengaruh dalam bisnis.


Sekarang pemasaran yang terbilang efektif adalah internet marketing. Menggunakan media sosial, memiliki website resi sendiri, hal-hal seperti itu perlu dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Apalagi pemasaran online jangkauannya jauh lebih luas.


Internet marketing akan memudahkan pelaku bisnis maupun konsumen. Promosi produk jadi jauh lebih mudah karena hanya menggunakan gadget dan jaringan internet. Bagi pelanggan, jauh lebih mudah mengenali produk-produk baru melalui media sosial tanpa harus datang ke toko. Strategi ini sekarang merupakan cara paling efektif dalam menaikkan angka penjualan suatu bisnis.

4. Lakukan Promosi Berkelanjutan


Agar bisa mengenalkan produk pada masyarakat, perusahaan harus melakukan promosi secara berkelanjutan. Selain memanfaatkan internet, mengikuti event, menggelar acara, dan semacamnya akan menaikkan kepercayaan konsumen pada produk yang dipasarkan.


Dengan promosi eksistensi perusahaan dan produknya akan tetap terjaga dan semakin kuat menarik perhatian dan kepercayaan konsumen. Maka dari itu jangan sampai tidak melakukan promosi jika memiliki sebuah bisnis.


Buatlah promosi kecil-kecilan agar tetap bisa menarik perhatian konsumen dan mendatangkan banyak konsumen baru. Jika ini dilakukan setiap hari dan rutin, pelanggan akan merasa senang dan semakin tertarik dengan produk yang dipromosikan.

5. Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan


Saat ini menjalin komunikasi dengan pelanggan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Pelanggan juga jadi lebih mudah mengajukan keluhan atau kekecewaan dari produk atau pelayanan yang kurang sesuai. Ini adalah hal yang baik, sebab dari kritikan pelanggan perusahaan bisa terus memperbaiki diri dan memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan.


Saat perusahaan mencoba untuk membantu pelanggan yang kecewa agar menjadi puas, maka pelanggan akan merasa dihargai dan didengarkan. Secara otomatis akan menjadi pelanggan loyal yang siap menarik pelanggan baru untuk perusahaan.


Itu dia beberapa strategi meningkatkan penjualan yang harus dipahami dan dilakukan. Semua itu sangat penting untuk mengoptimalkan penjualan dan mendapat pelanggan baru. Semoga berbagai strategi ini, bisa membantu kamu agar angka penjualan menjadi semakin tinggi, ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.